6 Pemain Terakhir yang Dilepas Southampton ke Klub Besar EPL 

Ada nama Sadio Mane

Southampton menjalani musim yang buruk pada 2022/2023. Mereka finis di posisi ke-20 klasemen akhir English Premier League (EPL) dan terpaksa harus terdegradasi ke Championship. Hal tersebut menjadi prestasi terburuk Southampton dalam 5 musim terakhir.

Southampton dikenal sebagai salah satu klub yang kerap melahirkan pemain berkualitas. Banyak alumni mereka yang kemudian bermain untuk klub besar EPL. Berikut enam pemain terakhir yang dilepas ke klub besar EPL.

1. Victor Wanyama

6 Pemain Terakhir yang Dilepas Southampton ke Klub Besar EPL potret Victor Wanyama (instagram.com/victorwanyama)

Victor Wanyama bergabung ke Southampton pada musim panas 2013. Ia didatangkan dari Celtic dengan biaya 14,5 juta euro atau Rp242 miliar. Selama 3 musim membela Southampton, Wanyama memiliki catatan cukup impresif.

Pemain berposisi gelandang bertahan ini sukses jadi andalan di lini tengah. Ia mencatatkan  97 penampilan dengan mencetak 4 gol dan 2 assist. Alhasil, Tottenham Hotspur tertarik untuk membelinya. Pada musim panas 2016, ia dijual dengan biaya 14,4 juta euro atau Rp240 miliar ke The Lilywhites.

2. Sadio Mane

6 Pemain Terakhir yang Dilepas Southampton ke Klub Besar EPL potret Sadio Mane (twitter.com/premierleague)

Selanjutnya, ada Sadio Mane, eks penyerang sayap asal Senegal. Mane mengawali kariernya di Premier League bersama Southampton. Ia direkrut dari RB Salzburg pada musim panas 2014 dengan harga 23 juta euro atau Rp384 miliar.

Tampil gemilang bersama Southampton membuat Mane dibeli Liverpool pada Juli 2016. Ia berseragam Liverpool selama 6 musim dan mencatat total 120 gol dan 48 assist dari 269 penampilan. Mane juga sukses mempersembahkan berbagai gelar juara bagi The Reds termasuk trofi Liga Champions 2018/2019 .

3. Virgil van Dijk

6 Pemain Terakhir yang Dilepas Southampton ke Klub Besar EPL potret Virgil van Dijk (twitter.com/premierleague)

Virgil van Dijk juga memulai karier di Premier League bersama Southampton. The Saints mendatangkan pemain asal Belanda tersebut dari Celtic pada 2015. Bersama Southampton, Virgil van Dijk menjelma sebagai salah satu bek terbaik di Premier League.

Liverpool menjadi klub pelabuhan berikutnya bagi Virgil van Dijk. The Reds rela mengeluarkan 84,65 juta euro atau Rp1,4 triliun rupiah untuk memboyong sang pemain pada musim dingin 2019. Transfer tersebut sekaligus menjadi rekor penjualan termahal sepanjang masa bagi Southampton.

Baca Juga: 6 Kemenangan Southampton di Premier League 2022/2023, Tidak Lebih!

4. Cedric Soares

6 Pemain Terakhir yang Dilepas Southampton ke Klub Besar EPL potret Cedric Soares (instagram.com/cedricsoares41)

Pada bursa transfer musim panas 2015, Southampton merekrut bek kanan asal Portugal, Cedric Soares. Sang pemain ditebus dari Sporting CP dengan biaya transfer 7 juta euro atau Rp117 miliar. Ia menjadi pemain penting bagi Southampton dengan mencatatkan 138 penampilan serta mengemas 3 gol dan 11 assist.

Cedric Soares dipinjamkan ke Inter Milan pada Januari 2019. Semusim setelahnya, pemain 31 tahun tersebut kembali dipinjamkan ke Arsenal. The Gunners sukses mendapatkan Cedric Soares secara gratis pada musim panas 2020 setelah kontraknya bersama Southampton habis. Sejauh ini, Soares telah tampil dalam 59 laga dengan torehan 2 gol dan 5 assist.

5. Pierre-Emile Hojbjerg

6 Pemain Terakhir yang Dilepas Southampton ke Klub Besar EPL potret Pierre Emile Hojbjerg (instagram.com/hojbjerg23)

Setelah cukup lama berkarier di Jerman, Pierre-Emile Hojbjerg memutuskan hijrah ke Inggris untuk memperkuat Southampton pada 2016. Ia ditebus dari Bayern Munich dengan harga 15 juta euro atau Rp250 miliar. Hojbjerg berseragam Southampton pada 2016–2020 dan mampu mencatat banyak penampilan bersama The Saints.

Setelah 4 musim di Southampton, Hojbjerg dilepas ke Tottenham Hotspur pada Agustus 2020. Hingga saat ini, ia menjadi pemain penting di lini tengah The Lilywhites.  Sayangnya, pemain 27 tahun itu belum mampu mengantarkan Spurs meraih gelar juara.

6. Fraser Forster

6 Pemain Terakhir yang Dilepas Southampton ke Klub Besar EPL potret Fraser Forster (instagram.com/fraserforster)

Southampton ternyata cukup sering melepas pemainnya ke Tottenham Hotspur. Setelah Victor Wanyama dan Pierre-Emile Hojbjerg, Fraser Forster menyusul pada 2022. Fraser Forster adalah penjaga gawang asal Inggris yang sempat cukup lama menjadi penjaga gawang utama Southampton.

Forster meninggalkan Southampton pada 2022 setelah kontraknya habis. Ia lalu bergabung dengan Spurs dan menjadi kiper pelapis. Pemain 35 tahun itu sudah tampil sebanyak 20 kali bagi The Lilywhites. Kontrak Forster bersama Tottenham Hotspur akan habis pada Juni 2024 mendatang.

Pemain-pemain di atas dilepas Southampton ke klub besar Premier League. Hasilnya, mereka mampu tampil gemilang bersama klub barunya. Selain itu, Southampton juga mendapatkan keuntungan cukup besar dari penjualan beberapa pemain tersebut.

Baca Juga: 4 Klub Elite Premier League Berebut Jasa Romeo Lavia dari Southampton

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya