Comscore Tracker

5 Pelatih Non-Italia Terakhir yang Menjuarai Serie A Italia!

Juara Serie A selalu didominasi oleh pelatih lokal

Dalam 10 musim terakhir, pelatih yang menjuarai Serie A selalu saja pelatih lokal asal Italia. Sangat jarang pelatih asing yang dapat membawa timnya meraih scudetto. Pada musim ini saja, tiga calon kuat untuk juara yaitu AC Milan, inter Milan, dan Juventus juga dilatih oleh pelatih lokal.

Terakhir kali pelatih asing yang membawa klub Serie A juara liga adalah Jose Mourinho pada 2009/10. Saat itu, The Special One meraih treble untuk Inter. Musim ini, hanya ada tiga pelatih asing dan hanya Paulo Fonseca yang berada di papan atas karena melatih AS Roma.

Lantas, siapa saja pelatih asing non-Italia terakhir yang berhasil menjuarai Serie A? Jika kamu penasaran, simak artikel berikut ini, yuk!

1. Jose Mourinho

5 Pelatih Non-Italia Terakhir yang Menjuarai Serie A Italia!indosport.com

Pelatih asing yang terakhir kali meraih scudetto adalah Jose Mourinho. Mourinho hanya dua musim melatih Inter, dan juga berhasil menjuarai Serie A dalam dua musim tersebut. Pelatih asal Portugal tersebut bahkan meraih treble di musim keduanya.

Musim 2009/10 menjadi musim terakhir Mourinho melatih Inter, sekaligus pelatih asing yang sukses di Italia. Mourinho juga menjadi pelatih terakhir yang membawa Inter menjadi jawara Serie A.

2. Sven-Göran Eriksson

5 Pelatih Non-Italia Terakhir yang Menjuarai Serie A Italia!thelaziali.com

Untuk melihat siapa lagi pelatih asing yang dapat meraih scudetto sebelum Mourinho, kita harus mundur jauh satu dekade ke belakang tepatnya pada musim 1999/00. Saat itu, Lazio yang dilatih Sven-Göran Eriksson unggul 1 poin dari Juventus yang berada di belakangnya.

Pelatih asal Swedia tersebut mampu meredam ego para pemain bintang agar dapat bermain kompak. Lazio memang diperkuat oleh pemain-pemain kelas dunia saat itu, seperti Pavel Nedved, Juan Sebastian Veron, hingga Marcelo Salas.

Baca Juga: 5 Pelatih Termuda yang Saat Ini Menangani Klub Serie A, Termasuk Pirlo

3. Vujadin Boskov

5 Pelatih Non-Italia Terakhir yang Menjuarai Serie A Italia!cultofcalcio.com

Sepertinya, pelatih asing yang dapat membawa klub Italia meraih scudetto hanya ada satu setiap dekadenya. Mundur lagi pada musim 1990/91, pelatih asal Serbia yaitu Vujadin Boskov, mampu membawa Sampdoria meraih titel Serie A.

Hal tersebut juga menjadi satu-satunya titel Serie A yang diraih oleh Sampdoria selama klub tersebut berdiri. Di bawah asuhan Boskov, Sampdoria unggul 5 poin di atas AC Milan yang berada di posisi kedua. Roberto Mancini dan Gianluca Vialli menjadi pemain kunci pada saat itu.

4. Nils Liedholm

5 Pelatih Non-Italia Terakhir yang Menjuarai Serie A Italia!siamolaroma.it

Nils Liedholm merupakan legenda AC Milan di era 1950-an. Setelah pensiun, dirinya memutuskan menjadi pelatih dan telah beberapa kali melatih klub-klub Serie A. Pelatih berkebangsaan Swedia tersebut telah meraih 2 scudetto bersama Milan dan Roma.

Dengan Milan, Liedholm meraih scudetto pada musim 1978/79. Sedangkan bersama Roma, dirinya membawa klub ibu kota tersebut menjadi juara Serie A pada 1982/83.

5. Cestmir Vycpalek

5 Pelatih Non-Italia Terakhir yang Menjuarai Serie A Italia!wikimedia.org

Cestmir Vycpalek merupakan pelatih asal Republik Ceko yang menghabiskan seluruh karier kepelatihannya di Italia. Bersama Juventus, dirinya berhasil meraih 2 titel Serie A pada musim 1972/73 dan 1973/74.

Saat itu, Pietro Anastasi menjadi tumpuan Vycpalek di lini depan. Setelah meraih scudetto terakhirnya, Vycpalek memutuskan pensiun sebagai pelatih.

 

Itulah para pelatih asing terakhir yang dapat menjuarai Serie A. Hampir satu dekade sekali pelatih asing yang dapat meraih scudetto. Siapa pelatih asing selanjutnya yang dapat membawa klub Serie A menjadi juara liga? Yuk, tulis prediksimu di bawah!

Baca Juga: 8 Pelatih Klub Serie A dengan Bayaran Tertinggi di Musim 2020/2021

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya