Profil Belgia, Saatnya Meraih Prestasi tertinggi di Piala Dunia

Prestasi terbaik Belgia yaitu peringkat ketiga

Jakarta, IDN Times - Belgia dipastikan bakal bersaing  jadi yang terbaik di Piala Dunia 2022 Qatar. Tim yang dinakhodai Roberto Martinez itu sudah lolos 14 kali ke putaran final sejak gelaran pertama berlangsung di Uruguay pada 1930. 

Belgia dianggap sebagai salah satu unggulan di Piala Dunia 2022, mengingat mereka bertengger di peringkat dua ranking FIFA. Peluang mereka pun cukup besar untuk lolos ke fase gugur karena tergabung di Grup F bersama Kroasia, Kanada, dan Maroko.

1. Belgia sempat duduki peringkat tiga dan empat Piala Dunia

Profil Belgia, Saatnya Meraih Prestasi tertinggi di Piala Duniapotret Timnas Belgia (theanalyst.com)

Belgia termasuk negara yang cukup rutin lolos ke putaran final. Tim berjuluk The Red Devils itu bahkan tercatat mengikuti tiga gelaran Piala Dunia pertama, yakni putaran final edisi 1930, 1934, dan 1938.

Kini, dengan berbekal pemain bintang macam Romelu Lukaku, Thibaut Courtois, hingga Kevin de Bruyne, mereka mencoba menggapai mimpi lebih tinggi. Apalagi, kini seakan jadi kesempatan terbaik negara sepak bola yang tengah dibanjiri pemain berbakat.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional Belgia

2. Belgia cukup sering lolos dari fase grup

Profil Belgia, Saatnya Meraih Prestasi tertinggi di Piala DuniaSkuad Timnas Belgia (aa.com.tr)

Belgia tergolong cukup sering lolos dari fase grup. Dari 13 gelaran Piala Dunia yang telah dilaksanakan, Belgia hanya gagal melenggang ke fase gugur sebanyak lima kali.

Namun, mereka sampai saat ini belum bisa meraih prestasi maksimal. Paling banter, Belgia bisa meraih posisi tiga di Piala Dunia 2018. Kala itu, mereka mampu menumbangkan Inggris dua gol tanpa balas di di Stadion Saint-Petersburg.

Sebelum itu, Belgia pernah menduduki peringkat empat di ajang empat tahunan ini. Hal itu dicapai saat tampil di Meksiko pada 1986. Selepasnya, itu seakan hanya jadi penggembira saja di Piala Dunia. 

3. Amunisi andalan Belgia

Profil Belgia, Saatnya Meraih Prestasi tertinggi di Piala DuniaKevin De Bruyne. (twitter.com/Squawka)

Belgia lolos lewat dominasi di babak kualifikasi. Dari delapan pertandingan yang dilewati, mereka tak terkalahkan dengan enam kemenangan dan dua hasil imbang. Sebanyak 25 gol juga berhasil mereka cetak lewat pemain dari berbagai lini.

Tiga pemain yang paling impresif adalah Romelu Lukaku, Hans Vanaken, dan Kevin De Bruyne. Lukaku berhasil memberikan kontribusi berupa lima gol dan satu assist, Vanaken sukses mengoleksi tiga gol dan empat assist, serta De Bruyne memiliki catatan dua gol dan dua assist.

Baca Juga: Profil Jerman, Raksasa Eropa yang Siap Dominasi Dunia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya