Piala Asia 2019: Arab Saudi Libas Korea Utara Tanpa Ampun

Awal sempurna bagi perjuangan The Green Falcons

Sempat diperkirakan berjalan alot, ternyata Arab Saudi berhasil memetik tiga angka dengan mudah. Berjumpa Korea Utara di Stadion Maktoum bin Rashid Al Maktoum Dubai pada Selasa (8/1/2019) malam waktu setempat sebagai partai pembuka Grup F, mereka berhasil menang dengan skor telak empat gol tanpa balas.

The Green Falcons langsung menggebrak di menit ke-29. Usai menerima umpan dari sang kolega di lini tengah yakni Abdulaziz Al-Bishi, Hattan Bahebri langsung melepas tembakan dari sisi kiri kotak penalti alih-alih kembali mengoper. Tak sia-sia, bola langsung meluncur jauh ke tiang jauh gawang Korut, tinggalkan kiper Ri Myong-guk yang berdiri terpana.

1. Salem Al-Dawsari, kapten tim Arab Saudi, turut menyumbang angka

Piala Asia 2019: Arab Saudi Libas Korea Utara Tanpa AmpunFOX Sports Asia

Arab Saudi gandakan keunggulan sembilan menit berselang diawali dari tendangan bebas Housein Al-Mogahwi yang meluncur deras ke jantung pertahanan Korut. Di tengah kepungan, kaki kanan bek Mohammed Al-Fatil sedikit menyentuh bola yang masih melayang. Alhasil arahnya pun berbelok, mengejutkan empat bek berseragam merah di bibir gawang. Skor 2-0 menutup babak pertama.

Tim asuhan Juan Antonio Pizzi tersebut kian menggila selepas turun minum. Saat umur pertandingan menginjak menit ke-70, giliran kapten tim Salem Al-Dawsari yang catatkan nama di papan skor. Sepakan kerasnya di kotak penalti Korut usai menerima asis (lagi-lagi) dari Al-Bishi gagal dipotong oleh palang pintu Kim Song-gi yang sebenarnya sudah berdiri di jalur bola.

Baca Juga: Piala Asia 2019: Irak Tundukkan Vietnam dengan Susah Payah

2. Palang pintu senior Korea Utara, Kim Song-gi (4), jadi titik lemah di sektor belakang

Piala Asia 2019: Arab Saudi Libas Korea Utara Tanpa AmpunAFP/New Straits Times

Kim Song-gi tampaknya jadi titik lemah di lini belakang. Bek yang merumput di Divisi 3 Jepang tersebut kembali lakukan kesalahan pada menit ke-87. Dirinya gagal memotong umpan Hamdan Al-Shamrani. Bola yang luput tiba di kaki sang ujung tombak Fahad Al-Muwallad. Peluang tak disia-siakan meski sudah ditempel ketat oleh Ri Chang-ho yang masuh sebagai pemain pengganti.

Saat peluit panjang ditiup Peter Green (Australia), angka 4-0 terpampang jelas di papan skor. Tiga poin membawa Arab Saudi duduki puncak klasemen sementara Grup E sembari menunggu hasil laga Qatar kontra Lebanon pada Rabu (9/1/2018) malam.

Menilik statistik, Chollima bahkan tak banyak berkutik. Mereka kalah dari segi persentase penguasaan aliran bola (26% - 74%) hingga jumlah peluang sepanjang waktu normal (7 berbanding 16). Derita makin lengkap akibat kartu merah penyerang muda Han Kwang-son di penghujung babak pertama.

3. The Green Falcons untuk sementara tempati puncak klasemen Grup E

Piala Asia 2019: Arab Saudi Libas Korea Utara Tanpa Ampunthe-afc.com

Pada matchday kedua mendatang, Arab Saudi bakal bertemu dengan Lebanon pada hari Sabtu (12/1/2019) di Stadion Al Maktoum Dubai. Sementara Minggu esoknya (13/1/2019), Stadion Khalifa bin Zayed Al Ain menggelar partai Korea Utara kontra Qatar.

Berikut susunan pemain kedua kesebelasan:

Arab Saudi (4-1-4-1)

Mohammed Al-Owais; Mohammed Al-Breik, Mohammed Al-Fatil, Ali Al-Bulaihi, Yasser Al-Shahrani (Hamdan Al-Shamrani, 82'); Abdullah Otayf; Hattan Bahebri (Mohammed Al-Saiari, 78'), Abdulaziz Al-Bishi (Abdulrahman Ghareeb, 71'), Housain Al-Mogahwi, Salem Al-Dawsari; Fahad Al-Muwallad

Korea Utara (5-4-1)

Ri Myong-guk; Ri Il-jin, Kim Song-gi, Jang Kuk-chol (Ri Chang-ho, 56'), An Song-il (Kim Kyong-hun, 46'), Kim Chol-bom; Kwang Son-han, Ri Un-chol, Ri Yong-jik (Rim Kwang-hyok, 90+1'), Jong Il-gwan; Pak Kwang-ryong

Baca Juga: 3 Tim Asia Tenggara Tak Berdaya di Laga Pertama Piala Asia 2019

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya