Kiprah 5 Pelatih Asal Portugal di Premier League, Mourinho Terbaik!

Hanya Mourinho yang pernah meraih Premier League

Portugal tidak hanya memiliki pemain-pemain bintang yang bersinar. Negara asal dari Cristiano Ronaldo tersebut memiliki pelatih yang tidak kalah hebat dengan pemainnya. Pelatih asal Portugal yang dikenal paling sukses adalah Jose Mourinho.

Dari awal karier kepelatihan hingga saat ini, klub-klub dari Premier League merupakan tim yang paling sering Mou tangani. Melihat keberhasilan Mou di Premier League, ada beberapa tim Premier League lain yang menggunakan pelatih asal Portugal dengan harapan bisa mengulang kesuksesan Mou.

Lantas, siapa saja pelatih asal Portugal yang pernah menangani klub Premier League? Jika kamu penasaran, yuk, simak artikel berikut ini!

1. José Mourinho

Kiprah 5 Pelatih Asal Portugal di Premier League, Mourinho Terbaik!kaltim.prokal.co

Jose Mourinho pertama kali datang ke tanah Inggris setelah dirinya memenangkan Liga Champions bersama FC Porto pada tahun 2004. Chelsea merupakan klub pertamanya di Premier League.

Bersama pelatih asal Portugal tersebut, Chelsea dibawa memenangkan 2 titel Premier League, 1 FA Cup, 2 Piala Liga, dan 1 Community Shield. Lalu, pada periode keduanya bersama Chelsea pada musim 2014/2015, Mourinho kembali membawa 1 trofi Premier League dan Piala Liga.

Pada musim 2016/2017, Mourinho menangani Manchester United. Bersama MU, Mourinho berhasil meraih 1 Europa League, 1 Piala Liga, dan 1 Community Shield. Saat ini, Mourinho menangani Tottenham Hotspur dan belum memberikan gelar bagi tim asal London Utara tersebut.

Baca Juga: 11 Potret Jose Mourinho, Pelatih Nyentrik dengan Segudang Prestasi!

2. André Villas-Boas

Kiprah 5 Pelatih Asal Portugal di Premier League, Mourinho Terbaik!football.london

Saat awal kedatangannya di Stamford Bridge pada awal musim 2011/2012, Andre Villas-Boas disebut-sebut sebagai The Next Mourinho. Pasalnya, Villas-Boas merupakan staf pelatih Mourinho saat di Porto, Chelsea, serta Inter dan telah sukses membawa Porto menjuarai Europa League.

Berharap menjadi suksesor Mourinho, Villas-Boas malah dipecat pada bulan Maret di musim pertamanya. Dirinya dipecat pascakekalahan Chelsea dari Napoli dengan skor 3-1 dalam babak 16 Liga Champions. Padahal, di musim yang sama, Roberto Di Matteo sebagai penggantinya dapat membawa Chelsea juara Liga Champions untuk pertama kalinya.

Di musim selanjutnya, Villas-Boas kembali melatih klub Premier League lainnya, Tottenham Hotspur. Musim pertamanya tidak terlalu mengecewakan dengan membawa Tottenham di peringkat ke-5. Namun, musim keduanya berjalan buruk dan dipecat pada bulan Desember.

Kini Villas-Boas tengah berstatus tanpa klub setelah meninggalkan Marseille pada awal Februari ini karena performa Marseille yang menurun drastis.

3. Marco Silva

Kiprah 5 Pelatih Asal Portugal di Premier League, Mourinho Terbaik!football365.com

Selama karier kepelatihannya, Marco Silva hanya melatih klub-klub medioker di tanah Inggris. Tercatat ada 3 klub Premier League yang telah ditangani Silva. Bisa dibilang semuanya tidak ada yang berhasil dan tidak ada yang bertahan lama.

Klub pertama yang dilatihnya adalah Hull pada musim 2016/2017. Klub promosi tersebut harus dibuat kembali degradasi oleh Marco Silva. Musim selanjutnya, Marco Silva melatih Watford dan membuat The Hornets tetap menjadi penghuni papan bawah.

Akhirnya pada musim 2018/2019, Marco Silva menukangi Everton. Musim pertamanya berjalan baik dengan membawa Everton berada di posisi ke-8. Namun, di musim keduanya performa Everton jatuh bebas dan terjebak di zona degradasi pada pekan ke-15.

Karena hasil buruk tersebut, Marco Silva dipecat. Hingga saat ini, dirinya belum menangani klub apapun pascameninggalkan Everton.

4. Carlos Carvalhal

Kiprah 5 Pelatih Asal Portugal di Premier League, Mourinho Terbaik!premierleague.com

Di antara seluruh pelatih asal Portugal yang menangani klub Premier League, Carlos Carvalhal adalah yang paling singkat masa baktinya. Carvalhal hanya melatih Swansea City di kasta teratas Inggris tersebut.

Datang pada pertengahan musim 2017/2018, Carvalhal memiliki misi untuk membawa Swansea naik dari zona degradasi. Namun, Carvalhal gagal dan membuat Swansea terdegradasi. Buntut dari hal tersebut, Carvahal juga kehilangan pekerjaannya bersama Swansea.

Saat ini, Carvalhal tengah menikmati periode terbaiknya sebagai pelatih bersama Braga yang kini tengah berada di posisi ke-3 klasemen sementara.

5. Nuno Espírito Santo

Kiprah 5 Pelatih Asal Portugal di Premier League, Mourinho Terbaik!satupedia.com

Berbeda dengan para pelatih sebelumnya yang mulai menangani tim Inggris saat di kasta teratas, Nuno Espirito Santo mulai melatih Wolves sejak berada di divisi kedua. Dia dapat membawa Wolves promosi dengan mulus bersama tim aroma Portugal.

Kini, terhitung sudah 3 musim Nuno melatih Wolves dan beberapa kali mengganggu dominasi tim-tim papan atas. Saat ini Wolves masih tertahan di papan tengah.

 

Itulah para pelatih asal Portugal yang pernah melatih klub Premier League. Sejauh ini, hanya Jose Mourinho yang berhasil merengkuh titel Premier League. Siapa pelatih asal Portugal dalam daftar ini yang menjadi favorit kalian? Yuk, komentar di bawah!

Baca Juga: Wolverhampton, Mini Portugal di Liga Inggris

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya