Comscore Tracker

Tarif Pajak dan Asuransi Dipotong, Gaji Ronaldo akan Meningkat

Gaji pemain lain ikut terdampak

Jakarta, IDN Times - Megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, akan mendapat gaji lebih besar menyusul keputusan pemerintah untuk memotong tarif tertinggi pajak dan asuransi nasional. Sebelumnya, Ronaldo merupakan pesepak bola dengan bayaran tertinggi di Premier League.

Keputusan tersebut diambil oleh pemerintah Inggris pekan lalu. Tak hanya superstar Manchester United ini yang kena dampaknya, pesepak bola lain di Premier League diyakini akan diuntungkan dengan peraturan baru ini.

1. Ronaldo bakal naik gaji

Tarif Pajak dan Asuransi Dipotong, Gaji Ronaldo akan MeningkatCristiano Ronaldo. (unitedinfocus.com)

Pemerintah Inggris melalui Perdana Menteri, Liz Truss, dan Kanselir, Kwasi Kwarteng, mengumumkan perubahan besar yang mereka buat pada aturan perpajakan Inggris Jumat lalu. Pakar keuangan sepak bola, Kieran Maguire, mengungkapkan bahwa perubahan itu akan membuat Ronaldo menerima pendapatan bersih tambahan sebesar 1,3 juta pounds per tahun.

"Gaji Cristiano Ronaldo akan meningkat sekitar 1,3 juta pounds per 12 bulan, yang merupakan jumlah uang yang banyak. Saya tidak masalah dengan jumlah gaji pesepak bola. Kita hidup di lingkungan berbasis pasar," kata Maguire dilansir Daily Mirror.

Baca Juga: Gestur Ronaldo yang Berkelas Usai Posisinya Direbut Rashford

2. Pertanyakan keputusan

Tarif Pajak dan Asuransi Dipotong, Gaji Ronaldo akan MeningkatCristiano Ronaldo. (marca.com)

Cristiano Ronaldo dipercaya menerima gaji sekitar 510 ribu pounds setelah kembali ke Old Trafford musim panas lalu. Itu setara dengan angka pendapatan kotor sebesar 26,5 juta pounds. Hampir setengah dari pendapatan itu langsung masuk ke HM Revenue and Customs, dengan Ronaldo membayar pajak sebesar 12,78 juta Pounds untuk gajinya saja. Maguire pun mempertanyakan apakah pemerintah mengambil keputusan yang tepat.

"Apakah akan berdampak positif bagi perekonomian? Ronaldo mendapat tambahan 1,3 juta pounds dan dia akan menabungnya karena dia sebelumnya sudah punya gaji yang besar. Sedangkan bagi mereka yang berpenghasilan kecil, mereka akan membelanjakannya karena tidak mampu menabung. Itu sifat distribusi pendapatan," lanjut Maguire.

3. Pemain lain juga terdampak

Tarif Pajak dan Asuransi Dipotong, Gaji Ronaldo akan MeningkatDuel Aston Villa vs Manchester City yang berakhir imbang 1-1 pada pekan keenam Premier League 2022/23. (Twitter/@premierleague)

Tarif pajak penghasilan tambahan 45 persen untuk individu yang berpenghasilan lebih dari 150 ribu pounds akan dihapuskan sebagai bagian dari revisi. Sebaliknya, tingkat 40 persen lebih tinggi akan dipertahankan untuk pendapatan lebih dari 50 ribu pounds.

Tarif dasar pajak penghasilan juga akan diturunkan dari 20 persen menjadi 19 persen pada April, dan kenaikan 1,25 persen pada asuransi nasional yang diberlakukan awal tahun ini akan dicabut pada 6 November.

Bukan hanya Ronaldo, pendapatan rata-rata pemain Premier League akan meningkat sekitar 240 ribu pounds berkat perubahan tersebut. Rata-rata pemain memiliki gaji sekitar 4 juta pounds per tahun. Para pemain tersebut membayar pajak total 1,4 miliar pounds, angka yang akan turun sebanyak 70 juta Pounds ketika perubahan tersebut menjadi undang-undang.

Baca Juga: Deretan Pesepak Bola dengan Gaji Tahunan Tertinggi pada 2021/2022

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya