Comscore Tracker

Taktik Jitu Southgate di Ruang Ganti yang Lambungkan Inggris

Inggris berhasil kalahkan Wales 3-0

Jakarta, IDN Times - Penyerang Inggris, Marcus Rashford, buka-bukaan soal metode manajer Gareth Southgate dalam mendongkrak semangat para pemain saat jeda turun minum. Ketika menghadapi Wales, Rabu dini hari tadi WIB (30/11/2022), Southgate sempat berpidato dan memberikan masukan teknis.

Inggris memang buntu di babak pertama duel tersebut. Mereka baru bisa mencetak gol pada paruh kedua. Tak cuma sekali, tapi Inggris cetak tiga gol pada babak kedua. Berkat kemenangan itu, timnas Inggris memastikan lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup B.

"Saat jeda, manajer mengatakan kalau kami sudah bermain bagus tapi kami butuh lebih banyak tendangan ke gawang," kata Rashford dilansir Daily Mirror.

1. Southgate mau Inggris lebih ofensif

Taktik Jitu Southgate di Ruang Ganti yang Lambungkan InggrisSelebrasi Marcus Rashford ketika membobol gawang Wales, Rabu dini hari WIB (30/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup)

Rashford mengungkap kalau Southgate meminta para anak asuhnya untuk bisa bermain lebih ofensif. Southgate ingin timnya bisa lebih membahayakan gawang lawan di babak kedua. Terbukti, tiga gol tercipta di babak kedua yang akhirnya bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

"Kami ingin lebih menyulitkan kiper mereka dan masuk ke posisi berbahaya yang saya pikir bisa dilakukan sejak babak pertama. Pada babak kedua, kami berhasil melakukannya," kata dia.

Baca Juga: Susunan Pemain Wales vs Inggris, Phil Foden Starter

2. Eksekusi freekick brilian

Taktik Jitu Southgate di Ruang Ganti yang Lambungkan InggrisPemain Inggris, Marcus Rashford, coba mengelabui kiper Wales, Danny Ward, dalam duel pamungkas di babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Rashford mencetak gol pembuka Inggris di menit 50. Bintang Manchester United itu mencetak gol keduanya di Piala Dunia 2022 lewat tendangan bebas yang impresif dari jarak sekitar 18 meter. Sepakan kerasnya tak bisa dihalau Danny Ward.

"Sebenarnya, saya ingin mengambil tendangan bebas di babak pertama. Tetapi, pada babak kedua, posisinya lebih bagus. Saya hanya mencoba tetap tenang dan mengeksekusi apa yang telah diasah selama sesi latihan," tutur Rashford.

3. Ambisi besar Rashford

Taktik Jitu Southgate di Ruang Ganti yang Lambungkan InggrisMarcus Rashford mencetak dua gol untuk timnas Inggris di laga vs Wales babak penyisihan grup B Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Rashford memiliki ambisi besar untuk membawa Inggris melaju sejauh mungkin di Qatar. Dia menyatakan, berada di Piala Dunia merupakan impiannya sebagai pesepak bola.

"Inilah tujuan saya bermain sepak bola. Momen terbesar dan terbaik. Saya senang kami lolos ke babak selanjutnya karena saya memiliki ambisi besar untuk tim ini," ucap dia.

Baca Juga: Skenario Grup D Piala Dunia 2022, Siapa yang Temani Prancis?

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya