5 Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Everton, Ada Lukaku

Didominasi para penyerang

Everton tengah berada dalam tren negatif. Klub yang bermarkas di Goodison Park itu nyaris terdegradasi ke Divisi Championship pada 2021/2022.

Posisi The Toffees di English Premier League (EPL) 2022/2023 juga tidak membaik. Mereka bertengger di peringkat ke-18 klasemen sementara.

Meski begitu, Everton belum pernah terdegradasi sejak era Premier League. Salah satu faktor mereka mampu bertahan di kasta tertinggi Liga Inggris adalah mendatangkan pemain berkualitas.

Beberapa pemain berkualitas itu dibeli dengan harga cukup tinggi. Ada juga yang kemudian menjadi pemain termahal sepanjang sejarah Everton.

1. Gylfi Sigurdsson

5 Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Everton, Ada Lukakupotret Gylfi Sigurdsson (twitter.com/Everton)

Gylfi Sigurdsson masih menjadi pembelian termahal Everton dalam sejarah. Didatangkan dari Swansea City pada musim panas 2017, ia dibeli dengan harga 49,4 juta euro atau setara 803 miliar rupiah.

Sigurdsson menjadi pemain tumpuan di lini tengah Everton. Ia memiliki kemampuan dalam membangun serangan serta menjadi andalan dalam hal bola mati.

Sayangnya, Sigurdsson tersandung kasus pelecehan seksual di bawah umur pada 2021. Pemain asal Islandia itu pun memutuskan pensiun dari dunia sepak bola pada 2022.

2. Richarlison

5 Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Everton, Ada Lukakupotret Richarlison (twitter.com/Everton)

Richarlison dibeli dari Watford pada musim panas 2022 dengan harga cukup tinggi (39,2 juta euro atau 637 miliar rupiah). Jumlah tersebut membuat Richarlison menjadi penjualan termahal sepanjang sejarah Watford. 

Richarlison mampu tampil apik di lini depan Everton. Pemain Timnas Brasil tersebut mencatatkan 53 gol dan 14 assist dari 152 pertandingan. Berkat penampilannya yang impresif, Richarlison direkrut Tottenham Hotspur pada musim panas 2022 dengan biaya 58 juta atau 943 miliar rupiah.

Baca Juga: Unggahan Richarlison Dongkrak Mental Timnas Indonesia

3. Romelu Lukaku

5 Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Everton, Ada Lukakupotret Romelu Lukaku (twitter.com/Everton)

Sebelum Everton mendatangkan Gylfi Sigurdsson, status pemain termahal dipegang Romelu Lukaku. Pemain asal Belgia itu dibeli dari Chelsea dengan harga 35,36 juta euro atau setara 575 miliar rupiah pada 2014/2015.

Bersama Everton, Lukaku menjadi striker yang menakutkan di depan gawang lawan. Pemain 29 tahun tersebut mampu membukukan 87 gol dari 166 pertandingan di semua kompetisi.

4. Amadou Onana

5 Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Everton, Ada Lukakupotret Amadou Onana (twitter.com/Everton)

Amadou Onana merupakan rekrutan anyar Everton pada bursa transfer musim panas 2022. Everton harus mengeluarkan 35 juta euro atau setara 569 miliar rupiah untuk menebus Onana dari LOSC Lille.

Amadou Onana saat ini tampil cukup impresif bersama Everton. Berkat performanya yang gemilang, pemain berposisi gelandang bertahan itu menjadi incaran tim-tim besar, seperti Arsenal dan Chelsea.

5. Alex Iwobi

5 Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Everton, Ada Lukakupotret Alex Iwobi (twitter.com/Everton)

Everton berani menebus Alex Iwobi dengan harga 30,4 juta euro atau setara 494 miliar rupiah. Padahal pemain asal Nigeria tersebut tampil kurang meyakinkan bersama Arsenal.

Saat berseragam Everton, Alex Iwobi dimainkan sebagai gelandang serang. Ini berbeda dengan Arsenal yang lebih sering memainkan Iwobi sebagai penyerang sayap. Sang pemain kini tak tergantikan bersama The Toffees.

Dari daftar tersebut, hanya Amadou Onana dan Alex Iwobi yang masih aktif bermain untuk Everton pada 2022/2023. Menurutmu, seperti apa performa pemain-pemain di atas bersama Everton?

Baca Juga: 5 Peluang Emas yang Dibuang Lukaku pada Laga Kroasia vs Belgia

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya