Profil Arab Saudi, Raksasa AFC yang Baru Lima Kali Lolos Piala Dunia

Piala Dunia 2022 jadi yang keenam

Jakarta, IDN Times - Arab Saudi telah resmi lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Tim asuhan Herve Renard itu akan bertolak ke Qatar setelah memuncaki klasemen Grup B putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia Zona AFC.

Dari 10 pertandingan, Arab Saudi berhasil memenangkan tujuh laga dengan dua kali imbang. Tim berjuluk The Green Falcons itu pun akan tergabung dalam Grup C bersama Argentina, Meksiko, dan Polandia.

1. Baru ikut Piala Dunia lima kali

Profil Arab Saudi, Raksasa AFC yang Baru Lima Kali Lolos Piala DuniaTimnas Arab Saudi. (timeoutriyadh.com)

Dari 21 Piala Dunia yang telah diselenggarakan, Arab Saudi tercatat baru lima kali tembus ke putaran final. Mereka baru lolos pada edisi 1994 yang berlangsung di Amerika Serikat.

Kemudian, dalam tiga Piala Dunia berikutnya, mereka secara beruntun berhasil lolos. Namun, tren positif tersebut harus terhenti pada edisi 2010 dan 2014. Kala itu, Arab Saudi gagal bersaing di kualifikasi.

Baru pada 2018, Arab Saudi akhirnya kembali ke Piala Dunia. Catatan manis itu kembali ditorehkan di 2022. 

Baca Juga: Desakan Coret Iran dari Piala Dunia 2022 Kian Kencang

2. Sering jadi pemanis

Profil Arab Saudi, Raksasa AFC yang Baru Lima Kali Lolos Piala DuniaTimnas Arab Saudi. (espn.com)

Arab Saudi sebenarnya berstatus pemanis di Piala Dunia. Mereka sulit bersaing buat bisa lolos ke fase gugur.

Tercatat, baru sekali Arab Saudi lolos ke babak 16 besar. Itu pun terjadi pada 1994 silam di Amerika Serikat. Menariknya, kala itu Arab Saudi membuat kejutan karena finis sebagai runner up Grup F, di bawah Belanda.

Kala itu, Arab Saudi berhasil jadi runner up lantaran agresivitas golnya lebih baik ketimbang Belgia, yang finis di peringkat tiga.

Sialnya, di babak 16 besar, Arab Saudi tak bisa berbuat banyak. Mereka dikalahkan Swedia, 1-3.

3. Andalkan trio Al-Hilal

Profil Arab Saudi, Raksasa AFC yang Baru Lima Kali Lolos Piala Duniapotret Salem Al-Dawsari bersama Timnas Arab Saudi (the-afc.com)

Sepanjang kualifikasi, Arab Saudi total mencetak 34 gol. Dari 34 gol tersebut, 18 di antaranya dicetak oleh tiga pemain Al-Hilal, Saleh Al-Shehri, Salem Al-Dawsari, dan Salman Al-Faraj.

Al-Shehri dan Al-Dawsari sama-sama mengemas tujuh gol. Sedangkan Al-Faraj mengoleksi empat gol.

Bagaimana kiprah Arab Saudi di Piala Dunia 2022 nanti? Mampukah mereka kembali lolos ke fase gugur? Menarik untuk dinantikan tentunya.

Baca Juga: Profil Argentina, Status Unggulan Berbalut Ambisi Lionel Messi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya