Comscore Tracker

Piala Asia U-23 2020: Ini Enam Catatan Unik Para Semifinalis

Ada yang berpeluang juara lagi, ada yang baru melaju jauh

Helatan Piala Asia U-23 2020 di Thailand sudah mencapai babak semifinal. Empat tim terbaik akan saling berjibaku mengamankan tiga tempat di Olimpiade Tokyo 2020. Dan cuma ada satu kesebelasan yang berhak mengangkat trofi kejuaraan dua tahunan tersebut.

Arab Saudi, Uzbekistan sebagai juara bertahan, Korea Selatan dan Australia akan berjumpa di dua tempat berbeda pada Rabu (22/1) esok untuk tampil pada partai puncak. Keempatnya pantas berlabel favorit berkat performa meyakinkan dari babak penyisihan grup hingga perempat final kemarin.

Jelang semifinal, berikut ini IDN Times menyajikan enam catatan unik dari empat tim tersisa yang masih harus berduel di Negeri Gajah Putih.

1. Uzbekistan berpeluang jadi juara dua kali berturut-turut

Piala Asia U-23 2020: Ini Enam Catatan Unik Para Semifinalisthe-afc.com

Uzbekistan berpeluang mencatat sejarah baru yakni menjuarai Piala Asia U-23 dalam dua kesempatan beruntun. Pada final edisi 2018 yang digelar di China, White Wolves berhasil menekuk Vietnam dengan skor tipis 2-1.

Dua juara dari edisi sebelumnya, Jepang (2016) dan Irak (2013/14), tak mampu lolos dari babak penyisihan grup Piala Asia U-23 2020. The Blue Samurai bahkan terdepak dengan status sebagai juru kunci Grup B

2. Korea Selatan tak pernah absen dari semifinal

Piala Asia U-23 2020: Ini Enam Catatan Unik Para Semifinalisthe-afc.com

Dengan capaian di Thailand, Korea Selatan jadi satu-satunya tim yang selalu mencapai babak semifinal dalam empat kali helatan Piala Asia U-23 sejak 2013/14. Tentu saja ini jadi capaian yang impresif.

Namun, prestasi Korea Selatan paling maksimal adalah menyabet gelar runner-up pada edisi 2016 di Qatar. Dua sisanya (2018 dan 2013/14), mereka hanya menjadi juara empat. Apakah saatnya anak asuh Kim Hak-bum menjadi juara?

Baca Juga: Piala Asia U-23 2020: Pelatih Uzbekistan Sebut Timnya Penuh Kualitas

3. Capaian terbaik Australia di Piala Asia U-23 sejauh ini

Piala Asia U-23 2020: Ini Enam Catatan Unik Para Semifinalisthe-afc.com

Saat Korea Selatan tak pernah absen dari semifinal, justru sebaliknya dengan Australia. Keberhasilan tim asuhan Graham Arnold mencapai babak empat besar Piala Asia U-23 2020 jadi yang pertama dari empat kali keikutsertaan mereka.

Di edisi perdana (2013/14 di Oman), langkah Olyroos hanya mencapai perempat final. Sementara di dua ajang selanjutnya (Qatar 2016 serta China 2018), mereka gugur di fase penyisihan grup.

4. Semifinal pertama untuk Arab Saudi sejak edisi 2013/14

Piala Asia U-23 2020: Ini Enam Catatan Unik Para Semifinalisthe-afc.com

Arab Saudi akhirnya kembali menembus babak semifinal setelah gagal di dua helatan sebelumnya. The Green Falcons sendiri adalah finalis edisi 2013/14, tetapi kalah tipis 0-1 di tangan Irak.

Sedangkan pada edisi 2016 dan 2018, mereka mengepak koper lebih cepat sebab gagal lolos dari penyisihan grup. Arab Saudi sendiri berpeluang mengawinkan gelar kejuaraan tingkat umur Asia, setelah tim muda mereka menjadi jawara Piala Asia U-19 yang digelar di Indonesia pada 2018.

5. Taeguk Warriors satu-satunya tim yang tak pernah alami kekalahan

Piala Asia U-23 2020: Ini Enam Catatan Unik Para Semifinalisthe-afc.com

Korea Selatan jadi satu-satunya kontestan semifinal yang belum terkalahkan. Mereka menyapu bersih seluruh partai penyisihan grup serta perempat final. Australia sendiri harus puas dengan sepasang hasil imbang dan sekali menang di Grup A, sebelum menundukkan Bahrain di fase delapan besar.

Catatan Arab Saudi lebih baik, yakni sekali imbang dan sepasang kemenangan di Grup B lalu menekuk tim tuan rumah Thailand pada perempat final. Uzbekistan jadi satu-satunya kesebelasan yang menderita kekalahan, yakni ketika dibekuk 2-1 oleh Korea Selatan pada matchday ketiga Grup C.

6. Total ada empat pemain yang berpotensi menjadi top skorer Piala Asia U-23 2020

Piala Asia U-23 2020: Ini Enam Catatan Unik Para Semifinalisthe-afc.com

Total ada empat pemain berpotensi menyabet gelar top skorer Piala Asia U-23. Ada bek tengah Uzbekistan, Islomjon Kobilov, yang saat ini mengoleksi tiga gol. Meski punya catatan serupa, peluang Mohammed Nassif (Irak), Zayed Al-Ameri (UEA) dan Jaroensak Wonggorn (Thailand) sudah tertutup setelah tim mereka sudah tersingkir.

Masih ada nama ujung tombak Australia yakni Nicholas D'Agostino ditambah duo penyerang Korea Selatan, Cho Gue-sung dan Lee Dong-jun, yang masing-masing telah dua kali mencetak dua. Sementara itu, catatan empat gol Arab Saudi sejauh ini datang dari empat pemain berbeda.

Berikut jadwal semi final Piala Asia U-23 2020 :

Rabu, 22 Januari 2019

  • Arab Saudi vs Uzbekistan, Rajamangala Stadium - Bangkok, 17.15 WIB
  • Australia vs Korea Selatan, Thammasat Stadium - Rangsit, 20.15 WIB

Baca Juga: Piala Asia U-23 2020: Bahrain vs Australia, Pantang Membuang Peluang

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya