Comscore Tracker

Kisah Son Heung-Min, Putus Sekolah Demi Mengejar Karier di Eropa!

Dari putus sekolah hingga menjadi pemain terbaik Asia

Son Heung-Min merupakan pesepak bola dari benua Asia yang paling populer saat ini. Walaupun belum memiliki gelar yang bergengsi, ketajaman serta kemampuan Son tak perlu diragukan lagi. Kini, Son merupakan pemain Asia dengan catatan gol tertinggi di Eropa.

Perjalanan karier sepak bola dari pemain yang berusia 28 tahun tersebut tidaklah mudah untuk mencapai level seperti sekarang. Lantas, bagaimana kisah perjalanan karier dari Son Heung-Min? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

1. Putus sekolah demi sepak bola

Kisah Son Heung-Min, Putus Sekolah Demi Mengejar Karier di Eropa!bbc.com

Masa kecil Son dihabiskan sebagian besar di Selandia Baru sampai berusia 9 tahun. Lalu kembali ke Korea Selatan untuk kembali bersekolah. Namun, Son menjalani pendidikan formal hanya sampai sekolah menengah saja.

Dia memutuskan untuk fokus pada sepak bola dan bergabung dengan Akademi FC Seoul. Hal tersebut didukung oleh ayahnya yang seorang mantan pemain sepak bola juga yaitu, Son Woong-jung.

2. Hijrah ke Jerman di usia 16 tahun

Kisah Son Heung-Min, Putus Sekolah Demi Mengejar Karier di Eropa!eurosport.com

Pada tahun 2008 tepatnya saat Son berusia 16 tahun, dia bergabung dengan akademi Hamburg SV dan harus hijrah ke Jerman. Tak butuh lama bagi Son untuk menembus tim utama, 2 tahun kemudian dia melakukan debut di tim utama melawan Frankfurt pada ajang DFB Pokal.

Son menjalani karier di Volksparkstadion hanya selama 3 musim saja. Dalam jangka waktu tersebut, Son mencetak 20 gol dan 3 assist dalam 78 pertandingan.

Baca Juga: Dari Son Heung Min Hingga Hiroki Sakai, 5 Pemain Asia Terbaik Saat Ini

3. Pemain termahal yang dibeli Leverkusen

Kisah Son Heung-Min, Putus Sekolah Demi Mengejar Karier di Eropa!bundesliga.com

Penampilan impresif Son bersama Hamburg membuat salah satu klub besar Bundesliga kepincut. Klub tersebut adalah Bayer Leverkusen. Pada bursa transfer musim panas 2013/14, Son didatangkan oleh Leverkusen dengan mahar 10 juta euro atau sebesar Rp169 miliar.

Pembelian tersebut menjadi pembelian termahal Leverkusen pada saat itu. Dengan ekspektasi publik yang pastinya sangat besar bagi Son, dia benar-benar memberikan seluruh kemampuan yang dimilikinya.

Selama 2 musim berkostum Leverkusen, Son mencetak 29 gol dan 11 assist dalam 87 pertandingan di seluruh kompetisi.

4. Menjadi pemain Asia termahal saat bergabung dengan Tottenham

Kisah Son Heung-Min, Putus Sekolah Demi Mengejar Karier di Eropa!premierleague.com

Son yang tampil gemilang bersama Leverkusen tak luput dari incaran klub-klub besar Eropa. Diantaranya adalah Borussia Dortmund dan Tottenham Hotspur. Pada akhirnya, klub asal Inggris lah yang berhasil mendatangkan Son dengan mahar 30 juta euro atau sebesar RP507 miliar.

Harga tersebut menjadikan Son sebagai pemain Asia termahal dalam sejarah. Mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Hidetoshi Nakata dengan 25 juta euro atau sebesar Rp244 miliar saat kepindahannya dari AS Roma ke Parma.

Penampilan Son bersama Tottenham semakin tajam dari musim ke musim. Hingga saat ini, Son sudah mencetak 102 gol dan 59 assist dalam 262 pertandingan. Bahkan, golnya yang dicetak ke gawang Burnley dengan solo run berbuah Puskas Awards.

5. Tidak perlu mengikuti wajib militer karena prestasi

Kisah Son Heung-Min, Putus Sekolah Demi Mengejar Karier di Eropa!goal.com

Walaupun karier Son gemilang bersama klub, dirinya tidak pernah menyumbang gelar apa pun bagi klub yang dibelanya. Hal ini menjadi catatan minor dalam karier Son. Namun bagi negaranya, Son berhasil mengharumkan negaranya dengan memenangkan Asian Games 2018.

Berkat menjuarai ajang tersebut yang kebetulan saat itu berlangsung di Indonesia, Son bersama rekan-rekannya yang lain mendapat keistimewaan untuk tidak mengikuti wajib militer di Korea Selatan.

Kisah Son Heung-Min sangat menginspirasi banyak orang. Walaupun pada awalnya putus sekolah, namun dia benar-benar mengejar mimpinya hingga melintasi benua. Kini Son merupakan aset terbesar yang dimiliki benua Asia di dunia si kulit bundar.

Baca Juga: Gol Solo Run Miliknya Raih Puskas Award, Seberapa Cepat Son Heung-min?

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya