5 Pemain yang Pernah Membela Chelsea dan Borussia Dortmund

Ada nama Pierre-Emerick Aubameyang

Chelsea dan Borussia Dortmund bertemu pada babak 16 besar Liga Champions Eropa 2022/2023. Pada leg pertama, Dortmund  sukses memenangi pertandingan dengan skor 1-0 lewat gol Karim Adeyemi. Hasil tersebut memperbesar peluang Die Borussen untuk lolos ke babak berikutnya.

Meskipun Chelsea dan Borussia Dortmund tidak bermain di liga yang sama, keduanya memiliki hubungan yang cukup erat. Ini lantaran beberapa pemain mereka pernah memperkuat kedua klub.

Berkut lima pemain yang pernah membela Chelsea dan Borussia Dortmund.

1. Thorgan Hazard

5 Pemain yang Pernah Membela Chelsea dan Borussia Dortmundpotret Thorgan Hazard (twitter.com/BlackYellow)

Chelsea merekrut Thorgan Hazard dari Lens pada musim panas 2012. Sayangnya, pemain asal Belgia itu tidak mendapatkan kesempatan bermain.

Thorgan Hazard sempat dipinjamkan ke Zulte Waregem dan Borussia Moenchengladbach. Ia kemudian dipermanenkan Moenchengladbach pada musim panas 2015 dengan biaya transfer 8 juta euro atau setara 129 miliar rupiah.

Thorgan Hazard mampu tampil impresif bersama Borussia Monchengladbach dengan mencatatkan 46 gol dan 44 assist dalam 182 penampilan. Ia kemudian dijual ke Borussia Dortmund pada 2019/2020. Dortmund harus mengeluarkan 25,5 juta euro atau setara 414 miliar rupiah untuk memboyong sang pemain ke Signal Iduna Park.

2. Michy Batshuayi

5 Pemain yang Pernah Membela Chelsea dan Borussia Dortmundpotret Michy Batshuayi (twitter.com/ChelseaFC)

Michy Batshuayi didatangkan Chelsea dari Marseille pada bursa transfer musim panas 2016. Selama berseragam Chelsea, pemain asal Belgia ini tidak mampu bersaing dengan striker The Blues lainnya.

Batshuayi lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Salah satunya adalah Borussia Dortmund.

Michy Batshuayi dipinjamkan ke Borussia Dortmund pada Januari 2018. Dirinya memperkuat Borussia Dortmund selama setengah musim. Batshuayi mampu tampil impresif dengan membukukan 9 gol dan 1 assist dari 14 pertandingan.

Baca Juga: 5 Prestasi Jorginho Saat Berseragam Chelsea

3. Andre Schurrle

5 Pemain yang Pernah Membela Chelsea dan Borussia Dortmundpotret Andre Schurrle (twitter.com/BlackYellow)

Chelsea memutuskan mendatangkan Andre Schurrle pada 2013 setelah mampu tampil apik bersama Bayern Leverkusen. Selama memperkuat Chelsea, pemain asal Jerman itu meraih gelar juara English Premier League (EPL) dan Piala Liga Inggris.

Setelah 2 musim di Stamford Bridge, Schurrle kembali ke Jerman dengan bermain untuk VfL Wolfsburg. Pada musim panas 2016, Borussia Dortmund menebus Andre Schurrle dari VfL Wolfsburg dengan harga 30 juta euro atau 485 miliar rupiah. Namun, Schurrle gagal mendapatkan tempat utama di skuad Borussia Dortmund.

Dirinya kemudian dipinjamkan ke klub lain, yaitu Fulham dan Spartak Moscow. Pada 2020, sang pemain memutuskan untuk gantung sepatu saat usianya masih 29 tahun.

4. Christian Pulisic

5 Pemain yang Pernah Membela Chelsea dan Borussia Dortmundpotret Christian Pulisic (twitter.com/ChelseaFC)

Setelah mendapatkan kontrak pada 2015, Christian Pulisic bermain untuk Borussia Dortmund U-17. Perlahan, pemain asal Amerika Serikat itu mampu mendapatkan tempat di tim utama. Pulisic berhasil mengemas 127 penampilan dengan kontribusi 19 gol dan 26 assist.

Christian Pulisic kemudian berlabuh ke Chelsea pada 2018/2019. The Blues harus mengeluarkan 64 juta euro atau setara 1 triliun rupiah. Hingga saat ini, pemain 24 tahun tersebut telah mengemas 26 gol dan 21 assist dari 136 pertandingan di semua kompetisi bagi Chelsea.

5. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain yang Pernah Membela Chelsea dan Borussia Dortmundpotret Pierre-Emerick Aubameyang (instagram.com/auba)

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi pemain andalan Borussia Dortmund dalam urusan mencetak gol. Pemain asal Gabon ini mampu mencatatkan 141 gol dari 213 penampilan bersama Die Borussen. 

Setelah meninggalkan Dortmund pada 2018, Aubameyang sempat memperkuat Arsenal dan Barcelona sebelum bergabung bersama Chelsea pada musim panas 2022. Sejauh ini, penyerang 33 tahun tersebut telah tampil dalam 17 pertandingan dengan mengoleksi 3 gol dan 1 assist.

Para pencinta sepak bola patut menantikan pemain berikutnya yang akan berseragam Chelsea dan Borussia Dortmund. Dari daftar tersebut, siapa yang jadi pemain favorit kalian?

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Membela Borussia Dortmund pada 2022/2023

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya