Mau Jago Tendangan Bebas Kayak Messi? Ini Triknya

Bagi Messi, tendangan bebas begitu mudah

Jakarta, IDN Times - Ketika membahas kehebatan Lionel Messi dalam mengolah si kulit bundar, maka tidak akan ada habisnya. Kemampuannya begitu komplet, termasuk dalam urusan sepakan bebas.

Messi memang dikenal sebagai salah satu eksekutor tendangan bebas terbaik sepanjang masa. Tetapi, itu semua bukan tanpa latihan. Sebagai pemain yang perfeksionis, Messi selalu mengembangkan diri dalam setiap tekniknya, termasuk ketika mengeksekusi situasi bola mati tendangan bebas.

Tak heran, Messi menciptakan sendiri teknik tendangan bebas versinya. Dengan teknik tersebut, dalam lima musim terakhir, La Pulga sukses menjadikan 21 tendangan bebas secara langsung menjadi gol.

Tapi, bagaimana bisa Messi begitu akurat dan presisi dari segala jarak dan sudut? Apa yang spesial dari teknik tendangan bebas Messi? 

1. Tekniknya ekstrem

Mau Jago Tendangan Bebas Kayak Messi? Ini TriknyaLionel Messi. (rediff.com)

Teknik sepakan bebas Messi sebenarnya terbilang berbahaya. Sejumlah pakar menamakan teknik sepakan bebas Messi sebagai "sprained ankle free kick", karena begitu menyiksa engkel.

Lihat saja engkel Messi kala melepaskan tendangan bebas. Pasti posisinya sangat aneh, dan terlihat akan terkilir.

Namun, menurut dokter spesialis olahraga, Rajpal Brar, engkel Messi begitu kuat. Jadi, teknik yang sulit dilakukan itu tak jadi masalah buat Messi, karena sudah dilatih bertahun-tahun.

"Messi menggeser pinggulnya ke kanan ketika akan menendang bola menggunakan kaki kirinya. Kemudian, kakinya datang dari arah kiri ke kanan. Setelah itu, semuanya terjadi di luar pergelangan kaki, hampir seperti ketika dia membuat pergelangan kakinya terkilir. Kami menyebutnya 'inversion sprain'. Itu ketika kamu memiliki seluruh tenaga di sisi luar pergelangan kakimu dan itu memutarnya ke arah dalam. Tapi, Messi telah melatih badannya agar bisa mengontrol gerakan tersebut," kata Brar dikutip Sport Bible.

2. Posisi badan

Mau Jago Tendangan Bebas Kayak Messi? Ini TriknyaLionel Messi. (abcmundial.com)

Posisi badan juga berperan penting. Kaki Messi ketika menendang bola, ada di posisi sudut 50 derajat. Kemudian, dia seperti menanam kedua sepatunya di lapangan tepat sebelum menendang bola. Dengan posisi itu, tercipta kestabilan dan kontrol kepada tendangan yang dia inginkan.

Setelah itu, untuk meningkatkan akurasinya, Messi melengkungkan bahu dan dadanya untuk dapat memberikan sentuhan yang diinginkan kepada bola. Kemudian, dia membungkukkan badannya untuk posisi yang lebih rapat.

3. Menggunakan efek magnus

Mau Jago Tendangan Bebas Kayak Messi? Ini TriknyaLionel Messi amat piawai mengeksekusi tendangan bebas. (metro.co.uk)

Lebih mendalam, Departemen Fisika di Universitas Barcelona menjelaskan, Messi menggunakan efek magnus untuk mendapatkan konsistensi dalam mengeksekusi bola mati.

Efek ini adalah fenomena rotasi bola menghasilkan gaya tegak lurus terhadap garis gerak sehingga memengaruhi arah gerakan yang dituju oleh bola.  Menurut laporannya, tekanan yang diberikan ke permukaan bawah bola lebih besar daripada bagian atas sehingga menghasilkan arah gerakan melengkung.

Baca Juga: Alien, Messi Antar Argentina Dominasi Ballon d'Or Sendirian

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya