Playoff Piala Dunia 2022: Wales Cetak Sejarah

Wales lolos lagi setelah 64 tahun lamanya

Jakarta, IDN Times - Wales melengkapi deretan tim yang lolos ke Piala Dunia 2022. Bersua Ukraina di final play-off, Minggu (5/6/2022), Gareth Bale dan kolega berhasil meraih kemenangan. Mereka menang dengan skor tipis 1-0.

Kemenangan ini memastikan Ukraina gagal memberi hiburan lebih bagi warganya, yang saat ini masih dilanda perang. Sedangkan bagi Wales, ini jadi sejarah, setelah rentetan kegagalan yang sempat diderita.

Baca Juga: Bale Semprot Media Spanyol Usai Antar Wales ke Final Play-off

1. Wales lolos lagi ke Piala Dunia setelah 64 tahun

Playoff Piala Dunia 2022: Wales Cetak Sejarahpotret Gareth Bale bersama Timnas Wales (skysports.com)

Setelah 64 tahun lamanya, Wales akhirnya kembali mencicipi manisnya berlaga di Piala Dunia. Pada 1958 lalu, Wales untuk pertama kalinya merasakan atmosfer Piala Dunia. Ketika itu, mereka lolos hingga perempat final.

Sekarang, Wales kembali berkesempatan untuk berkontestasi di Piala Dunia pada 2022. Setelah gagal di era Ryan Giggs, Ian Rush, dan beberapa pemain legenda lainnya lain, Gareth Bale bersa,a kolega sukses mewujudkan mimpi Wales kembali ke Piala Dunia.

Baca Juga: 5 Klub Inggris yang Bisa Menjadi Destinasi Gareth Bale Berikutnya

2. Ukraina gagal putus tren buruk

Playoff Piala Dunia 2022: Wales Cetak SejarahUkraina menumbangkan Skotlandia di play-off Piala Dunia 2022. (twitter.com/SquawkaNews)

Jika Wales berhasil memutus tren buruk, lain hal dengan Ukraina. Setelah sempat lolos Piala Dunia pada 2006, mereka gagal lolos lagi dalam tiga edisi terakhir, yakni 2010, 2014, dan 2018, Ukraina kembali gagal lolos.

Ukraina pun gagal memberi hiburan bagi warganya yang masih berduka akibat perang. Akan tetapi, setidaknya perjuangan dari Ukraina ini layak diacungi jempol.

3. Wales segrup dengan Inggris dan Amerika Serikat

Playoff Piala Dunia 2022: Wales Cetak SejarahSelebrasi Harry Wilson saat mencetak gol ke gawang Azerbaijan faw.cymru

Di Piala Dunia 2022 nanti, Wales akan berada satu grup dengan Inggris dan Amerika Serikat. Kehadiran Wales ini membuat grup makin sarat politik, terutama persaingan antara Wales dan Inggris sebagai sesama negara Britania Raya.

Selain itu, Wales juga akan bersua Amerika Serikat dan Iran, dua tim yang tidak boleh dianggap remeh. Persaingan Grup B Piala Dunia 2022 pun tidak kalah seru dengan grup-grup lain.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya