5 Pemain Pinjaman dari Chelsea: Terlupakan hingga Wonderkid

Chelsea sudah pinjamkan 22 pemain untuk musim ini

Jakarta, IDN Times - Chelsea dianggap sebagai salah satu tim yang memiliki kebijakan peminjaman pemain secara masif. Terkadang, The Blues menerapkan kebijakan itu secara cerdas, memberikan mereka menit bermain lebih banyak dan bisa dijual dengan harga yang tinggi. Atau, Chelsea yang langsung memakai jasa mereka.

Hal itu sudah terbukti dalam beberapa kasus. Thibaut Courtois contohnya. Berkembang di masa peminjaman, Courtois akhirnya dipanggil buat pulang ke Stamford Bridge. Hingga akhirnya, Courtois dilepas ke Real Madrid dengan harga tinggi.

Tapi, tak selamanya pemain pinjaman Chelsea bisa meledak. Ada juga yang melempem bahkan jadi membusuk di klub barunya.

Chelsea melakukannya lagi di musim ini. Ada 22 pemain yang mereka pinjamkan ke penjuru Eropa hingga dunia.

Melansir Daily Mirror, beberapa pemain ini ada yang merupakan pemain muda potensial yang terus dipantau perkembangannya oleh Chelsea dan sewaktu-waktu bisa berakhir menjadi pemain inti The Blues. Tetapi, beberapa lainnya ada juga yang merupakan pemain terlupakan yang tidak memiliki tempat dalam rencana Thomas Tuchel dan diharuskan untuk mengesankan tim lain dengan tujuan dipermanenkan.

Berikut daftarnya seperti dikumpulkan IDN Times dari berbagai sumber.

1. Conor Gallagher

5 Pemain Pinjaman dari Chelsea: Terlupakan hingga WonderkidConor Gallagher. (standard.co.uk)

Gelandang berusia 21 ini tampil mengesankan musim lalu saat dipinjamkan ke West Brom. Dia menjadi pilihan utama the Baggies di Premier League dengan diturunkan sebanyak 30 kali dan mengemas masing-masing dua gol dan dua assist .

Musim ini, dia kembali dipinjamkan untuk mendapatkan menit bermain yang banyak di Premier League bersama Crystal Palace. Sejauh ini, dia telah turun dalam tujuh pertandingan bersama The Eagles di semua kompetisi dan sukses mencatatkan dua gol dan satu assist.

Dengan banyaknya pengalaman dan menit bermain yang dia peroleh di Premier League, melihatnya dipinjamkan kembali musim depan akan sangat aneh. Sebab, Gallagher diprediksi akan menjadi salah satu pilar baru Chelsea. Menarik untuk dinanti.

2. Billy Gilmour

5 Pemain Pinjaman dari Chelsea: Terlupakan hingga WonderkidBilly Gilmour. (skysports.com)

Pemain yang juga berposisi sebagai gelandang ini memiliki kesamaan dengan Gallagher. Keduanya sama-sama diharapkan menjadi pemain bintang masa depan bagi Chelsea. Tetapi ada juga perbedaannya. Gilmour sudah pernah merasakan bermain untuk tim utama Chelsea. Dia sudah 22 kali main di semua kompetisi.

Perbedaan lainnya, Gilmour sedang kesulitan untuk menembus kesebelasan utama Norwich City. Dari tujuh pertandingan, dia baru empat kali main dan sisanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Baca Juga: 5 Bek yang Bisa Menggantikan Peran Antonio Rudiger di Chelsea

3. Danny Drinkwater

5 Pemain Pinjaman dari Chelsea: Terlupakan hingga WonderkidDanny Drinkwater. (bleacherreport.com)

Kini terlupakan, tapi tidak pada musim 2015/16 ketika dia menjadi juara Premier League bersama Leicester City. Usai antar Leicester juara, Drinkwater naik kelas bersama Chelsea.

Namun, keputusannya gabung Chelsea ternyata berdampak buruk. Performanya merosot tajam. Dia akhirnya dipinjamkan ke berbagai klub, mulai dari Burnley, Aston Villa, hingga Kasimpasa (Turki). Kini, dia sedang dipinjamkan ke Reading. Empat musim berseragam Chelsea, dia hanya memainkan 23 pertandingan.

Mimpi buruknya di Stamford Bridge akan segera berakhir mengingat kontraknya yang menyisakan satu tahun lagi dan sangat kecil kemungkinan bagi Drinkwater untuk memperpanjang masa baktinya. Apalagi di usianya yang sudah menginjak 31 tahun, rasanya sudah tidak ada ruang baginya untuk berkembang.

4. Kenedy

5 Pemain Pinjaman dari Chelsea: Terlupakan hingga WonderkidKenedy. (chroniclelive.co.uk)

Pemain asal Brasil yang berposisi sebagai winger ini bergabung dengan Chelsea dari Fluminense pada 2015 silam. Selama enam tahun, dia baru main sebanyak 27 kali untuk Chelsea di semua kompetisi. Watford, Newcastle United, Getafe, dan Granada, adalah klub-klub yang pernah menggunakan jasanya.

Kenedy baru saja memperpanjang kontraknya hingga 2023 sebelum kembali dipinjamkan untuk musim ini ke Flamengo. Di sana, pemain yang kini telah menginjak usia 25 tahun sudah bermain lima kali dengan keseluruhannya masuk sebagai pemain pengganti.

Jika tampil mengesankan, Flamengo memiliki opsi untuk mempermanenkannya di akhir masa peminjaman. Jika terjadi, maka Kenedy tampaknya akan pulang kampung dan menyudahi petualangannya di Eropa yang kurang berkesan itu.

5. Baba Rahman (27 Tahun)

5 Pemain Pinjaman dari Chelsea: Terlupakan hingga WonderkidAbdul Rahman Baba. (skysports.com)

Sama seperti Drinkwater, pemain asal Ghana ini juga dipinjamkan ke Reading. Baba Rahman didatangkan Chelsea dari FC Augsburg pada 2015 lalu. Kenedy dan Baba Rahman datang pada satu jendela transfer yang sama hanya berbeda beberapa hari. Keduanya pun memiliki nasib yang mirip.

Selama enam tahun, dia baru main sebanyak 23 kali di semua kompetisi. Bek kiri berusia 27 tahun tersebut menghabiskan waktunya di Chelsea menjadi pemain pinjaman ke Schalke 04, Mallorca, Reims, PAOK, dan Reading. Di sana, dia menjadi bek kiri pilihan pertama dengan catatan enam kali bermain 90 menit penuh.

Kontraknya bersama Chelsea akan habis tahun depan. Jika Baba Rahman tidak diperpanjang kontraknya oleh Chelsea, Reading sepertinya akan menjadi rumah baru baginya.

Baca Juga: Timo Werner Jadi Buruan 4 Klub Usai Terlupakan di Chelsea

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya