Sriwijaya FC Vs Persela Lamongan, Tamu Berusaha Tetap Menjejak Bumi

Sanggupkah Persela curi poin di Palembang?

Sabtu 2 Juni 2018, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, 20:30 WIB (Live Indosiar)

Dua tim yang sedang nyaman di papan atas, Sriwijaya FC dan Persela, akan saling bertemu pada pekan ke-12. Kemenangan akan sangat berarti bagi kedua tim untuk menjaga peluang tetap bersaing bersama tim-tim besar lain.

Untuk Persela, keberadaan mereka sebagai kuda hitam jelas memberi warna tersendiri untuk persaingan Liga 1 musim ini.

Namun partai ini jelas akan menjadi ujian tersendiri bagi Persela. Gelora Jakabaring memang dikenal amat sukar ditaklukkan bagi para tamu Sriwijaya. Korban terakhir mereka adalah PSIS Semarang yang berhasil dihajar dengan skor telak empat gol tanpa balas.

1. Sriwijaya FC rupanya mewaspadai status tim tamu yang lumayan moncer di laga tandang

Sriwijaya FC Vs Persela Lamongan, Tamu Berusaha Tetap Menjejak BumiInstagram.com/sriwijayafc.id

Bagi Rahmad Darmawan, pelatih kepala Sriwijaya FC, laga melawan Persela akan menjadi 90 menit yang tidak mudah. Terlebih sang tamu memang dikenal bukanlah kesebelasan yang canggung jika harus melawat ke kandang lawan. Dua pekan yang lalu, Persela bahkan berhasil meraih satu poin dari kandang Barito Putera.

Meski menjamin tidak akan tunduk dengan mudah di hadapan sang tamu, Laskar Wong Kito harus kehilangan tiga pemain pentingnya untuk memenuhi panggilan Luis Milla di Timnas U-23. Mereka adalah kiper Teja Paku Alam, gelandang Zulfiandi serta penyerang Beto Goncalves.

Rotasi akan dilakukan oleh coach RD demi memenuhi target poin di hadapan pendukung sendiri. Duet palang pintu Hamka Hamzah dan Mohamadou N'Diaye siap mengemban tugas berat.

Yakni menutup ruang gerak ujung tombak Persela yang dikenal lihai dalam bola-bola atas. Meski serangan dari sisi sayap pun berpotensi merepotkan jika tidak diantisipasi dengan baik.

2. Persela sendiri optimis bisa kembali meraih poin dari laga away di Palembang

Sriwijaya FC Vs Persela Lamongan, Tamu Berusaha Tetap Menjejak BumiInstagram.com/perselafc

Di lapangan tengah, keberadaan Yu Hyun-koo serta Makan Konate masih menjadi tumpuan SFC untuk memulai penyerangan sekaligus menyuplai bola untuk barisan penyerang.

Ketiadaan Beto membuat coach RD memberi kesempatan kepada Patrich Wanggai sebagai pelengkap trisula yang sudah diisi Esteban Vizcarra - Manuchekhr Dzhalilov.

Dalam lawatannya ke Palembang, Persela dituntut untuk masih menjejak bumi. Peluang untuk terus bertahan di konstelasi persaingan papan atas terus berubah dari pekan ke pekan. Alhasil konsistensi Laskar Joko Tingkir akan selalu dipertaruhkan.

"Keinginan kami semua ingin tetap bertahan di papan atas. Soal mencetak gol, setiap pertandingan away kami selalu cetak gol. Saya harapkan juga lawan Sriwijaya FC kami bisa cetak gol dan curi poin. Sriwijaya FC memang tim berkualitas. Tapi menurut saya, peluang kami bisa mengimbangi cukup terbuka," tutur Aji Santoso, juru taktik Persela, seperti dilansir oleh PerselaFootball.com.

3. Diego Assis siap kembali menjadi starter usai sempat menepi akibat cedera kaki

Sriwijaya FC Vs Persela Lamongan, Tamu Berusaha Tetap Menjejak BumiInstagram.com/perselafc

Persela sendiri tanpa bek sayap Eky Taufik dan gelandang Samsul Arifin akibat cedera serta winger Saddil Ramdani yang harus memperkuat Timnas U-23. Palang pintu masih dipercayakan coach Aji kepada Wallace Costa Alves - Arif Satria.

Tugas sulit mereka emban selama 90 menit nanti, yakni meredam eksplosifnya trisula milik tuan rumah.

Shohei Matsunaga serta Diego Assis masih menjadi motor serangan andalan Persela. Keduanya dikenal bukan pemain yang langsung ciut nyalinya di hadapan puluhan ribu pendukung tuan rumah.

Loris Arnaud, sosok yang diwaspadai bek-bek SFC, siap kembali menjadi juru gedor bersama Guntur Triaji ditambah rekan sejawatnya yang sama lincahnya yaitu Fahmi Al Ayyubi.

Berikut ini prakiraan susunan pemain kedua tim:

Sriwijaya FC (4-3-3)

(Kiper) Sandi Firmansyah; (Belakang) Marckho Meraudje, Hamka Hamzah, Mahamadou N'Diaye, Alfin Tuasalamony; (Tengah) Yu Hyun-koo, Makan Konate, Adam Alis; (Depan) Esteban Vizcarra, Patrich Wanggai, Manuchekhr Dzhalilov

Persela (4-3-3)

(Kiper) Dwi Kuswanto; (Belakang) Ahmad Birrul Walidain, Wallace Costa, Arif Satria, Gusti Rustiawan; (Tengah) Syahroni, Shohei Matsunaga, Diego Assis; (Depan) Guntur Triaji, Loris Arnaud, Fahmi Al-Ayyubi.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya