5 Penjualan Termahal RCD Mallorca Sepanjang Masa

Lee Kang In menjadi pemain termahal Mallorca yang terbaru!

Pamor RCD Mallorca memang tidak setenar klub raksasa Spanyol seperti Barcelona atau Real Madrid. Klub tersebut hanya sering bertengger di papan tengah ataupun papan bawah klasemen LaLiga. Meskipun demikian, RCD Mallorca sering merepotkan tim-tim papan atas LaLiga.

RCD Mallorca juga memiliki kebijakan transfer yang mumpuni. Klub berjuluk Los Bermellones tersebut kerap meraup keuntungan dari hasil penjualan pemain. Kebanyakan dari mereka dijual ke klub papan atas. Inilah lima penjualan termahal RCD Mallorca sepanjang masa.

1. Samuel Eto’o

5 Penjualan Termahal RCD Mallorca Sepanjang Masapotret Samuel Eto'o (fcbarcelona.com)

Samuel Eto'o memegang status sebagai pemain termahal yang dijual oleh RCD Mallorca. Hal tersebut terjadi setelah dirinya pindah ke Barcelona pada bursa transfer musim panas 2004. Eto'o ditebus dengan biaya 27 juta euro atau sekitar Rp455 miliar.

Pemain asal Kamerun itu menjadi andalan di lini serang Blaugrana. Ia mampu membukukan 130 gol dan 40 assist dari 199 penampilan di semua kompetisi. Eto'o juga sukses meraih berbagai trofi termasuk dua gelar juara Liga Champions pada 2005/2006 dan 2008/2009.

2. Lee Kang In

5 Penjualan Termahal RCD Mallorca Sepanjang Masapotret Lee Kang In (en.psg.fr)

Pindah ke RCD Mallorca merupakan keputusan yang tepat bagi Lee Kang In. Karier pemain asal Korea Selatan itu terus menanjak sebab menjadi pemain utama di lini tengah Los Bermellones. Tercatat, dirinya dipercaya untuk tampil dalam 73 pertandingan di semua kompetisi dengan mengemas 7 gol dan 10 assist.

Kiprah Lee Kang In di skuad utama RCD Mallorca sebenarnya baru berjalan 2 musim. Namun, hal itu sudah cukup bagi raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), untuk merekrutnya. Les Parisiens memberikan tawaran menggiurkan pada musim panas 2023 ini. Lee Kang In akhirnya bergabung ke PSG setelah ditebus seharga 22 juta euro atau sekitar Rp371 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain Non-Eropa Terakhir yang Direkrut PSG, Ada Lee Kang In

3. Diego Tristan

5 Penjualan Termahal RCD Mallorca Sepanjang Masapotret Diego Tristan (laliga.com)

Diego Tristan merupakan jebolan akademi RCD Mallorca. Penyerang asal Spanyol tersebut mulai masuk ke skuad utama Los Bermellones pada 1999/2000. Pada musim tersebut, Tristan sukses menjaringkan 18 gol dari 35 pertandingan. Penampilan apiknya tersebut mampu menarik perhatian klub Spanyol lainnya, Deportivo La Coruna.

Ia resmi berlabuh ke Deportivo La Coruna pada musim panas 2000 dengan biaya transfer 17,75 juta euro atau Rp299 miliar. Selama berseragam Super Depor, Diego Tristan telah bermain dalam 237 laga dengan menorehkan 97 gol dan 8 assist. Dirinya juga sukses menyabet gelar top skor LaLiga 2001/2002 serta mempersembahkan trofi Copa del Rey 2002 bagi Deportivo La Coruna.

4. Albert Luque

5 Penjualan Termahal RCD Mallorca Sepanjang Masapotret Albert Luque (uefa.com)

Selain Diego Tristan, pemain RCD Mallorca lainnya yang diboyong Deportivo La Coruna adalah Albert Luque. Sang pemain resmi berlabuh ke Deportivo La Coruna pada musim panas 2002. Dalam kesepakatan transfer tersebut, Luque ditebus dengan biaya 15 juta euro atau sekitar Rp253 miliar.

Kiprah Luque bersama Deportivo La Coruna bertahan selama 3 musim. Selama membela membela Super Depor, dirinya mencatatkan 135 penampilan di semua kompetisi dengan mengoleksi 32 gol dan 3 assist. Pemain berposisi sebagai sayap kiri tersebut hengkang pada musim panas 2005. Ia melanjutkan kariernya dengan merapat ke Newcastle United.

5. Dani Garcia

5 Penjualan Termahal RCD Mallorca Sepanjang Masapotret Dani Garcia (fcbarcelona.com)

Dani Garcia didatangkan RCD Mallorca dari Real Madrid pada musim panas 1998. Pada musim perdananya, penyerang asal Spanyol itu sukses menjaringkan 19 gol dari 49 laga. Hal tersebut menjadi pertimbangan Barcelona untuk merekrutnya pada bursa transfer musim panas 1999. Blaugrana menebus Garcia dengan harga 15 juta euro atau Rp253 miliar.

Garcia tidak menjalani kariernya dengan mulus di Barcelona. Dirinya kesulitan mendapatkan menit bermain dengan hanya mencatatkan 85 penampilan selama 4,5 musim. Garcia sempat dipinjamkan ke Real Zaragoza sebelum akhirnya dilepas secara gratis ke Espanyol pada Juli 2004.

RCD Mallorca memang bukan tim papan atas LaLiga. Meskipun begitu, Los Bermellones sukses mencetak pemain berkualitas. Pemain-pemain di atas menjadi bukti kepiawaian RCD Mallorca dalam menemukan pemain potensial.

Baca Juga: 5 Pemain Asia yang Pernah Membela Real Mallorca, Diandalkan!

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya