Profil Denmark, Dinamit yang Selalu Mengejutkan

Lolos empat kali dari lima edisi Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Denmark menjadi salah satu tim kuda hitam di Piala Dunia 2022. Bukan tanpa alasan, mengingat pada Piala Eropa 2020 lalu, Denmark berhasil menembus semifinal dan menempati posisi empat. Selain itu, Denmark juga pernah jadi juara Eropa pada 1992 silam.

Status kuda hitam yang membelit Denmark semakin kuat ketika melihat performa tim asuhan Kasper Hjulmand sepanjang kualifikasi. Mereka cuma kalah sekali di fase tersebut, hingga akhirnya berhasil memuncaki klasemen Grup F Piala Dunia Zona UEFA.

Denmark lolos dengan koleksi 27 poin dari 10 laga. Artinya, mereka nyaris sempurna.

Baca Juga: Profil Prancis, Juara Dunia 2 Kali yang Sempat Krisis

1. Baru tampil lima kali

Profil Denmark, Dinamit yang Selalu MengejutkanPemain Denmark melakukan selebrasi gol di lapangan. (instagram.com/herrelandsholdet)

Sejauh ini, Denmark baru lolos ke putaran final Piala Dunia sebanyak lima kali. Dari 12 edisi yang telah dilangsungkan, Denmark baru lolos di edisi 1986 yang digelar di Meksiko.

Kemudian, Denmark kembali absen pada dua edisi berikutnya yaitu 1990 dan 1994. Lalu, Denmark lolos di edisi 1998, 2002, 2010, dan 2018. Denmark juga terpaksa absen pada gelaran 2006 di Jerman dan 2014 di Brasil. 

2. Bukan berarti kaleng-kaleng

Profil Denmark, Dinamit yang Selalu MengejutkanTimnas Denmark di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Sejauh ini, Denmark baru lolos ke putaran final Piala Dunia sebanyak lima kali. Tapi, bukan berarti prestasi mereka bisa diremehkan.

Tampil kali pertama pada Piala Dunia 1986 Meksiko, Denmark selalu mampu menembus fase gugur di lima penampilannya. Langkah terjauh Denmark adalah perempat final. Itu terjadi pada 1998 silam. Tak hanya itu, Denmark juga berhasil lolos tiga kali ke babak 16 besar pada edisi 1986, 2002, dan 2018.

3. Depan tajam, belakang kokoh

Profil Denmark, Dinamit yang Selalu MengejutkanAndreas Skov Olsen. (instagram.com/andreasskovolsen)

Selama mengarungi kualifikasi, Denmark tampil cukup produktif dengan koleksi 30 gol dari 10 laga. Tak hanya itu, pertahanan mereka juga cukup solid usai hanya kemasukan tiga gol.

Andreas Skov Olsen dan Joakim Maehle menjadi yang paling produktif. Keduanya sama-sama memiliki catatan lima gol. Mikkel Damsgard juga memiliki kontribusi berupa koleksi empat assist, dan sang penjaga gawang, Kasper Schmeichel, memiliki torehan delapan cleansheet.

Menarik untuk dinanti bagaimana perjalanan Denmark di Piala Dunia 2022 Qatar nanti. Mampukah mereka kembali lolos dari fase grup seperti yang mereka lakukan di empat edisi sebelumnya?

Baca Juga: Profil Arab Saudi, Raksasa AFC yang Baru Lima Kali Lolos Piala Dunia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya