6 Pelatih Lokal yang Pimpin Tim Liga 1 2022/2023

Beberapa klub masih memercayai pelatih Indonesia

Liga 1 2022/2023 telah memasuki pekan ke-7. Para tim berusaha menampilkan permainan terbaiknya agar dapat bersaing di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Selain merekrut pemain berkualitas, para peserta Liga 1 juga menunjuk pelatih terbaik untuk menakhodai tim. Meskipun tim peserta Liga 1 banyak menggunakan jasa pelatih asing, beberapa tim rupanya masih memercayai pelatih lokal untuk memimpin timnya.

Berikut enam pelatih lokal yang pimpin tim Liga 1 2022/2023.

1. Seto Nurdiantoro

6 Pelatih Lokal yang Pimpin Tim Liga 1 2022/2023potret Seto Nurdiantoro (instagram.com/pssleman)

Seto Nurdiantoro merupakan salah satu pelatih lokal yang cukup disegani di kancah persepakbolaan Indonesia. Pelatih berusia 48 tahun ini berhasil mengantarkan PSS Sleman promosi ke Liga 1 pada 2019.

Mantan pemain Tim Nasional Indonesia ini kemudian dipercaya memimpin skuad Super Elang Jawa di kompetisi teratas Indonesia pada 2019. Saat itu, PSS Sleman berhasil finis di posisi ke-8 dengan raihan 48 poin.

Hasilnya tak terlalu buruk mengingat PSS Sleman merupakan tim yang baru saja promosi. Akan tetapi, pada musim berikutnya, Seto Nurdiantoro mengundurkan diri dari kursi kepelatihan PSS Sleman. Ia menerima pinangan PSIM Yogyakarta yang bermain di Liga 2.

Pada 2022/2023, PSS Sleman kembali menunjuk Seto Nurdiantoro sebagai pelatih utama. Hingga pekan ke-6, PSS Sleman menduduki peringkat ke-9 dari hasil 2 kali menang, 2 kali imbang, dan 2 kali kalah.

2. Djadjang Nurdjaman

6 Pelatih Lokal yang Pimpin Tim Liga 1 2022/2023potret Djajang Nurjaman (instagram.com/officialpersikabo)

Persikabo 1973 resmi menunjuk Djadjang Nurjaman sebagai kepala pelatih untuk kompetisi Liga 1 2022/2023. Sebelum menukangi Persikabo 1973, Djadjang Nurdjaman telah melatih beberapa tim Liga 1, seperti Persib Bandung, PSMS Medan, Persebaya Surabaya, dan Barito Putera.

Prestasi terbaik Djadjang Nurdjaman sebagai seorang pelatih terjadi ketika berhasil mengantarkan Persib sebagai juara Liga Super Indonesia 2014. Sementara, pada musim ini, Persikabo 1973 sempat diragukan performanya karena tim ini sudah tidak diperkuat Ciro Alves yang memilih hengkang ke Persib.

Meski begitu, di bawah asuhan Djajang Nurdjaman, Persikabo 1973 mampu tampil impresif dengan mencatatkan 3 kemenangan beruntun dalam 3 laga awal Liga 1 2022/2023. Hingga pekan ke-6, Persikabo bertengger di posisi ke-7 dengan torehan 10 poin.

3. Nil Maizar

6 Pelatih Lokal yang Pimpin Tim Liga 1 2022/2023potret Nil Maizar (instagram.com/dewaunitedfc)

Dewa United menjadi kontestan baru dikompetisi Liga 1 2022/2023. Dewa United berhasil promosi setelah menjadi tim peringkat tiga Liga 2 musim lalu dengan mengalahkan PSIM Yogyakarta di partai perebutan tempat ketiga.

Dewa United kemudian menunjuk Nil Maizar sebagai pelatih utama untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim ini. Nil Maizar cukup berpengalaman dalam melatih tim-tim di Indonesia.

Sebelum menjadi pelatih Dewa United, dirinya sempat mengarsiteki beberapa tim, seperti Semen Padang, PS Tira, Persela Lamongan, dan Sriwijaya FC. Bahkan, Nil Maizar juga sempat ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 2012 saat sepak bola Indonesia mengalami masalah dualisme kompetisi.

Dengan pengalamannya yang cukup banyak di persepakbolaan Indonesia, Nil Maizar diharapkan dapat membawa Dewa United berbicara banyak di Liga 1 2022/2023. Hingga saat ini, Dewa United berada di posisi ke-15 dengan torehan 6 poin hasil dari 2 kali menang dan 4 kali kalah.

Baca Juga: 5 Pelatih Eropa yang Melatih di Liga 1 2022/2023

4. Rahmad Darmawan

6 Pelatih Lokal yang Pimpin Tim Liga 1 2022/2023potret Rahmad Darmawan (instagram.com/rans.nusantara)

Rahmat Darmawan merupakan pelatih berpengalaman di kancah persepakbolaan Tanah Air. Ia pernah ditunjuk sebagai pelatih Timnas U-23 untuk berlaga di SEA Games 2011 dan 2013.

Pada dua edisi tersebut, Rahmad Darmawan berhasil mengantarkan Timnas Indonesia melaju hingga babak final. Mereka meraih medali perak.

Di level Klub, RD telah menukangi berbagai tim, seperti Persikota Tangerang, Persija Jakarta, Sriwijaya FC, Arema FC, dan masih banyak lagi. Rahmad Darmawan juga sempat melatih tim asal Malaysia, Trengganu FC, pada 2015/2016.

Kini, dirinya ditunjuk menjadi pelatih Rans Nusantara yang baru saja promosi ke Liga 1. Rahmad Darmawan bukanlah sosok yang asing bagi Rans Nusantara karena merupakan pelatih yang membawa tim ini promosi ke Liga 1 2022/2023.

5. Aji Santoso

6 Pelatih Lokal yang Pimpin Tim Liga 1 2022/2023potret Aji Santoso (instagram.com/officialpersebaya)

Aji Santoso merupakan mantan pesepak bola yang biasa berposisi sebagai seorang bek kiri. Dirinya menjadi bagian Timnas Indonesia saat sukses meraih medali emas SEA Games 1991.

Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola, Aji Santoso melanjutkan kariernya sebagai serorang pelatih. Ia telah melatih berbagai tim di Indonesia seperti, Persik Kediri, Persisam Samarinda, Persema Malang, Arema Malang, Persela Lamongan, PSIM Yogyakarta, dan Persebaya Surabaya.

Aji Santoso ditunjuk sebagai pelatih Persebaya sejak 2019. Pada musim lalu, Aji Santoso berhasil mengantarkan Persebaya finis di posisi lima besar. Hal tersebut menjadikannya sebagai pelatih terbaik Liga 1 2021/2022.

Pada musim ini, Persebaya kembali memercayai Aji Santoso sebagai kepala pelatih. Aji Santoso mempunyai tantangan tersendiri karena Persebaya ditinggal beberapa pilar utama, seperti Taisei Maruawa, Ricky Kambuaya, dan Bruno Moreira.

6. Widodo Cahyono Putro

6 Pelatih Lokal yang Pimpin Tim Liga 1 2022/2023potret Widodo Cahyono Putro (instagram.com/bhayangkarafc)

Widodo Cahyono Putro merupakan mantan pesepak bola yang berposisi sebagai penyerang. Salah satu hal yang tidak terlupakan dari Widodo Cahyono Putro saat masih bermain adalah gol indah yang ia cetak ke gawang Kuwait lewat tendangan salto pada turnamen Piala Asia 1996.

Setelah gantung sepatu, Widodo Cahyono Putro memutuskan untuk menjadi seorang pelatih. Beberapa klub yang pernah ia latih di antaranya adalah Gresik United, Sriwijaya FC, Bali United, Persita Tangerang, dan Bhayangkara FC.

Musim ini akan menjadi musim pertama Widodo Cahyono Putro menjadi pelatih Bhayangkara FC. Pada musim sebelumnya, ia menjadi pelatih Persita Tangerang dan mengantarkan Pendekar Cisadane finis di posisi ke-12.

Menarik untuk menantikan kiprah pelatih lokal bersama timnya musim ini. Dari daftar tersebut, siapa pelatih favorit kamu?

Baca Juga: Daftar Pemain dan Pelatih Persebaya untuk Liga 1 2022/2023

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya