5 Pemain Prancis Terakhir yang Membela Tottenham Hotspur

Ada nama Hugo Lloris

Prancis merupakan salah satu kekuatan sepak bola Eropa bahkan dunia. Negara yang beribukota Paris ini telah dua kali menjadi juara Piala Dunia pada 1998 dan 2018.

Prestasi Timnas Prancis tidak lepas dari kualitas pemain yang dimiliki. Mereka tidak pernah kehilangan talenta-talenta baru di dunia sepak bola.

Banyak tim-tim besar Eropa yang menggunakan jasa pemain asal Prancis. Salah satu tim besar yang sering mendatangkan pemain Prancis adalah Tottenham Hotspur.

Ini lima pemain Prancis terakhir yang tercatat membela Tottenham Hotspur.

1. Hugo Lloris

5 Pemain Prancis Terakhir yang Membela Tottenham Hotspurpotret Hugo Lloris (twitter.com/premierleague)

Hugo Lloris merupakan penjaga gawang Tottenham Hotspur yang direkrut dari Olympique Lyon pada 2012. Saat itu, Spurs harus mengeluarkan 11,34 juta pound sterling atau setara 206 miliar rupiah untuk mendatangkan kiper Timnas Prancis ini.

Lloris mampu tampil apik di bawah mistar Tottenham Hotspur dengan mencatatkan 142 clean sheet selama kariernya bersama The Lilywhites. Ia juga menjadi kiper utama Timnas Prancis dalam beberapa tahun terakhir.

Pemain berusia 35 tahun ini berhasil mengantarkan skuad Ayam Jantan meraih gelar Piala Dunia 2018 serta UEFA Nations League 2021. Sayangnya, meski berjaya bersama Timnas Prancis, Hugo Lloris belum pernah sekali pun merasakan gelar juara bersama Tottenham Hotspur.

2. Moussa Sissoko

5 Pemain Prancis Terakhir yang Membela Tottenham Hotspurpotret Moussa Sissoko (twitter.com/SpursOfficial)

Tottenham Hotspur mendatangkan Moussa Sissoko dari Newcastle United pada 2016 dengan biaya transfer sebesar 31,5 juta pound sterling atau setara dengan 572 miliar rupiah. Sissoko sendiri merupakan jebolan akademi sepak bola Toulouse yang kemudian direkrut Newcastle United pada 2013.

Pemain berposisi gelandang tengah ini telah bermain dalam 201 laga bersama Tottenham Hotspur dengan mencatatkan 5 gol dan 16 assist. Spurs lalu menjual Sissoko ke Watford pada 2021/2022 dengan harga murah.

Bersama Watford, Sissoko menjadi pilihan utama dengan menorehkan 38 penampilan. Meskipun begitu, ia tidak mampu mengantarkan Watford keluar dari zona degradasi sehingga mereka harus bermain di Divisi Championship untuk 2022/2023.

Baca Juga: 5 Penyerang Termahal yang Digaet Tottenham Hotspur

3. Tanguy Ndombele

5 Pemain Prancis Terakhir yang Membela Tottenham Hotspurpotret Tanguy Ndombele (twitter.com/SpursOfficial)

Tanguy Ndombele merupakan pemain berkebangsaan Prancis yang berposisi sebagai gelandang tengah. Pemain berusia 25 tahun ini didatangkan Tottenham Hotspur pada 2019 dari Olympique Lyon.

Karier Ndombele bersama Tottenham Spurs kurang berjalan mulus. Dirinya tidak mendapat menit bermain yang cukup.

Pada paruh musim 2021/2022, Tanguy Ndombele lantas dipinjamkan ke Olympique Lyon selama setengah musim. Ia kini dikabarkan akan hengkang dari Tottenham Hotspur karena tidak masuk dalam skema permainan Antonio Conte.

Selama bermain bersama Tottenham Hotspur, Tanguy Ndombele hanya tampil dalam 91 laga. Ia menyumbang 10 gol dan 9 assist.

4. Benjamin Stambouli

5 Pemain Prancis Terakhir yang Membela Tottenham Hotspurpotret Benjamin Stambouli (twitter.com/premierleague)

Benjamin Stambouli merupakan pesepak bola yang berposisi sebagai seorang bek tengah. Pemain asal Prancis ini direkrut Tottenham Hotspur pada 2014/2015 dari Montpellier di Liga Prancis.

Stambouli hanya bertahan selama 12 bulan bersama Spurs. Ia tidak mendapatkan kepercayaan dari pelatih Spurs saat itu, Mauricio Pochettino.

Benjamin Stambouli kembali ke Liga Prancis untuk memperkuat Paris Saint-Germain. Akan tetapi, dirinya kembali tidak mendapatkan menit bermain yang layak.

Stambouli kemudian hijrah ke Liga Jerman dengan membela Schalke 04. Pemain berusia 31 tahun ini mampu tampil cemerlang bersama mereka. Ia selalu menjadi pilihan utama. Setelah 5 musim berseragam Schalke 04, kini Benjamin Stambouli melanjutkan kariernya di Liga Turki dengan memperkuat Adama Demirspor.

5. Etienne Capoue

5 Pemain Prancis Terakhir yang Membela Tottenham Hotspurpotret Etienne Capoue (twitter.com/SpursOfficial)

Etienne Capoue merupakan pesepak bola berkebangsaan Prancis yang didatangkan Tottenham Hotspur pada 2013. Spurs harus menebusnya dengan dana sebesar 9,9 juta pound sterling atau sekitar 179 miliar rupiah.

Capoue sendiri merupakan pemain serbabisa. Ia dapat bermain di posisi gelandang bertahan, bek tengah, dan gelandang tengah.

Etienne Capoue hanya bertahan selama 2 musim bersama Tottenham Hotspur. Dirinya kurang mendapatkan menit bermain dengan hanya mencatatkan 36 penampilan bersama The Lilywhites.

Capoue kemudian melanjutkan kariernya bersama Watford sebelum berlabuh ke Villarreal di Liga Spanyol pada 2020/2021. Bersama Villarreal, Etienne Capoue berhasil meraih gelar Liga Europa pada musim pertamanya.

Dengan catatan pemain Prancis bersama Tottenham Hotspur, menarik untuk menantikan pemain Prancis selanjutnya yang akan bergabung bersama The Lilywhites. Namun, dari daftar di atas, siapa yang menjadi pemain favoritmu?

Baca Juga: 7 Pemain Terakhir Tottenham Hotspur dari LaLiga Sebelum Lenglet

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya