Comscore Tracker

Mengenal The Yellow Wall, Suporter Paling Totalitas di Jerman!

The Yellow Wall menjadi amunisi tambahan bagi Dortmund

Suporter tak hanya sekadar menjadi penonton saja saat berada di stadion. Bagi para suporter fanatik, mereka bisa melakukan apa saja untuk mendukung tim kesayangannya untuk meraih kemenangan.

Tak jarang, aksi-aksi seperti meneriakkan chants, menampilkan koreografi, hingga membuat mosaik yang unik dapat membangkitkan semangat tim,  dan bahkan tak jarang dapat meruntuhkan mental lawan.

Di Jerman, terdapat suporter yang sangat totalitas dalam mendukung timnya. Para fans tersebut menamai diri mereka The Yellow Wall yang tak lain adalah suporter dari Borussia Dortmund.

Sejauh mana kamu mengenal The Yellow Wall yang menjadi suporter yang paling loyalitas di Jerman? Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih jauh, simak artikel berikut ini!

1. Tribun The Yellow Wall pertama kali rampung pada 1999

Mengenal The Yellow Wall, Suporter Paling Totalitas di Jerman!beinsports.com

Bagian selatan dari Signal Iduna Park menjadi tempat bagi The Yellow Wall berkreasi sekaligus mendukung Dortmund. Tribun yang berkapasitas 25.000 orang tersebut menjadi tribun berdiri terbesar di Eropa.

Tribun selatan yang sekaligus menjadi pondasi bagi The Yellow Wall tersebut diresmikan sejak 1999 setelah beberapa kali melalui tahap renovasi yang berulang.

2. Selalu menyuguhkan koreografi serta mosaik yang memanjakan mata

Mengenal The Yellow Wall, Suporter Paling Totalitas di Jerman!ghanasoccernet.com

Apa yang membuat The Yellow Wall menjadi suporter yang paling totalitas, bisa dilihat dari rangkaian koreografi serta mosaik yang istimewa. Setiap pertandingan yang dilalui, mosaik yang dihadirkan selalu berbeda dan memiliki keunikan tersendiri.

Maka tak heran, jika hasil mosaik dari The Yellow Wall yang selalu menarik perhatian tersebut sering kali menjadi headline di media-media besar.

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Borussia Dortmund, Siapa Saja?

3. Tidak hanya sebagai pendukung, namun juga menjadi 'nyawa' bagi Dortmund

Mengenal The Yellow Wall, Suporter Paling Totalitas di Jerman!worldfootball.net

Di Jerman, adanya regulasi kepemilikan klub 50+1 membuat suporter memiliki andil dalam kebijakan klub. Maka dari itu, The Yellow Wall menjadi garda terdepan dalam menyuarakan sesuatu.

Para pemain dari Dortmund juga sangat menghargai kehadiran dari para suporter tersebut. Tak jarang setelah pertandingan, para pemain Dortmund sering kali memberikan penghormatan pada para suporternya karena The Yellow Wall bagaikan nyawa bagi Dortmund.

4. Tak jarang membuat mental tim lawan jatuh

Mengenal The Yellow Wall, Suporter Paling Totalitas di Jerman!egypttoday.com

Suporter yang fanatik pastinya melakukan apa saja untuk mendukung tim kesayangannya. Salah satu yang paling mudah dan sering dilakukan adalah menyerukan chants yang dapat membangkitkan semangat para pemain.

Namun, tak jarang chants tersebut dapat meruntuhkan mental tm lawan. The Yellow Wall merupakan salah satu suporter yang paling kompak di Jerman. Bahkan Bastian Schweinsteiger, mantan pemain Bayern Munchen, pernah mengatakan bahwa saat menghadapi Dortmund, yang paling dia takuti adalah saat berhadapan dengan The Yellow Wall.

5. Menjadi stadion dengan atmosfer terbaik di dunia

Mengenal The Yellow Wall, Suporter Paling Totalitas di Jerman!ronaldo.com

The Yellow Wall memebrikan seaglanya untuk mendukung Dortmund di atas lapangan. Bahkan, The Times memberikan gelar 'Stadion dengan Atmosfer Terbaik di Dunia' karena melihat antusias yang begitu besar dari para suporter, yang menciptakan suasana memberi semangat bagi tim tuan rumah sedangkan mengintimidasi bagi tim tamu.

 

Itulah The Yellow Wall yang bisa dibilang sebagai nyawa bagi Dortmund. Tanpa para fans yang mendukung di belakangnya, sebuah tim sepak bola tidak akan menjadi besar hingga sekarang.

Baca Juga: 6 Pemain Sepak Bola yang 'Balik Kucing' ke Borussia Dortmund

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya