7 Pemain Pemenang Piala Dunia 1998 yang Berkarier Menjadi Pelatih

Sebagian besar sukses meraih banyak gelar

Kiprah Timnas Prancis pada Piala Dunia 1998 sangat perkasa dengan tidak pernah mengalami hasil seri ataupun kekalahan sepanjang turnamen. Bahkan, di partai final tim sekelas Brasil dihajar dengan skor 3-0.

Kini, skuad Prancis yang legendaris tersebut seluruh pemainnya sudah pensiun. Beberapa ada yang melanjutkan karier sebagai pelatih. Sebagian besar dari mereka bahkan sukses dan sedang menikmati masa-masa indah sebagai pelatih.

Lantas, siapa saja pemain yang tergabung dalam skuad pemenang Piala Dunia 1998 yang melanjutkan karier sebagai pelatih? Jika kamu penasaran, yuk, simak artikel berikut ini!

1. Bernard Lama

7 Pemain Pemenang Piala Dunia 1998 yang Berkarier Menjadi Pelatihparisfans.fr

Saat Piala Dunia 1998, Bernard Lama menjadi kiper ketiga Prancis di belakang Fabien Barthez dan Lionel Charbonnier. Dirinya juga menjadi pemain yang paling tua saat itu, yakni 34 tahun.

Pascapensiun pada tahun 2001 bersama Stade Rennais, Lama memutuskan menjadi pelatih timnas Kenya pada tahun 2006. Namun, kiprahnya sebagai pelatih Kenya tidak lama karena hanya melatih selama 2 bulan saja.

2. Laurent Blanc

7 Pemain Pemenang Piala Dunia 1998 yang Berkarier Menjadi Pelatihjibeop.com

Laurent Blanc merupakan bek tangguh yang membuat pertahanan Prancis sangat kokoh saat Piala Dunia 1998. Saat Blanc bermain, Prancis hanya kebobolan 1 kali saja, yaitu pada semifinal melawan Kroasia.

Setelah pensiun bersama Manchester United pada tahun 2004 lalu, Blanc memutuskan menjadi pelatih dan memulai debut kepelatihannya bersama Bordeaux pada musim 2007/2008. Hebatnya, pada musim kedua melatih Bordeaux, Blanc berhasil memenangkan Ligue 1 sekaligus mematahkan dominasi Lyon yang telah juara selama 7 musim beruntun.

Pasca-Piala Dunia 2010, Blanc sempat menukangi Timnas Prancis. Namun sayang, kegagalannya di Euro 2012 yang hanya membawa Prancis sampai babak 8 besar membuat posisinya harus lengser.

Blanc mencapai puncak tertinggi kariernya saat melatih Paris Saint-Germain yang saat itu baru saja diakuisisi oleh Nasser Al-Khelaifi. Alhasil, 3 titel Ligue 1 diraih secara beruntun. Saat ini, Blanc tengah melatih klub asal Qatar, Al-Rayyan SC.

Baca Juga: 5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah Ligue 1, Laurent Blanc Salah Satunya

3. Didier Deschamps

7 Pemain Pemenang Piala Dunia 1998 yang Berkarier Menjadi Pelatihthestatesman.com

Didier Deschamps merupakan gelandang jangkar yang sangat disegani pada masanya. Dirinya pensiun pada 2001 bersama Valencia. Tidak butuh lama, di tahun yang sama dia pensiun, Descamps langsung melanjutkan untuk menjadi pelatih AS Monaco.

Walaupun bersama Monaco Deschamps hanya meraih 1 Piala Perancis, pada musim 2003/2004 dirinya berhasil membawa Monaco mencapai final Liga Champions sebelum dikalahkan oleh Porto yang saat itu dilatih oleh Jose Mourinho.

Deschamps sempat 1 musim melatih Juventus saat berkutat di Serie B karena kasus Calciopoli. Setelah itu, pada musim 2009/2010 Deschamps kembali ke Perancis untuk melatih Marseille. Bersama Marseille, Deschamps berhasil meraih 1 titel Ligue 1, 3 Piala Prancis, dan 2 Piala Super Prancis.

Berkat prestasinya bersama Marseille, pasca-Euro 2012, Deschamps ditunjuk sebagai pelatih Timnas Prancis menggantikan Blanc. Pada tahun 2016 Deschamps membawa Prancis hingga final Euro sebelum dikalahkan oleh Portugal. Pada Piala Dunia 2018, Deschamps berhasil membawa Piala Dunia kedua bagi tanah kelahirannya.

4. Bernard Diomède

7 Pemain Pemenang Piala Dunia 1998 yang Berkarier Menjadi Pelatihlanouvellerepublique.fr

Nama Bernard Diomède mungkin adalah nama yang paling asing dalam daftar ini. Kiprahnya bersama Timnas Prancis pun hanya sampai Piala Dunia 1998 karena setelah ajang tersebut dirinya tak pernah dipanggil lagi.

Selama menjadi pemain, klub besar yang pernah dibela olehnya adalah Liverpool. Namun, bersama The Reds dia hanya bermain sebanyak 5 kali. AJ Auxerre adalah tim yang paling lama dibela oleh Diomède, yaitu selama 8 musim.

Pensiun pada 2006, Diomède lama tidak bersinggungan dengan dunia sepak bola. Hingga akhirnya pada tahun 2015 Diomède ditunjuk sebagai pelatih timnas muda Prancis. Sampai saat ini, Diomède  masih tetap menjadi pelatih timnas U-20 Prancis.

5. Patrick Vieira

7 Pemain Pemenang Piala Dunia 1998 yang Berkarier Menjadi Pelatihindianexpress.com

Perjalanan karier dari Patrick Vieira sebagai pemain sudah tidak diragukan lagi. Baik di level klub bersama Arsenal dan Inter Milan maupun di Timnas Prancis, Vieira merupakan sosok penting yang dapat mengantarkan timnya memenangkan berbagai gelar.

Namun, hal tersebut tidak berbanding lurus saat dirinya menjadi pelatih. Mulai pada tahun 2013, Vieira mulai melatih tim muda Manchester City. Tiga tahun kemudian, Vieira melatih New York FC. Vieira sukses mengantar New York FC menduduki papan atas selama 3 musim.

Lalu, pada msuim 2018/2019, Vieira melatih klub Prancis, Nice. Pada 2 musim awal, Vieira dapat membawa Nice berada di papan atas, namun musim ketiga sangat buruk dan berujung dengan pemecatan. Kini Vieira sedang tak terikat dengan klub mana pun.

6. Zinedine Zidane

7 Pemain Pemenang Piala Dunia 1998 yang Berkarier Menjadi Pelatihskysports.com

Zinedine Zidane merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki oleh Prancis. Sudah banyak gelar yang dia raih bersama timnas dan klub yang dibelanya. Bahkan, di tahun yang sama dengan Prancis memenangkan Piala Dunia, Zidane meraih Ballon d'Or.

Saat menjadi pelatih, Zidane tak henti-hentinya meraih prestasi. Walaupun baru 1 klub yang dilatihnya, yaitu Real Madrid, Zidane berhasil meraih 3 titel Liga Champions secara berturut-turut serta 2 kali menjadi pelatih terbaik versi FIFA.

7. Thierry Henry

7 Pemain Pemenang Piala Dunia 1998 yang Berkarier Menjadi Pelatihligalaga.id

Saat masih menjadi pemain, Thierry Henry merupakan salah satu penyerang tertajam di Eropa. Henry pensiun pada tahun 2015 setelah membela New York Red Bulls selama 3 musim dan memutuskan menjadi pelatih tim muda Arsenal.

Setelah itu Henry mendapatkan kesempatan menjadi asisten pelatih Timnas Belgia di bawah Roberto Martinez yang berhasil menjadi Juara ke-3 Piala Dunia 2018. Lalu, setelah perhelatan Piala Dunia dia menjadi pelatih di Monaco, namun gagal total.

Kini, Henry baru saja mundur dari kursi kepelatihan di Montreal karena alasan keluarga. Kiprah Henry bersama Montreal pun bisa dibilang tidak terlalu bagus.

 

Itulah para pemain pemenang Piala Dunia 1998 yang melanjutkan karier sebagai pelatih. Beberapa di antara mereka ada yang sukses di level klub, bahkan ada yang menjuarai piala dunia kembali bersama Timnas Prancis seperti Deschamps. Siapa pelatih yang menjadi favoritmu dalam daftar ini? Yuk, komen di bawah!

Baca Juga: 5 Pemain Top Asal Prancis yang Sukses Bermain bersama Real Madrid

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya