Skenario Grup D Piala Dunia 2022, Siapa yang Temani Prancis?

Tiga tim masih berpeluang lolos ke fase gugur

Jakarta, IDN Times - Grup D Piala Dunia 2022 tinggal menyisakan satu tiket lagi untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Tiga tim, Australia, Denmark, dan Tunisia akan berusaha keras untuk bisa mengikuti jejak Prancis yang sudah dipastikan melaju ke fase gugur.

Ketiga tim tersebut akan melakoni laga penentuannya nanti malam (30/11/2022) pukul 22.00 WIB. Australia akan menghadapi Denmark sedangkan Tunisia harus berduel melawan Prancis. Peluang ketiganya masih terbuka buat lolos. Lantas, bagaimana skenarionya?

1. Australia lebih diuntungkan

Skenario Grup D Piala Dunia 2022, Siapa yang Temani Prancis?Timnas Australia di Piala Dunia 2022 (instagram.com/socceroos)

Posisi Australia paling diuntungkan dalam persaingan ini. Hasil imbang, sudah bisa mengantarkan mereka lolos ke babak 16 besar. Tapi, itu dengan catatan Tunisia tak menang lawan Prancis.

Opsi paling aman buat Australia adalah tampil habis-habisan saat melawan Denmark demi bisa menang atas Denmark. Kalah, maka Australia harus melupakan impian main di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia, Rabu 30 November 2022

2. Denmark wajib menang

Skenario Grup D Piala Dunia 2022, Siapa yang Temani Prancis?Pertandingan Timnas Denmark vs Timnas Tunisia di Grup D Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Begitu pun dengan Denmark, yang harus tampil all-out saat menghadapi Australia. Baru meraih satu poin, The Danes mesti meraih kemenangan untuk bisa melompati Australia di posisi kedua dengan tiga poin.

Kalau Denmark dan Tunisia sama-sama menang, mereka akan memiliki poin yang sama yaitu empat. Maka, untuk menentukan siapa yang jadi runner-up, akan ditentukan lewat selisih hingga banyaknya gol yang dicetak.

3. Perjuangan berat Tunisia

Skenario Grup D Piala Dunia 2022, Siapa yang Temani Prancis?Timnas Tunisia di Piala Dunia 2022 (instagram.com/foottn)

Untuk Tunisia, kesempatan untuk lolos lebih kecil lagi. Mereka baru meraih satu poin dan belum mencetak gol. Namun, mereka masih punya peluang untuk lolos ke fase gugur meski sulit. Menghadapi Prancis, Tunisia wajib menang.

Tim berjuluk Eagles of Carthage itu pun tak pasti lolos meski sudah menang. Mereka harus berharap Australia dan Denmark berakhir imbang. Dalam kondisi ini, Tunisia akan lebih diuntungkan karena sudah pasti akan unggul selisih gol, tak peduli skornya berapa.

Tapi, jika Denmark juga menang, maka runner-up akan ditentukan lewat selisih dan banyaknya gol yang dicetak. Sedangkan, kalau Australia menang, Tunisia takkan lolos.

Menarik untuk dinantikan siapa yang akan mengikuti jejak Prancis melaju ke babak 16 besar dari Grup D. Jawabannya akan sama-sama kita dapatkan nanti malam.

Baca Juga: Profil Frenkie de Jong, Pengatur Serangan Belanda di Piala Dunia 2022

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya