Comscore Tracker

Jadi Saksi Brasil Bantai Korea Selatan, Stadion 974 Langsung Dibongkar

Uruguay akan terima kontainer bongkaran Stadion 974

Jakarta, IDN Times - Setelah menjadi saksi kemenangan telak Brasil atas Korea Selatan dengan skor 4-1 di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Stadion 974 (Ras Abu Aboud), Doha, Qatar dipastikan bakal segera dibongkar.

Stadion 974 sendiri merupakan salah satu venue tambahan di ajang Piala Dunia 2022. Lapangan yang disusun dari kontainer ini pun sudah menjalani tugasnya menggelar tujuh pertandingan di ajang empat tahunan ini.

Menariknya, stadion berkapasitas 44 ribu penonton itu menjadi stadion Piala Dunia pertama yang dapat dibongkar setelah selesai digunakan.

1. Stadion yang bisa dibongkar

Jadi Saksi Brasil Bantai Korea Selatan, Stadion 974 Langsung DibongkarKonstruksi Stadium 974 (arquitecturaviva.com)

Sesuai namanya, Stadion 974 stadium dibangun dengan menumpukkan kontainer pengiriman barang berjumlah 974 buah. Ide tersebut berangkat dari komitmen Qatar untuk menjadi tuan rumah yang efisien.

Venue ini dirancang untuk mengatasi kekhawatiran Qatar akan menghabiskan miliaran dolar untuk membangun stadion yang tidak akan berguna setelah Piala Dunia 2022 rampung. Makanya, begitu selesai digunakan, stadion ini bisa langsung dibongkar.

Baca Juga: Detik-detik Stadion 974 di Qatar Mati Lampu Saat Brasil vs Swiss

2. Bongkaran Stadion 974 akan dibawa ke luar negeri

Jadi Saksi Brasil Bantai Korea Selatan, Stadion 974 Langsung DibongkarStadion 974 (twitter.com/ManasiPathak_)

Nantinya, 974 kontainer yang disusun ini berpotensi untuk kembali dibangun menjadi stadion di tempat lainnya.

Dilansir Financial Times, pihak penyelenggara telah bersumpah untuk membongkar, mengemas, menaruhnya di kapal, dan kembali memasangnya di luar negeri.

Awalnya, kontainer-kontainer tersebut akan dibawa ke Afrika. Namun, kabar terbaru menyatakan kalau besar kemungkinan akan berakhir di Uruguay.

Jika benar, maka akan berpotensi digunakan untuk membangun stadion Piala Dunia lainnya mengingat Uruguay kemungkinan akan menjadi bagian dari tawaran tuan rumah Pan-Amerika Selatan untuk Piala Dunia 2030.

3. Kursi Stadion 974 juga akan dilepas

Jadi Saksi Brasil Bantai Korea Selatan, Stadion 974 Langsung DibongkarMustapha Ussif, Menteri Olahraga Ghana, saat menyaksikan pertandingan negaranya di Stadion 974. (twitter.com/GhanaBlackstars)

Tak hanya kontainer, kursi-kursi penonton Stadion 974 juga akan dicopot dan dikirim ke luar negeri. Nantinya, kursi tersebut akan disumbangkan oleh pihak Qatar kepada mereka yang sedang mengembangkan pembangunan sepak bola.

Secara keseluruhan, Qatar telah berjanji untuk memberikan sekitar 170.000 kursi setelah turnamen berakhir. Jumlah itu termasuk dari Al Janoub Stadium, yang setengah dari 44.325 kursinya akan dicopot.

Baca Juga: Detik-detik Stadion 974 di Qatar Mati Lampu Saat Brasil vs Swiss

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya