5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Final Piala Dunia

Ada nama Kylian Mbappe

Final Piala Dunia menjadi salah satu pertandingan yang paling dinantikan para pencinta sepak bola. Dua tim terbaik saling bertarung untuk memenangi trofi tersohor dalam sejarah sepak bola.

Di final Piala Dunia, para pemain bisa mengeluarkan permainan terbaik demi membawa pulang trofi itu. Beberapa pemain mampu unjuk kebolehan dalam urusan mencetak gol.

Berikut pemain dengan gol terbanyak di final Piala Dunia.

1. Kylian Mbappe (4 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Final Piala Duniapotret Kylian Mbappe (instagram.com/k.mbappe)

Meski baru berusia 23 tahun, Kylian Mbappe telah tampil dalam dua final Piala Dunia. Final Piala Dunia pertamanya terjadi pada edisi 2018.

Prancis sukses menjadi juara Piala Dunia setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2. Kylian Mbappe yang saat itu baru berusia 18 tahun mampu menyumbang satu gol.

Pada Piala Dunia 2022, Prancis kembali melaju ke partai final. Pada pertandingan ini, Mbappe tampil gemilang dengan mencatatkan hattrick. Sayangnya, Prancis gagal mempertahankan gelar Piala Dunia usai kalah dari Argentina lewat adu penalti.

2. Geoff Hurst (3 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Final Piala Duniapotret Sir Geoff Hurst (twitter.com/WestHam)

Sejak dahulu, Inggris tidak pernah kehabisan talenta sepak bola. Namun, The Three Lions baru mengoleksi satu gelar Piala Dunia pada 1966.  Saat itu, Inggris mampu mengalahkan Jerman Barat di partai final dengan skor 3-2.

Geoff Hurst menjadi bintang final Piala Dunia 1966 berkat hattrick yang ia cetak di pertandingan tersebut. Golnya pada babak tambahan memastikan Inggris meraih gelar Piala Dunia untuk pertama kali. Sepanjang gelaran Piala Dunia 1966,  mantan pemain West Ham United ini sendiri mampu menjaringkan lima gol.

Baca Juga: 5 Gol Tercepat di Dunia, Cetak Gol di Detik ke-2 Pertandingan

3. Vava (3 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Final Piala Duniapotret Pele dan Vava (twitter.com/Palmeiras)

Saat masih aktif bermain, Vava hanya mencatatkan 21 penampilan bersama Timnas Brasil. Namun, dirinya mampu mengantarkan Selecao menjadi juara Piala Dunia dalam dua edisi berturut-turut (1958 dan 1962).

Vava mencetak gol bagi Brasil di dua laga final Piala Dunia. Pada edisi 1958, dirinya mencetak dua gol dalam kemenangan Brasil atas Swedia dengan skor 5-2. Sedangkan, pada edisi 1962, Vava mencatatkan namanya di papan skor untuk memastikan kemenangan Brasil atas Ceko dengan skor 3-1.

4. Zinedine Zidane (3 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Final Piala Duniapotret Zinedine Zidane (twitter.com/FIFAWorldCup)

Zinedine Zidane merupakan salah satu pemain andalan Timnas Prancis pada masanya. Ia menjadi pahlawan Prancis di Piala Dunia 1998. Berkat dua golnya di laga final, mereka mampu menjuarai Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Pada Piala Dunia 2006, Zidane kembali mengantarkan Prancis melaju ke babak final. Kali itu, lawan yang harus dihadapi adalah Italia.

Zidane mampu membuka keunggulan Prancis lewat tendangan penalti pada menit ke-7. Akan tetapi, beberapa menit berselang, Marco Materazzi mampu menyamakan kedudukan.

Prancis gagal menjuarai Piala Dunia 2006 setelah kalah adu penalti. Zinedine Zidane mendapatkan kartu merah pada babak tambahan karena terlibat insiden dengan Marco Materazzi. Piala Dunia edisi tersebut sekaligus menjadi yang terakhir kali bagi mantan pemain Real Madrid ini.

5. Pele (3 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Final Piala Duniapotret Pele (twitter.com/FIFAcom)

Tidak diragukan lagi jika Pele merupakan salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola. Striker Brasil ini berhasil memegang rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol di pertandingan final Piala Dunia.

Rekor tersebut ditorehkan pada  pertandingan final Piala Dunia 1958. Saat itu, dirinya yang baru menginjak usia 17 tahun mampu mencetak dua gol dalam kemenangan Brasil atas Swedia dengan skor 5-2.

Setelah tidak tampil di final Piala Dunia 1962, Pele kembali tampil di final Piala Dunia 1970. Saat itu, Brasil mampu menjuarai Piala Dunia usai mengalahkan Italia dengan skor 4-1. Pele yang tampil penuh di pertandingan tersebut mencetak satu gol lewat sundulan pada menit ke-18.

Pemain-pemain di atas menjadi andalan bagi negaranya untuk meraih gelar Piala Dunia. Dari daftar pemain tersebut, siapa yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: 5 Pemain Prancis yang Pernah Mencetak Gol di Final Piala Dunia

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya