5 Pembelian Termahal Real Sociedad Sepanjang Masa

Beberapa pemain masih jadi andalan

Selain Real Madrid dan Barcelona, LaLiga Spanyol sebenarnya dihuni beberapa klub kuat. Salah satunya adalah Real Sociedad. Klub yang berdiri pada 1909 silam ini punya potensi untuk menjadi ancaman bagi klub papan atas.

Penampilan gemilang pada 2022/2023 menjadi bukti nyata Real Sociedad tidak dapat diremehkan. Klub  asal San Sebastian itu sukses finis di posisi ke-4 dengan raihan 71 poin. Selain itu, klub berjuluk La Real tersebut juga akan tampil di ajang Liga Champions Eropa 2023/2024.

Real Sociedad bukan klub yang dihuni pemain bintang. Klub yang bermarkas di Reale Arena tersebut tidak mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan pemain baru. Berikut lima pembelian termahal Real Sociedad sepanjang sejarah klub.

1. Umar Sadiq

5 Pembelian Termahal Real Sociedad Sepanjang Masapotret Umar Sadiq (instagram.com/sadiq.umar19)

Umar Sadiq memegang status rekrutan termahal Real Sociedad. Kepastian ini diperoleh pada bursa transfer musim panas 2022. Pemain asal Nigeria itu ditebus dari UD Almeria dengan mahar 20 juta euro atau sekitar Rp328 miliar.

Umar Sadiq diharapkan dapat menjadi mesin gol bagi Real Sociedad. Sayangnya, pemain 26 tahun tersebut harus absen cukup lama sepanjang 2022/2023 karena cedera cruciate ligament. Sadiq baru mencatatkan 3 penampilan bersama Real Sociedad dengan mengemas 1 gol.

2. Asier Illarramendi

5 Pembelian Termahal Real Sociedad Sepanjang Masapotret Asier Illarramendi (instagram.com/illarra4)

Asier Illarramendi, gelandang bertahan asal Spanyol, menghuni posisi kedua. Real Sociedad menebusnya seharga 16 juta euro atau sekitar Rp262 miliar dari Real Madrid. Illarramendi diperkenalkan sebagai pemain anyar Real Sociedad pada musim panas 2015.

Bersama Real Sociedad, Illarramendi menunjukkan performa yang cukup apik. Ia juga dipercaya untuk menjadi kapten tim. Illarramendi sudah tampil dalam 253 penampilan dengan menyumbang 11 gol dan 7 assist di semua kompetisi. Setelah cukup lama memperkuat Real Sociedad, pemain 33 tahun tersebut resmi berpisah dengan La Real pada musim panas ini.

Baca Juga: 5 Pemain Real Sociedad dengan Keterlibatan Gol Terbanyak di 2022/2023

3. Alexander Isak

5 Pembelian Termahal Real Sociedad Sepanjang Masapotret Alexander Isak (instagram.com/alex_isak)

Sebelum membela Newcastle United, Alexander Isak sempat berkelana di LaLiga bersama Real Sociedad. Ia membela La Real selama 2 musim pada 2019/2020. Meski cenderung singkat, ia mampu memberikan kontribusi yang besar.

Dibeli dari Borussia dortmund seharga 15 juta euro atau sekitar Rp246 miliar, pemain asal Swedia tersebut sukses bersinar. Ia berhasil mencetak 44 gol dan 8 assist dari 132 penampilan di semua kompetisi. Alexander Isak juga berhasil mengantarkan Real Sociedad meraih trofi Copa del Rey 2019/2020.

4. Brais Mendez

5 Pembelian Termahal Real Sociedad Sepanjang Masapotret Brais Mendez (instagram.com/braismendez10)

Setelah 4 musim berseragam Celta de Vigo, Brais mendez  resmi meninggalkan Los Calestes pada musim panas 2022. Mendez memilih Real Sociedad sebagai klub barunya. Dalam proses kepindahannya ini, Mendez ditebus dengan mahar 14 juta euro atau sekitar Rp230 miliar.

Tidak butuh waktu lama, dirinya langsung dipercaya untuk memperkuat lini tengah La Real. Sejauh ini, Mendez sudah bermain dalam 47 pertandingan. Dari seluruh penampilannya, pemain asal Spanyol itu berhasil mengemas 11 gol dan 8 assist.

5. Carlos Vela

5 Pembelian Termahal Real Sociedad Sepanjang Masapotret Carlos Vela (instagram.com/carlosv11_)

Carlos Vela didatangkan Real Sociedad pada musim panas 2011 dengan status pinjaman dari Arsenal. Berkat penampilan apiknya, Real Sociedad memermanenkan Vela semusim setelahnya. Real Sociedad harus membayar 14 juta euro atau Rp230 miliar rupiah untuk menebus Vela.

Vela dengan cepat menjadi pemain kunci di lini serang Real Sociedad. Ia berhasil menorehkan 73 gol dan 43 assist dari 250 penampilan.  Pada Januari 2018, Vela resmi meninggalkan Real Sociedad. Pemain asal Meksiko itu kemudian melanjutkan kariernya di Amerika Serikat dengan bergabung bersama Los Angeles FC.

Dari daftar tersebut, hanya Umar Sadiq dan Brais Mendez yang masih berseragam Real Sociedad hingga saat ini. Berstatus sebagai pemain termahal, mereka diharapkan dapat menunjukkan kontibusi maksimal untuk klub. Terlebih lagi, Real Sociedad akan tampil di Liga Champions 2023/2024.

Baca Juga: 7 Bintang Aktif yang Sempat Berseragam Real Sociedad, Ada Griezmann

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya