Barcelona Dilarang Abadikan Nomor 10 Messi

Barcelona lagi-lagi terbentur aturan

Jakarta, IDN Times - Rencana Barcelona mengabadikan nomor punggung 10 milik Lionel Messi menemui ganjalan. Sebab, ada sejumlah situasi yang tak mendukung rencana Barcelona tersebut.

Memang, manajemen Barcelona berniat menyimpan nomor 10 selamanya demi menghormati Messi. Dipakai selama 13 musim terakhir, nomor 1 bak memberikan berkah kepada La Pulga dan Barcelona.

Selama menggunakan nomor 10, Messi mengantarkan banyak gelar buat Barcelona. Dia juga menyabet sejumlah penghargaan individu dengan nomor tersebut. Maka dari itu, Barcelona mengeluarkan wacana mengabadikan nomor 10. Namun, pada akhirnya tak bisa. Kenapa ya?

1. Aturan di Spanyol kembali jadi halangan

Barcelona Dilarang Abadikan Nomor 10 MessiLionel Messi. (skysports.com)

Nomor keramat milik Lionel Messi tidak bisa dipensiunkan karena adanya peraturan dari Federasi Sepak bola Spanyol, RFEF. Dalam aturan itu, RFEF menyatakan seluruh tim LaLiga harus memberikan 25 pemainnya nomor punggung berurutan, dari 1 hingga 25.

Penjaga gawang bisa menggunakan nomor 1, 13, dan 25. Sedangkan pemain di luar tim inti bisa menggunakan nomor 26 hingga 50.

Alhasil, Messi tak bisa mengikuti jejak Diego Maradona, Johan Cruyff, hingga Daniel Jarque. Kasus Jarque yang cukup menarik. Nomor 21 miliknya sempat dipensiunkan oleh Espanyol demi menghormatinya karena wafat dalam sebuah kecelakaan.

Tapi, karena aturan dari RFEF, nomornya kembali dihidupkan pada musim 2016/17, dengan syarat pemakainya merupakan pemain berstatus homegrown yang promosi ke tim utama.

Baca Juga: Penyesalan Terbesar Messi saat Cabut dari Barcelona

2. Jatuh ke pemain lain

Barcelona Dilarang Abadikan Nomor 10 Messipotret Lionel Messi bersama Barcelona. (skysports.com)

Karena tidak bisa dipensiunkan, nomor 10 peninggalan Messi akan memiliki tuan yang baru. Pedri bisa saja menggunakan nomor tersebut setelah sempat memakai 16.

Lalu, AnsuFati, dengan nomor punggung 17 yang dipakai di musim lalu, juga layak menggunakannya. Bahkan, rekrutan anyar Barcelona yang juga sahabat Messi, SergioAguero, berpotensi memakai nomor 10.

3. Messi masih bikin publik penasaran

Barcelona Dilarang Abadikan Nomor 10 MessiMessi dan Neymar akan bereuni di PSG. (goal.com)

Setelah cabut dari Barcelona, Messi sampai sekarang masih berstatus tanpa klub. Paris Saint-Germain tak kunjung mengunci Messi.

Negosiasi antara PSG dan Messi belum diresmikan dalam sebuah kontrak. Manajemen Messi masih mempelajari kontrak dari PSG.

Hingga sekarang, Messi belum berada di Paris. Jika nantinya kontrak sudah disetujui, maka Messi baru berangkat ke Paris demi meresmikan kepindahannya.

Baca Juga: Messi Tetap Dilarang Main di Barcelona Meski Tak Digaji

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya