Ronaldinho Tak Hitung Messi Sebagai GOAT

Klaim masih ada legenda yang lebih baik

Jakarta, IDN Times - Legenda Brasil, Ronaldinho, menolak untuk menyebut Lionel Messi sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah alias Greatest of All Time (GOAT). Menurutnya, masih ada sejumlah pemain yang lebih baik dari pemenang Ballon d'Or tujuh kali tersebut.

Publik percaya, dengan diraihnya trofi Piala Dunia 2022, Messi telah mengakhiri perdebatan siapa GOAT yang sebenarnya. Namun, Ronaldinho merasa kalau Messi hanya sebatas pemain terbaik di eranya.

"Saya kesulitan untuk menyebutnya sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah," kata Ronaldinho dilansir SPORTbible.

1. Masih ada yang lebih jago menurut Ronaldinho

Ronaldinho Tak Hitung Messi Sebagai GOATPele (si.com)

Bagi Ronaldinho, Messi masih harus membuktikan diri sebagai yang terbaik. Sebab, Diego Maradona, Pele, dan Ronaldo Nazario, memiliki catatan lebih fenomenal.

"Saya tidak suka membandingkan. Tetapi, masih ada Maradona, Pele, dan Ronaldo. Jadi, sangat sulit bagi saya untuk menyebut Messi sebagai yang terbaik sepanjang sejarah sepak bola," tutur Ronaldinho.

Baca Juga: Viral! Lionel Messi Cuekin Salt Bae Saat Diajak Foto Bareng

2. Messi lebih baik dari Ronaldo

Ronaldinho Tak Hitung Messi Sebagai GOATLionel Messi. (heraldsun.com.au)

Ronaldinho memang tak menyebut Messi sebagai GOAT, tapi setidaknya di era sepak bola modern. Dengan begitu, secara tak langsung, dia menyatakan La Pulga lebih baik ketimbang Cristiano Ronaldo.

"Saya hanya bisa bilang kalau Messi adalah yang terbaik di eranya," kata pemenang Ballon d'Or 2005 itu.

3. Messi pernah puji Ronaldinho

Ronaldinho Tak Hitung Messi Sebagai GOATBintang sepak bola dunia, Ronaldinho saat memperkuat Barcelona. Instagram/ronaldinho

Ronaldinho sempat bermain bersama dengan Messi di Barcelona selama 2003 hingga 2008 sebelum pindah ke AC Milan. Messi pun pernah menyampaikan pujiannya kepada Ronaldinho dan menganggapnya sebagai salah seorang role model.

"Ronaldinho berperan atas perubahan yang terjadi di Barcelona. Di tahun pertama, dia tidak memenangkan apa-apa tetapi orang-orang sudah jatuh cinta kepadanya. Kemudian, trofi mulai berdatangan dan dia membuat semua orang senang. Barca harus selalu berterima kasih atas semua yang telah dia lakukan," kata Messi.

Baca Juga: Messi: Trofi Piala Dunia 2022 untuk Maradona

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya