Sir Alex Ferguson Jadi Sutradara Kedatangan Varane ke MU

Varane akhirnya diungkap ke publik OT sebelum laga vs Leeds

Jakarta, IDN Times - Kedatangan Raphael Varane ke Manchester United ternyata dipengaruhi pula oleh Sir Alex Ferguson. Secara tak langsung, Ferguson menjadi sutradara di balik kedatangan Varane ke MU.

Semua bermula pada momen di 2011 lalu, ketika Varane masih berseragam RC Lens. Kala itu, kiprah Varane sudah dipantau oleh sejumlah pemandu bakat di Eropa.

Tapi, MU tak mengutus pemandu bakat. Ferguson langsung yang turun tangan. Bahkan, dia terkesan dengan performa yang Varane tampilkan di lapangan.

Baca Juga: Konflik di Balik Nomor Punggung Raphael Varane di MU

1. Kunjungan Ferguson

Sir Alex Ferguson Jadi Sutradara Kedatangan Varane ke MUSir Alex Ferguson. (telegraph.co.uk)

Ketertarikan Ferguson terhadap Varane bukan omong kosong. Usai menyaksikan Varane berlaga, Ferguson langsung menjadwalkan pertemuan dengan orang tuanya.

Bukan di restoran, tapi Ferguson yang langsung datang ke rumah orang tua Varane. Saat itu, Fergie tahu kalau Varane ternyata sudah bersepakat pindah ke Real Madrid. Hanya saja, belum ada kesepakatan di atas hitam putih yang disepakati oleh kedua belah pihak.

"Ada banyak rumor saat itu. MU memang datang di 2011, sampai Sir Alex datang ke rumah ibu saya. Saat mendengar tawarannya, itu terasa nyata. Saat itulah saya berbicara dengan klub dan merasa itu adalah kesempatan nyata untuk bermain di MU," kata Varane dilansir situs resmi klub.

2. Alasan kenapa tidak gabung

Sir Alex Ferguson Jadi Sutradara Kedatangan Varane ke MURaphael Varane bersama Timnas Perancis. (teamtalk.com)

Varane sempat tertarik buat gabung ke MU. Dia goyah dan hampir saja tak jadi gabung ke Madrid, menyusul blusukan yang dilakukan Ferguson.

Namun, ada satu momen yang membuatnya mundur teratur dan tak jadi memilih merapat ke Old Trafford. Yakni, ketika MU mendatangkan Phil Jones.

"Kenapa tak jadi ke MU? Mereka saat itu mengontrak Phil Jones yang posisinya sama dengan saya," kata Varane.

Sebenarnya, Paris Saint-Germain juga sempat berminat mendatangkan Varane. Tapi, saat itu Varane tak tertarik gabung PSG.

"PSG? Proyek di sana tidak jelas. Para petinggi Qatar itu baru saja tiba dan semuanya sangat kabur. Tidak ada kejelasan," jelas Varane di 2014.

3. Alasan pilih Real Madrid

Sir Alex Ferguson Jadi Sutradara Kedatangan Varane ke MURaphael Varane. (tbrfootball.com)

Dengan Jones yang jadi saingannya, Varane merasa cukup ciut nyali. Akhirnya dia kembali diyakinkan oleh Real Madrid. Pelatih Madrid kala itu, Jose Mourinho, memberikan garansi kepadanya main di tim inti.

Benar saja, Varane langsung diberikan kepercayaan berlaga di ajang LaLiga, Liga Champions, Copa Del Rey, sebanyak 15 kali, dalam musim perdananya. Musim selanjutnya, dia lebih sering main dengan caps 33 di berbagai ajang.

"Reaksi pertama saya ketika Real Madrid ingin merekrut saya bukanlah 'Tentu saja saya akan pergi.' Tetapi, keputusan baru dibuat ketika tahu pelatih ingin saya bermain di tim utama," jelas Varane.

Kini, MU benar-benar menjadi klub pria 28 tahun tersebut. Varane kini diproyeksikan akan menjadi pendamping dari Harry Maguire di jantung pertahanan Setan Merah.

Baca Juga: Ketika Pidato Drogba Setop Perang dan Ciptakan Kemerdekaan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya