Profil Wales, Melepas Kerinduan Panjang dari Piala Dunia

Pertama kali lolos pada edisi 1958

Jakarta, IDN Times - Wales akhirnya kembali berlaga di Piala Dunia. Setelah absen sekian lama, Wales akan mentas di pesta sepak bola terbesar dunia itu untuk kedua kalinya.

Pada edisi 2022, Wales akan berada di Grup B bersama Amerika Serikat, Inggris dan Iran. Ini menjadi momen bagi Wales melepas kerinduan terhadap Piala Dunia, karena harus menunggu hingga 64 tahun lamanya.

1. Terakhir kali main di edisi 1958

Profil Wales, Melepas Kerinduan Panjang dari Piala DuniaTimnas Wales di Piala Dunia 1958. (southwalesargus.co.uk)

Wales pertama kali main di Piala Dunia pada edisi 1958. Kala itu, Wales langsung tancap gas. Gabung di Grup 3, mereka berhasil lolos ke fase gugur dengan status runner up.

Sial, kiprah Wales cuma sampai perempat final. Berhadapan dengan Brasil, Wales keok dengan skor 0-1. Ini menjadi satu-satunya penampilan Wales di Piala Dunia, sebelum akhirnya lolos ke Qatar.

Baca Juga: Playoff Piala Dunia 2022: Wales Cetak Sejarah

2. Lolos susah payah ke Qatar

Profil Wales, Melepas Kerinduan Panjang dari Piala DuniaTimnas Wales. (nytimes.com)

Perjuangan Wales agar lolos ke putaran final di Qatar tidaklah mudah. Wales menjadi runner-up di Grup E Kualifikasi UEFA Putaran Pertama yang memaksanya harus berjuang melalui play-off.

Di babak play-off, Wales harus melawan Austria dan pemenang dari duel Skotlandia versus Ukraina. Wales akhirnya berhasil lolos usai mengalahkan Austria dengan skor 2-1 dan Ukraina, 1-0.

3. Bertumpu pada Bale dan Ramsey

Profil Wales, Melepas Kerinduan Panjang dari Piala DuniaAaron Ramsey dan Gareth Bale ketika membela Timnas Wales. (worldsoccer.com)

Wales memang memiliki pemain muda berbakat seperti Brennan Johnson, Ethan Ampadu, dan Daniel James. Namun, mereka tampaknya masih mengandalkan dua pemain seniornya, Gareth Bale dan Aaron Ramsey.

Selama Kualifikasi UEFA Putaran Pertama, kontribusi Bale dan Ramsey begitu besar. Bale berhasil memberikan enam gol dan tiga assist, sedangkan Ramsey memberikan tiga gol dilengkapi satu assist.

Bersaing di Grup B bersama Amerika Serikat, Inggris, dan Iran, mampukah Wales dapat berbuat banyak? Akankah mereka mampu mengulang apa yang terjadi di edisi 1958? Menarik untuk dinantikan.

Baca Juga: Timnas Iran, Raja Asia yang Ikut Piala Dunia Tiga Kali Beruntun

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya