5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Tottenham Hotspur dan Everton

Ada nama Richarlison

Tottenham Hotspur dan Everton merupakan klub yang bertahan cukup lama di kasta tertinggi Liga Inggris. Bahkan, kedua tim ini belum pernah terdegradasi sejak era English Premier League (EPL). Meskipun bukan tim favorit juara, Tottenham Hotspur dan Everton tetap menjadi ancaman serius bagi lawan-lawannya.

Tottenham Hotspur maupun Everton juga sering menghasilkan pemain-pemain berkualitas. Bahkan, beberapa pemain pernah memperkuat kedua klub ini.

Berikut lima pemain top yang pernah berseragam Tottenham Hotspur dan Everton.

1. Gary Lineker 

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Tottenham Hotspur dan Evertonpotret Gary Lineker (instagram.com/garylineker)

Gary Lineker merupakan salah satu pesepak bola legendaris Inggris. Ia menjadi satu-satunya pemain yang mampu meraih gelar top skor Liga Inggris bersama tiga klub berbeda, yakni Leicester City, Everton, dan Tottenham Hotspur.

Penampilan apik Lineker bersama Leicester menarik perhatian Everton yang kemudian merekrutnya pada 1985/1986. Bersama Everton, Gary Lineker berhasil tampil konsisten dengan mencetak empat puluh gol di semua kompetisi.

Berkat penampilan tersebut, Lineker berhasil memenangi penghargaan PFA Player of the Year meskipun gagal mempersembahkan gelar juara bagi Everton. Gary Lineker hanya memperkuat Everton selama semusim sebelum melanjutkan kariernya di Liga Spanyol bersama Barcelona.

Setelah 3 tahun memperkuat Barcelona, Gary Lineker kembali ke Liga Inggris dengan berseragam Tottenham Hotspur. Bersama The Lilywhites, dirinya berhasil mencetak 80 gol dalam 138 penampilan. Lineker juga berhasil mengantarkan Tottenham Hotspur meraih gelar juara Piala FA 1990/1991.

2. Gylfi Sigurdsson 

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Tottenham Hotspur dan Evertonpotret Gylfi Sigurdsson (instagram.com/gylfisig23)

Gylfi Sigurdsson pertama kali didatangkan Tottenham Hotspur dari Hoffenheim pada 2012/2013. Gelandang Islandia ini diboyong dengan harga 8 juta pound sterling atau setara 142 miliar rupiah.

Gylfi Sigurdsson bermain untuk The Lilywhites selama 2 musim dengan mencatatkan 13 gol serta 9 assist dari 83 pertandingan di semua kompetisi. Sigurdsson kemudian berlabuh ke Swansea City pada  2014/2015.

Ia mampu menunjukkan performa  gemilang bersama Swansea City. Hal tersebut menarik perhatian Everton yang kemudian merekrutnya pada 2017/2018 dengan mahar 45 juta pound sterling atau setara 800 miliar rupiah. Bersama The Toffees, Sigurdsson telah mencetak 31 gol dan 25 assist dari 156 penampilan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Setia Berseragam Tottenham Hotspur meski Seret Prestasi

3. Aaron Lennon 

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Tottenham Hotspur dan Evertonpotret Aaron Lennon (twitter.com/Everton)

Tottenham Hotspur mendatangkan Aaron Lennon dari Leeds United dengan biaya murah, yakni 1 juta pound sterling atau sekitar 17 miliar rupiah pada 2005/2006. Lennon kemudian menjelma jadi sosok penting bagi The Lilywhites. Pemain berposisi penyerang sayap ini dikenal memiliki kecepatan yang sering merepotkan pertahanan lawan.

Aaron Lennon menghabiskan waktu selama 1 dekade bersama Tottenham Hotspur sebelum berlabuh ke Everton pada 2015/2016. Bersama Everton, Lennon telah mencatatkan 77 penampilan dengan torehan 9 gol dan 6 assist. Aaron Lennon memperkuat Everton selama 3 musim sebelum hengkang ke Burnley pada 2017/2018.

4. Dele Alli 

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Tottenham Hotspur dan Evertonpotret Dele Alli (instagram.com/dele)

Dele Alli pernah digadang-gadang sebagai salah satu pemain bertalenta saat memperkuat Tottenham Hotspur. Dele didatangkan Spurs dari MK Dons pada 2014/2015. Di bawah asuhan Mauricio Pochettino, Dele Alli menjadi sosok yang tak tergantikan di lini tengah The Lilywhites

Setelah kepergian Pochettino pada 2019, Dele Alli kurang mendapatkan kepercayaan dari pelatih anyar Tottenham Hotspur. Dele kemudian hengkang ke Everton pada bursa transfer musim dingin 2022 dengan status bebas transfer.

Penampilan Dele Alli bersama Everton masih jauh dari yang diharapkan. Pemain keturunan Nigeria ini mengemas tiga belas penampilan bersama The Toffees dan hanya sekali tampil sebagai starter. Kini, Everton dikabarkan akan menjual Dele Alli ke salah satu raksasa Turki, Besiktas.

5. Richarlison 

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Tottenham Hotspur dan Evertonpotret Richarlison (instagram.com/richarlison)

Richarlison menjadi rekrutan anyar Tottenham Hotspur pada bursa transfer musim panas 2022. Ia didatangkan dengan biaya transfer sebesar 52,2 juta pound sterling atau sekitar 918 miliar rupiah. Tottenham Hotspur menawarkan kontrak berdurasi  5 tahun kepada Richarlison.

Tottenham Hotspur menjadi klub Inggris ketiga yang dibela Richarlison. Sebelumnya, ia pernah berseragam Watford dan Everton. Selama 4 tahun berseragam Everton, Pemain asal Brasil ini telah mencetak 53 gol dan 15 assist dari 152 pertandingan di semua kompetisi.

Menarik untuk menantikan pemain selanjutnya yang akan memperkuat kedua tim tersebut. Dari daftar pemain di atas, siapa pemain favorit kamu?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Masuk Radar Transfer Tottenham Hotspur Sejauh Ini

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya