5 Pesepak Bola Swedia yang Berkiprah di Premier League musim 2021/2022

Wonderkid Manchester United masuk dalam daftar!

Premier League merupakan kompetisi teratas Liga Inggris yang selalu dihuni oleh pemain bintang di setiap klubnya. Selain pemain asal Inggris, setiap tim pastinya dihuni oleh pemain yang berkebangsaan dari berbagai negara, salah satunya Swedia.

Swedia merupakan salah satu negara di Eropa yang pemainnya berkarier di Premier League. Musim ini setidaknya terdapat lima pemain berkebangsaan Swedia yang melanjutkan kariernya dengan bergabung tim liga Inggris. Berikut 5 pesepak bola Swedia yang berkiprah di Premier League 2021/2022.

1. Victor Lindelof (Manchester United)

5 Pesepak Bola Swedia yang Berkiprah di Premier League musim 2021/2022potret Victor Lindelof (instagram.com/victorlindelof)

Victor Lindelof merupakan pemain berkebangsaan Swedia yang kini memperkuat Manchester United. Lindelof memulai kariernya demgan bergabung dengan klub asal Swedia, Vasteras SK. Namun, Lindelof tidak bertahan lama di klub asal Swedia tersebut dan memutuskan untuk pindah ke Benfica pada 2011 lalu. 

Performanya semakin berkembang ketika Lindelof memperkuat Benfica hingga akhirnya Manchester United mendatangkannya ke Old Trafford pada 2017 lalu. Ia ditebus dengan mahar 35 juta euro atau senilai Rp570 miliar. Kini ia menjadi andalan The Reds di lini pertahanan.

2. Robin Olsen (Aston Villa)

5 Pesepak Bola Swedia yang Berkiprah di Premier League musim 2021/2022potret Robin Olsen (instagram.com/robinolsen25)

Robin Olsen merupakan pemain yang dipinjam Aston Villa dari AS Roma pada bursa transfer musim dingin kemarin. Sebelum bergabung Aston Villa, Olsen sempat dipinjamkan terlebih dahulu ke klub asal Inggris lainnya, seperti Everton dan Shefield United. 

Robin Olsen merupakan kiper pilihan kedua tim asuhan Steven Gerrard tersebut. Ia kalah bersaing dengan kiper asal Argentina, Emiliano Martinez. Olsen telah membela Timnas Swedia sejak 2015 silam. Ia berstatus sebagai kiper utama Swedia dan ikut serta saat Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2020 lalu.

Baca Juga: 9 Fakta Jacob Ramsey, Bakat Muda Potensial Milik Aston Villa

3. Dejan Kulusevski (Tottenham Hotspur)

5 Pesepak Bola Swedia yang Berkiprah di Premier League musim 2021/2022potret Dejan Kulusevski (instagram.com/spursofficial)

Dejan Kulusevski merupakan pemain anyar yang dimiliki Tottenham Hotspur. Berstatus sebagain pemain pinjaman, Kulusevski didatangkan Tottenham dari Juventus dan akan bertahan hingga 2023 mendatang.

Pemain berusia 21 tahun ini menjadi andalan Juventus hingga memenangi gelar bersama Juventus. Namun, posisinya tergeser karena Juventus mendatangkan penyerang muda asal Fiorentina, Dusan Vlahovic. Akhirnya Kulusevski memutuskan untuk bergabung dengan Spurs untuk mendapatkan menit bermain yang banyak.

4. Emil Krafth (Newcastle United)

5 Pesepak Bola Swedia yang Berkiprah di Premier League musim 2021/2022potret Emil Krafth (instagram.com/emilkrafth)

Emil Kraft merupakan pemain berkebangsaan Swedia lainnya yang kini berkiprah di Premier League musim ini. Pemain yang berposisi sebagai bek ini didatangkan Newcastle United sejak 2019 lalu. 

Sebelum bergabung dengan Newcastle, Kraft memperkuat klub asal Prancis, Amiens SC. Ia juga pernah memperkuat tim asal Italia, Bologna, sejak 2015. Kontraknya bersama Newcastle United akan berakhir pada 2023 mendatang.

5. Anthony Elanga (Manchester United)

5 Pesepak Bola Swedia yang Berkiprah di Premier League musim 2021/2022potret Anthony Elanga (instagram.com/anthonyelanga)

Terakhir, ada wonderkid milik Manchester United, Anthony Elanga. Elanga merupakan produk asli akademi Manchester United yang kini sering dimainkan di tim senior Manchester United. Ia melakukan debut profesionalnya pada pertandingan kompetitif saat Manchester United melawan Leicester City pada 11 Mei 2021.

Musim ini, pemain berusia 19 tahun ini lebih banyak mendapatkan waktu bermain dengan tim asuhan Ralf Rangnick. Tercatat, ia sudah mengoleksi 2 gol dari 9 pertandingannya bersama Manchester United musim ini. Bersama Timnas Swedia, Elanga sudah mewakili Timnas Swedia di level junior. Namun, ia belum mendapatkan panggilan pertamanya di timnas senior. 

 

Kelima pemain diatas merupakan pemain berkebangsaan Swedia yang berkiprah di Premier League musim 2021/2022. Akankah di musim yang akan datang semakin banyak talenta Swedia yang bermain di Premier League?

Baca Juga: 10 Fakta Anthony Elanga, Bintang Masa Depan Manchester United

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya