5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah Ligue 1, Laurent Blanc Salah Satunya

Ada yang berhasil meraih 9 gelar Ligue 1, lho!

Ligue 1 merupakan salah satu kompetisi terbaik di Eropa. Meski tak setenar Premier League, Ligue 1 tetap memiliki daya tarik tersendiri. Dalam beberapa musim terakhir, kompetisi tertinggi di Prancis itu memang sering kali mendatangkan pemain dengan harga mahal, khususnya Paris Saint-Germain. Hal tersebut tentu membuat Ligue 1 semakin digemari pencinta sepak bola.

Dalam sejarahnya, Ligue 1 memiliki deretan pelatih top yang sukses mengantarkan timnya meraih juara. Berikut ini 5 pelatih tersukses dalam sejarah Ligue 1.

Baca Juga: 7 Pemain Prancis dengan Gol Terbanyak di Premier League, Ada Giroud!

1. Albert Batteux – 9 Trofi

5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah Ligue 1, Laurent Blanc Salah Satunyaasse.fr

Albert Batteux merupakan pelatih paling sukses dalam sejarah Ligue 1. Pria asal Prancis ini berhasil memenangi gelar Ligue 1 sebanyak 9 kali. Ia meraihnya bersama Stade Reims (5 kali) dan AS Saint-Etienne (4 kali).

Bahkan, saat bersama Saint-Etienne, Batteux meraih 4 gelar Ligue 1 selama 4 musim berturut-turut dari tahun 1966 hingga 1970. Gaya permainan sang pelatih adalah mengandalkan umpan-umpan pendek seperti halnya Johan Cruyff dan Pep Guardiola.

2. Lucien Leduc – 4 Trofi

5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah Ligue 1, Laurent Blanc Salah Satunyaasmonaco.com

Selama berkarier di Ligue 1, Lucien Leduc sudah melatih sejumlah klub top di Prancis. Ia berhasil mempersembahkan gelar saat menukangi AS Monaco dan Marseille. Leduc meraih gelar pertamanya di Ligue 1 bersama AS Monaco pada musim 1960/1961. Dua tahun kemudian, sang pelatih berhasil lagi membawa timnya tersebut meraih gelar juara.

Setelah meninggalkan AS Monaco, Leduc menukangi sejumlah tim sebelum akhirnya menangani Marseille pada tahun 1970. Di musim debutnya bersama Marseille, ia sukses mengantarkan klubnya itu memenangi gelar Ligue 1. Hanya semusim melatih Marseille, Leduc kemudian berganti klub dan akhirnya ke AS Monaco lagi. Pada musim 1977/1978, pelatih asal Prancis itu kembali membawa Monaco juara Ligue 1.

3. Robert Herbin – 4 Trofi

5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah Ligue 1, Laurent Blanc Salah Satunyabeinsports.com

Pada era '70-an, Robert Herbin merupakan salah satu pelatih tersukses di Ligue 1. Ia berhasil meraih gelar Ligue 1 sebanyak 4 kali hanya dengan satu klub saja yaitu AS Saint-Etienne. Keempat gelar itu diraih Herbin pada musim 1973/1974, 1974/1975, 1975/1976, dan 1980/1981.

Tak hanya itu, ia juga berhasil mempersembahkan klubnya tersebut gelar juara Piala Prancis dalam 3 musim yang berbeda. Setelah sangat sukses dengan Saint-Etienne, Herbin kemudian melanjutkan karier kepelatihannya ke sejumlah klub Prancis lainnya seperti Olympique Lyon, RC Strasbourg Alsace, dan AS Red Star 93. Sayangnya, ia tak mampu lagi meraih gelar juara bersama klub-klub itu.

4. Laurent Blanc – 4 Trofi

5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah Ligue 1, Laurent Blanc Salah Satunyagoal.com

Pelatih yang satu ini tentu tidak asing bagi pencinta sepak bola saat ini. Pasalnya, Laurent Blanc tergolong sebagai sosok pelatih modern yang memulai karier kepelatihannya pada tahun 2007. Awalnya, pelatih berusia 55 tahun itu melatih Bordeaux selama 3 musim. Ia sukses memenangi 4 trofi, termasuk 1 gelar Ligue 1.

Karier Blanc semakin melesat saat menangani Paris Saint-Germain. Bersama klub ibu kota itu, sang pelatih berhasil meraih 11 trofi, termasuk 3 gelar Ligue 1. Meski berjaya di liga domestik, PSG melempem di kompetisi Eropa. Walau demikian, Blanc tetap dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki PSG.

5. Gerard Houllier – 3 Trofi

5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah Ligue 1, Laurent Blanc Salah Satunyaskysports.com

Pelatih terakhir yang berada di daftar ini adalah Gerard Houllier. Pelatih asal Prancis ini meraih gelar Ligue 1 pertama kali saat menukangi Paris Saint-Germain pada musim 1985/1986. Setelah menunggu waktu selama 2 dekade, ia sukses kembali memenangi gelar tertinggi di kompetisi Prancis itu.

Houllier kali ini sudah berganti klub dan menangani Olympique Lyon. Ia berhasil meraih gelar Ligue 1 selama 2 tahun berturut-turut pada musim 2005/2006 dan 2006/2007. Sayangnya, perselisihan Houllier dan presiden klub membuatnya keluar dari Lyon pada tahun 2007.

 

Dari kelima nama tersebut, kini hanya menyisakan Blanc yang masih aktif melatih. Siapa pelatih favoritmu?

Baca Juga: Salip PSG di Klasemen, Ini 5 Sosok Kunci Lyon Musim Ini

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya