5 Gelandang Termahal yang Digaet Real Madrid sebelum Jude Bellingham

Jude Bellingham ikuti jejak Zinedine Zidane di Madrid

Real Madrid resmi memperkenalkan Jude Bellingham sebagai pemain anyar. Pemain berkebangsaan Inggris ini ditebus mahal oleh Real Madrid pada musim panas 2023. Kepindahannya Bellingham dari Borussia Dortmund ke Real Madrid melibatkan dana sebesar 109 juta euro atau Rp1,79 triliun. 

Nilai transfer tersebut membuatnya menjadi gelandang termahal yang pernah direkrut Real Madrid. Jude Bellingham tentunya punya beban ekspektasi tinggi di pundaknya lantaran nilai transfer yang sangat mahal.

Namun, beban itu seharusnya tak terlalu memberatkan Bellingham karena Real Madrid sendiri sudah sering melakukan transaksi pembelian gelandang mahal. Berikut ini lima gelandang termahal yang pernah digaet Real Madrid sebelum Jude Bellingham. Mayoritas sukses, kok! 

1. Aurelien Tchouameni 

5 Gelandang Termahal yang Digaet Real Madrid sebelum Jude BellinghamAurelien Tchouameni (instagram.com/aurelientchm17)

Aurelien Tchouameni awalnya menduduki posisi pertama sebagai gelandang termahal yang pernah didatangkan Real Madrid sebelum kedatangan Jude Bellingham. Pemain asal Prancis ini diboyong dari AS Monaco dengan biaya 84 juta euro atau Rp1,39 triliun. Ia bergabung pada musim panas 2022 yang usianya baru menginjak 22 tahun. 

Kedatangan sang pemain diproyeksikan menjadi penerus Casemiro di posisi gelandang bertahan. Sepanjang musim 2022/2023, ia telah tampil cukup baik di Real Madrid. Ia memainkan 50 pertandingan dengan mencetak 4 assist di semua kompetisi. 

Baca Juga: 5 Pemain Real Madrid yang Menggunakan Nomor 5 sebelum Jude Bellingham

2. James Rodriguez 

5 Gelandang Termahal yang Digaet Real Madrid sebelum Jude BellinghamJames Rodriguez (uefa.com)

Berikutnya ada nama James Rodriguez. Penampilan apiknya di AS Monaco dan Timnas Kolombia pada Piala Dunia 2014 sukses menyedot perhatian publik. Setelah menjadi incaran panas sederet klub top Eropa, Real Madrid akhirnya jadi tim yang berhasil mengamankan jasa pemain berposisi gelandang serang ini pada musim panas 2014.

James Rodriguez ditebus dengan biaya 79 juta euro atau Rp1,30 triliun. Pada awal kedatangannya, ia sukses mendapat kepercayaan mengisi pos lini tengah dan jadi andalan. Namun, posisinya tersisihkan dan sempat dipinjamkan ke Bayern Munich. Selama membela Real Madrid, ia menorehkan 125 pertandingan dengan mencetak 37 gol dan 42 assist

3. Kaka 

5 Gelandang Termahal yang Digaet Real Madrid sebelum Jude BellinghamKaka (uefa.com)

Usai menorehkan karier cemerlang di AC Milan, Kaka memutuskan berkiprah ke LaLiga pada musim panas 2009. Pemain asal Brasil ini diboyong Real Madrid dengan mahar 71 juta euro atau Rp1,16 triliun. Ia menjalani 4 musim lamanya di Santiago Bernabeu. 

Dalam periode tersebut, Kaka menorehkan 120 pertandingan dengan mencetak 29 gol dan 39 assist. Kiprahnya di Real Madrid berakhir pada musim panas 2013. Los Blancos melepasnya secara gratis ke AC Milan pada musim tersebut. 

4. Mateo Kovacic 

5 Gelandang Termahal yang Digaet Real Madrid sebelum Jude BellinghamMateo Kovacic (realmadrid.com)

Mateo Kovacic sukses menorehkan catatan impresif kala membela Inter Milan. Hal tersebut yang membuat Real Madrid tertarik memakai jasa pemain berkebangsaan Kroasia ini. Pada musim panas 2015, Los Blancos merealisasikan keinginannya merekrut Mateo Kovacic. 

Real Madrid harus membayar sekitar 40 juta euro atau Rp660 miliar untuk mendapatkan Mateo Kovacic. Ketatnya persaingan di lini tengah Real Madrid membuat Kovacic hanya menjadi pemain pelapis. Pada musim panas 2019, Kovacic memutuskan pindah ke Chelsea. 

5. Luka Modric 

5 Gelandang Termahal yang Digaet Real Madrid sebelum Jude BellinghamLuka Modric (instagram.com/lukamodric10)

Luka Modrid menjadi salah satu gelandang senior yang masih aktif bermain di Real Madrid hingga musim 2022/2023. Ia mulai bergabung ke Real Madrid di bawah kepelatihan Jose Mourinho pada musim panas 2012. Real Madrid mendatangkannya dari Tottenham Hotspur dengan biaya 37 juta euro atau Rp608 miliar.

Pada awal kedatangannya ia sempat dianggap remeh dan tak sanggup bersaing. Namun, performa konsistennya memimpin lini tengah Real Madrid mampu menjawab keraguan publik. Selama berseragam Real Madrid, ia menorehkan 488 pertandingan dengan mencetak 37 gol dan 77 assist

Real Madrid sepertinya tengah menyiapkan sejumlah penggawa muda sebagai generasi penerus di Real Madrid. Setelah Jude Bellingham, Real Madrid masih memantau beberapa pemain top lainnya. Siapa lagi nama beken yang bakal direkrut Real Madrid pada musim panas 2023?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Real Madrid yang Diboyong dari Sesama Klub LaLiga

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya