Ayah Ozil: Lebih Baik Mesut Mundur dari Timnas

#WorldCup2018 Habis manis sepah dibuang?

Mesut Ozil jadi kambing hitam atas kegagalan Jerman melaju dari fase grup. Performa gelandang serang tersebut memang terlihat jeblok. Dirinya tak bisa berbuat banyak untuk membantu rekan-rekan setimnya di Rusia.

Tak hanya oleh fans, dirinya mendapat kritikan pedas dari dua mantan penggawa timnas Jerman yakni Lothar Matthaeus dan Mario Basler. Oliver Bierhoff, manajer Der Panzer, bahkan menyebut Ozil harusnya tidak diboyong ke Rusia, akibat kontroversi foto bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tepat sebelum Piala Dunia dimulai.

1. Mesut Ozil sempat terlibat keributan dengan suporter tepat sebelum laga kontra Korea Selatan

Ayah Ozil: Lebih Baik Mesut Mundur dari TimnasThe Sun

Yang lebih parah terjadi usai sesi pemanasan tepat sebelum laga grup terakhir Jerman kontra Korea Selatan. Keributan sempat terjadi antara dirinya denganfans saat tengah menuju ruang ganti. Untunglah ketegangan mereda berkat campur tangan beberapa pemain lain.

Melihat sang anak jadi sasaran kemarahan seluruh Jerman, ayah Mesut Ozil yakni Mustafa Ozil angkat bicara. Berbicara kepada harian Bild, dirinya mengaku prihatin atas apa yang menimpa sang mantan penggawa Werder Bremen dan Real Madrid.

"Jika aku jadi Mesut, aku bakal putuskan mundur dari timnas. Dia dipermalukan dan diserang oleh suporter Jerman sendiri. Dia bahkan mengaku tak paham apa sebabnya," pungkasnya kepada surat kabar terkemuka Jerman tersebut.

2. Mustafa Ozil menyatakan bahwa sang anak tak pantas menerima kritikan pedas

Ayah Ozil: Lebih Baik Mesut Mundur dari TimnasYahoo! Sport

Menurut Mustafa, apa yang diterima Ozil paska Piala Dunia 2018 adalah hal yang tak pantas dilakukan. Apalagi pemain yang kini merumput bersama Arsenal itu sudah kenyang asam garam bersama timnas Jerman selama 9 tahun.

Selain itu, Ozil pula yang berada di belakang keberhasilan Jerman meraih gelar juara dunia keempat pada edisi 2014 lalu. Meski menjadi biang kegagalan, Mustafa bersikeras bahwa tanggung jawab bukan hanya milik sang anak semata.

"Sudah jadi rahasia umum bahwa jika Jerman menang, itu berkat kerjasama tim. Jika kalah, maka kesalahan akan ditimpakan kepada Mesut. Selalu seperti itu, dan aku tahu apa penyebabnya," tuturnya lebih jauh.

3. Selain itu, gelandang Arsenal itu masih berutang penjelasan tentang pertemuannya dengan Erdogan

Ayah Ozil: Lebih Baik Mesut Mundur dari TimnasBild.de

Hingga artikel ini ditulis, si pemain bersangkutan masih diam seribu bahasa ataupun membalas kritik yang dilayangkan kepadanya. Sementara itu, Presiden Asosiasi Sepak Bola Jerman DFB Reinhard Grindel menyatakan Ozil masih berutang penjelasan tentang motif pertemuannya dengan Erdogan.

"Memang benar bahwa Mesut masih belum berkomentar. Itu jelas mengecewakan banyak fans yang sudah bertanya-tanya sejak lama, dan mereka berhak mendapat jawaban," ujar Grindel, seperti dilansir oleh laman Espn.com.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya