Comscore Tracker

Rahasia Teknik Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo, Bak Roket!

Tekniknya impresif, ternyata cukup mudah dipelajari

Jakarta, IDN Times - Superstar Juventus dan Portugal, Cristiano Ronaldo, begitu dikenal dengan teknik knuckle ball saat sedang berlaga. Baik ketika melepaskan tembakan di skema permainan terbuka atau bola mati, Ronaldo selalu menggunakan teknik tersebut.

Tapi, Ronaldo lebih sering menggunakan teknik knuckle ball saat skema bola mati. Dengan teknik itu, bola hasil sepakan Ronaldo begitu sulit diantisipasi kiper lawan.

Sebab, arah bola hasil sepakan Ronaldo jadi tak menentu arahnya. Pun, lajunya begitu tajam. Semua juga dikarenakan tenaga sepakan Ronaldo yang begitu kuat, ditambah teknik knuckle ball yang sempurna.

Teknik knuckle ball pada akhirnya jadi populer. Gareth Bale, Luis Nani, hingga Marcus Rashford, mulai meniru teknik ini. Nah, bagaimana sih caranya biar bisa ambil tendangan bebas seperti Ronaldo? Berikut IDN Times rangkum buat kamu seperti dikutip Goal.

1. Ambil di jarak sekitar 20 sampai 40 meter

Rahasia Teknik Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo, Bak Roket!Cristiano Ronaldo sebelum mengambil tendangan bebas. (sportskeeda.com)

Teknik tendangan knuckle ball ala Ronaldo biasanya harus membuat jarak yang pas. Umumnya, Ronaldo mengambil jarak sekitar 20 sampai 40 meter untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jika terlalu jauh, maka kekuatan yang dibutuhkan akan semakin besar. Kalau terlalu dekat, tenaganya tak sempurna.

Baca Juga: Efek Domino Transfer Kylian Mbappe ke Cristiano Ronaldo

2. Empat sampai lima langkah mundur

Rahasia Teknik Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo, Bak Roket!Posisi kedua lengan Ronaldo sebelum mengambil tendangan bebas. (fussballeuropa.com)

Setelah meletakkan bola di atas lapangan, ambil sekitar empat sampai lima langkah mundur. Setelah itu, posisikan kedua kaki agak berjauhan. Dikira-kira saja, jangan terlalu jauh, jangan terlalu dekat, minimal posisikan simetris dengan kedua bahu.

Kemudian, letakkan kedua tangan di posisi alaminya yaitu di samping badan. Sebab, secara ilmiah, posisi ini terbilang seimbang dan bisa berpengaruh pada akurasi kaki menghantam target.

3. Lihat bola dan gawang

Rahasia Teknik Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo, Bak Roket!Cristiano Ronaldo mengambil tendangan bebas sewaktu di MU. (metro.co.uk)

Proses ini sebagai awal sebelum anda menendang bola di mana kamu mengeker posisi titik gawang mana yang dituju, ke arah mana anda menginginkan bola itu terbang. Di proses ini pula kamu melihat posisi bola mana yang akan ditendang.

4. Mulai berlari

Rahasia Teknik Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo, Bak Roket!Ronaldo mengambil napas dalam-dalam sebelum eksekusi tendangan bebas. (independent.co.uk)

Setelah kamu tahu ke arah mana bola akan ditendang, sekarang saatnya berlari. Posisi kamu berlari harus agak sedikit jinjit karena begitulah Ronaldo melakukannya.

Oh iya, jangan lupa untuk menarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya lewat mulut sebelum berlari, biar mirip banget kayak CR7.

5. Bagian krusial

Rahasia Teknik Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo, Bak Roket!Cristiano Ronaldo mengeksekusi tendangan bebas. (mirror.co.uk)

Nah, di sini lah bagian krusialnya. Proses yang menentukan apakah knuckle ball yang diinginkan dapat terwujud, yaitu menendang bolanya. Untuk mendapatkan sentuhan sempurna dengan bola, kaki yang berdiri di lapangan ditempatkan di samping sejajar dengan bola.

Kemudian, untuk bagian kaki yang menendang bola, pastikan itu bagian kura-kura. Lepaskan tenaga yang sebesar-besarnya.

Setelah itu, tahan kaki yang digunakan untuk menendang bola, jangan mengayun terlalu jauh untuk menciptakan efek bola yang melengkung.

6. Jangan lupa selebrasi, kalau cetak gol

Rahasia Teknik Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo, Bak Roket!Selebrasi ikonik Ronaldo. (insider.com)

Terakhir, selebrasi! Tentunya jika berhasil, ya. Untuk bagian ini tidak perlu diberitahu karena siapa yang tidak tahu selebrasi ikonik mega bintang Portugal yang satu ini. Siiiiiiuuuuu!

Baca Juga: Mau Jago Tendangan Bebas Kayak Messi? Ini Triknya

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya