5 Gelandang yang Direkrut Mahal oleh Liverpool Sepanjang Sejarah

Dominik Szoboszlai masuk dalam daftar!

Liverpool banyak melakukan perombakan pada musim panas 2023. Banyak pemain yang dilepas Liverpool pada musim panas 2023. Tak hanya itu, Mereka terbilang cukup aktif dalam mendatangkan penggawa baru ke Anfield Stadium.

Liverpool baru saja meresmikan gelandang anyar, Dominik Szboszlai. Kedatangan sang pemain membutuhkan dana besar. Nilai transfernya membuat namanya masuk dalam daftar  pembelian termahal Liverpool sepanjang sejarah. Berikut lima gelandang termahal yang pernah dibeli Liverpool. 

1. Alex Oxlade-Chamberlain

5 Gelandang yang Direkrut Mahal oleh Liverpool Sepanjang SejarahAlex Oxlade-Chamberlain (liverpoolfc.com)

Setelah menunjukkan performa apik di Arsenal, Liverpool mendatangkan Alex Oxlade-Chamberlain. Hal tersebut terjadi pada musim panas 2017. Pemain berkebangsaan Inggris ini ditebus dengan biaya 40 juta euro atau Rp660 miliar.

Berposisi gelandang tengah, ia awalnya mampu bersaing dan mendapatkan posisi utama di lini tengah. Namun, performanya kian menurun hingga namanya tersingkirkan dan hanya menjadi pemain pelapis. Selama membela Liverpool, ia mencatatkan 146 pertandingan dnegan mencetak 18 gol dan 15 assist.

2. Alexis Mac Allister

5 Gelandang yang Direkrut Mahal oleh Liverpool Sepanjang SejarahAlexis Mac Allister (liverpoolfc.com)

Alexis Mac Allister merupakan pemain anyar yang bergabung ke Liverpool pada musim panas 2023. Performa apiknya di Brighton membuat Liverpool tertarik memakai jasa pemain asal Argentina. The Reds menebusnya dengan biaya 44 juta euro atau Rp730 miliar.

Kedatangan sang pemain tentunya untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Naby Keita. Ia akan menjadi amunisi baru di skuad Liverpool. Alexis Mac Allister menandatangani kontrak hingga Juni 2028 mendatang.

Baca Juga: 8 Pemenang Piala Dunia yang Membela Liverpool, Terbaru Mac Allister

3. Fabinho

5 Gelandang yang Direkrut Mahal oleh Liverpool Sepanjang SejarahFabinho (Liverpoolfc.com)

Fabinho merupakan salah satu gelandang senior di Liverpool. Pemain berkebangsaan Brasil ini telah bergabung pada musim panas 2018. Pada musim tersebut, ia didatangkan dari AS Monaco dengan biaya 47 juta euro atau Rp782 miliar.

Berposisi gelandang bertahan, ia selalu tampil konsisten setiap musimnya. Ia telah menorehkan 219 pertandingan dengan mencetak 11 gol dan 10 assist selama membela Liverpool. Pemain berusia 29 tahun ini masih menjadi kepercayaan Jurgen Klopp di lini tengah.

4. Naby Keita

5 Gelandang yang Direkrut Mahal oleh Liverpool Sepanjang SejarahNaby Keita (liverpoolfc.com)

Naby Keita bergabung ke Liverpool pada musim yang sama dengan Fabinho, yakni musim panas 2018. Ia diboyong dari klub Jerman, RB Leipzig. Nilai transfernya mencapai 63 juta euro atau Rp1,04 triliun.

Naby Keita merupakan pemain yang berposisi gelandang tengah. Sayangnya, kiprahnya di Liverpool telah berakhir pada musim panas 2023. Ia memutuskan tak memperpanjang kontrak dan pindah ke Wender Bremen secara gratis. Ia membukukan 129 pertandingan dengan mencetak 11 gol dan 7 assist selama berseragam Liverpool.

5. Dominik Szoboszlai

5 Gelandang yang Direkrut Mahal oleh Liverpool Sepanjang SejarahDominik Szoboszlai (liverpoolfc.com)

Liverpool kembali memperkuat lini tengahnya pada musim panas 2023. Liverpool berhasil mendatangkan gelandang muda potensial, Dominik Szoboszlai, dari RB Leipzig. Sang pemain ditebus dengan biaya 74 juta euro atau Rp1,21 triliun.

Pemain berposisi gelandang serang ini akan menjadi daya gembur baru di skuad Liverpool. Mengingat usianya yang masih muda, ia diberikan kontrak panjang oleh Liverpool. Ia dikontrak hingga Juni 2028 mendatang.

Meski Liverpool harus absen di ajang Liga Champions 2023/2024, daya tarik pemain untuk bergabung tidaklah menurun. Mereka dapat mendatangkan pemain berlabel bintang. Menurutmu, siapa lagi yang akan didatangkan Liverpool pada musim panas 2023?

Baca Juga: 10 Fakta Dominik Szoboszlai, Gelandang Baru Liverpool asal Hungaria

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya