Profil Brasil, Penguasa Dunia dengan Lima Gelar

Brasil siap melangkah jauh di Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Timnas Brasil merupakan unggulan yang siap meraih sukses di Piala Dunia 2022. Wajar, saja kalau status unggulan menyelimuti Brasil karena prestasinya yang luar biasa.

Sejarah mencatat, Brasil menjadi tim tersukses di Piala Dunia. Bisa dibilang, mereka merupakan penguasa dunia dengan raihan lima trofi selama berpartisipasi dalam pesta sepak bola terbesar sejagat ini.

Tak cuma itu, Brasil juga selalu memiliki talenta hebat di berbagai posisi. Tahun ini, Brasil terbilang lengkap dan dalam skuadnya. Dari lini belakang hingga depan, dihuni oleh pemain-pemain bintang. Maka dari itu, tak heran mereka jadi unggulan di Grup G yang dihuni Serbia, Swiss, dan Kamerun.

1. Belum pernah absen

Profil Brasil, Penguasa Dunia dengan Lima GelarTimnas Brasil (instagram.com/cbf_futebol)

Brasil sama sekali belum absen di ajang empat tahunan tersebut. Sejak pertama kali digelar 1930 lalu di Uruguay, Brasil sudah ikut serta di 21 edisi.

Piala Dunia 2022 nanti akan menjadi gelaran ke-22 mereka secara berturut-turut. Itu berarti, Selecao mengungguli raksasa-raksasa seperti Jerman yang baru lolos 20 kali, Argentina, dan Italia 18 kali.

Baca Juga: Jepang Rasa Eropa di Piala Dunia 2022

2. Tim yang paling sukses

Profil Brasil, Penguasa Dunia dengan Lima GelarTimnas Brazil. (fifa.com)

Timnas Brasil bisa dikatakan sebagai raja yang menguasai dunia. Bagaimana tidak, mereka telah memenangkan Piala Dunia sebanyak lima kali. Mereka juara di edisi 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Dari 21 gelaran yang telah dilakoni, Brasil juga jarang sekali hanya sampai fase grup. Mereka sering lolos ke fase gugur dengan hanya dua kali mentok di babak penyisihan grup yaitu pada edisi 1966 dan 1930.

3. Lini serang yang tajam

Profil Brasil, Penguasa Dunia dengan Lima GelarTimnas Brasil (twitter.com/CBF_Futebol)

Brasil lolos ke putaran final di Qatar secara impresif usai sama sekali tak menelan kekalahan di Kualifikasi Zona CONMEBOL. Dari 17 kali tampil, tim asuhan Tite itu menang 14 kali dan seri tiga kali. Mereka juga produktif dengan mengoleksi 40 gol.

Neymar jadi yang mengoleksi gol terbanyak dengan delapan gol. Kemudian, ada Richarlison yang mencetak enam gol. Sedangkan Raphinha, Lucas Paqueta, Roberto Firmino, dan Philippe Coutinho, masing-masing mengemas tiga gol. Sayangnya, Coutinho terancam absen di Piala Dunia karena cedera.

Baca Juga: Profil Belgia, Saatnya Meraih Prestasi tertinggi di Piala Dunia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya