Comscore Tracker

Vivianne Miedema, Dara Muda nan Berbahaya Milik Timnas Wanita Belanda

Mencetak gol adalah pekerjaan tetap wanita 22 tahun ini

Menit ke-85, skor pertandingan Grup E antara Belanda dan Kamerun pada Sabtu (15/6) menunjukkan angka 2-1. Suporter Leeuwinnen yang hadir langsung di Stade du Hainaut tak memedulikan matahari terik yang menempa langit kota Valenciennes. Mereka tengah siap berpesta menyambut satu tiket ke babak 16 besar. Namun, mereka akan menyaksikan sejarah tercipta beberapa detik lagi.

Menerima bola dari sang kolega di lini depan Lineth Beerensteyn, Vivianne Miedema dengan percaya diri menggiring bola hingga kotak penalti Kamerun. Tak lama menggocek, tembakan dilepaskan. Hup! Bola langsung menghujam jala gawang Annette Ngo Ndom tanpa ampun.

Gol ini punya arti istimewa. Selain menutup pesta, Miedema secara resmi menjadi top skorer sepanjang masa timnas wanita Belanda, menggeser catatan Manon Melis yang pensiun 2016 silam. Yang lebih sensasional, rekor 60 gol ia bukukan di usia masih belia yakni 22 tahun!

1. Nama Miedema langsung meroket di usia 15 tahun

Vivianne Miedema, Dara Muda nan Berbahaya Milik Timnas Wanita BelandaInstagram.com/viviannemiedema

Sinar pemilik nama lengkap Anna Margaretha Marina Astrid Miedema itu sejatinya sudah terlihat sejak masih remaja. Dara kelahiran desa asri di timur laut Belanda, Hoogeven, 15 Juli 1996 tersebut jadi pemain termuda yang melakoni debut di tim senior sepanjang sejarah penyelenggaraan Eredivise Vrouwen (kasta teratas liga sepak bola wanita Belanda).

Meneken kontrak dengan tim senior SC Heerenveen Vrouwen pada 2011, Miedema langsung diberi tempat utama dalam tempo setahun pasca resmi berseragam biru-putih lengkap dengan lambang hati khas Frisian. Ia jadi salah satu ujung tombak tumpuan tim senior wanita De Superfriezen pada usia 15 tahun.

Trofi pemain tersubur pertama kali ia rasakan ketika menginjak 17 tahun. Gelar top skorer BeNe League (liga gabungan Belanda dan Belgia) musim 2013/14 disabet berkat 39 gol yang Miedema ciptakan hanya dalam 26 pertandingan.

Baca Juga: 8 Pemain Timnas Wanita Australia yang Merumput di Kompetisi Domestik

2. Arsenal Ladies dibawanya lepas dari puasa gelar liga sejak musim 2012

Vivianne Miedema, Dara Muda nan Berbahaya Milik Timnas Wanita BelandaInstagram.com/viviannemiedema

Awal musim 2014/15, Miedema akhirnya memutuskan untuk merantau keluar Negeri Tulip. Bayern Muenchen jadi persinggahan pertamanya. Si pengagum Robin Van Persie tersebut ikut serta dalam capaian mengagumkan Die Roten yang tak terkalahkan sepanjang musim. Invincible, berujung pada trofi perdana tim wanita sejak berdiri pada 1970. Medali langsung terkalung di leher Miedema.

Bersama Muenchen, pemilik tinggi badan 175 sentimeter itu mempersembahkan sepasang gelar Frauen-Bundesliga (2014/15 dan 2015/16) serta bukukan total 52 gol dari 72 pertandingan dalam masa baktinya selama tiga musim.

Sukses seolah mengikuti ke mana pun dirinya pergi. Petualangan berlanjut ke tanah Inggris dengan membela Arsenal pada 2017/18. Sempat finis di peringkat tiga, trofi Super League baru datang setahun berselang. Tak hanya memutus puasa gelar liga The Gunners sejak 2012, Miedema turut menyabet gelar top skorer musim 2018/19 kemarin.

Tak cuma berjaya di liga, Arsenal dibawa Miedema ke podium gelar juara Piala Liga edisi 2017/18 plus runner-up 2018/19. Sayangnya sinyal kebangkitan belum sampai ke Women's FA Cup, di mana anak asuh Joe Montemurro hanya mentok di partai final 2018, ditekuk Chelsea dengan skor 3-1.

3. Kesuksesan apa lagi yang sedang menunggu si pengagum Robin Van Persie tersebut?

Vivianne Miedema, Dara Muda nan Berbahaya Milik Timnas Wanita BelandaFIFA.com/Getty Images

Moncer di level klub, ketajamannya turut terasa di level timnas. September 2013, pelatih Belanda saat itu Roger Reijners memberinya debut bersama De Oranje di partai uji coba kontra Albania. Kendati sudah cicipi menit bermain pada tim senior, dara yang acapkali disandingkan dengan Arjen Robben tersebut memulai kiprahnya dalam balutan Oranye di Euro U-19 2014.

Miedema kontan jadi bagian vital dari perjuangan Belanda U-19 di Norwegia. Selain keluar sebagai juara, suporter setia klub Feyenoord itu juga dinobatkan sebagai top skorer (6 gol dari 5 pertandingan) sekaligus pemain terbaik di helatan tahunan tersebut.

Karir timnas pun dihiasi rekor-rekor mentereng. Ada top skorer babak kualifikasi Piala Dunia Wanita 2015, di mana ia menyarangkan 19 gol dari 15 pertandingan. Pada UEFA Women's Euro 2017, Miedema mengantar Belanda menjadi kampiun di rumah sendiri, gelar perdana Singa-Singa Betina sejak berkiprah di komeptisi internasional pada 1970.

Yang terbaru? Tentu saja gelar top skorer Timnas Wanita Belanda yang ia pecahkan dalam Piala Dunia Wanita 2019. Menengok catatan tadi, kita jelas sepakat bahwa masa depan karir Miedema akan dipenuhi gelar, medali dan trofi.

Baca Juga: Perjuangan Keras Timnas Spanyol hingga Lolos Piala Dunia Wanita 2019

Achmad Hidayat Alsair Photo Community Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You