5 Gelandang Top Inggris yang Pernah Membela Manchester United

Beberapa sukses mengukir prestasi

Manchester United salah satu klub Inggris dengan sejarah luar biasa. Prestasi mereka di kancah Eropa maupun domestik tak perlu diragukan lagi. Tak heran jika ada banyak pemain ingin membela Manchester United, khususnya di posisi gelandang.

Sejauh ini, ada sejumlah gelandang top asal Inggris yang pernah membela klub berjuluk The Reds Devils tersebut. Berikut gelandang top Inggris yang pernah membela Manchester United itu.

1. Michael Carrick

5 Gelandang Top Inggris yang Pernah Membela Manchester UnitedMichael Carrick (premierleague.com)

Michael Carrick merupakan bagian dari kesuksesan Manchester United dalam sedekade terakhir. Pemain berposisi gelandang bertahan ini telah membela Manchester United sejak musim panas 2006 setelah didatangkan dari Tottenham Hotspur.

Sang pemain tampil apik dan menjadi andalan. Bersama Manchester United, pemilik 34 caps bersama Timnas Inggris ini mampu menorehkan 464 penampilan dengan mencetak 24 gol dan 36 assist.

2. Owen Hargreaves

5 Gelandang Top Inggris yang Pernah Membela Manchester UnitedOwen Hargreaves (twitter.com/premierleague)

Owen Hargreaves mulai menjadi bagian Setan Merah pada musim panas 2007. Kala itu, sang pemain didatangkan dari klub Jerman, Bayern Munich, dengan biaya 26 juta euro atau setara dengan Rp434 miliar.

Owen menghabiskan waktu selama 4 musim lamanya bersama Manchester United. Dalam periode tersebut, pemain berposisi gelandang bertahan ini hanya mampu membukukan 39 penampilan dengan mencetak 2 gol dan 2 assist.

Baca Juga: Siapa Penerus Nomor Keramat Manchester United Pasca Ronaldo?

3. Paul Scholes

5 Gelandang Top Inggris yang Pernah Membela Manchester UnitedPaul Scholes (twitter.com/premierleague)

Paul Scholes layak disebut sebagai salah satu legenda Manchester United. Kontribusinya untuk Setan Merah dalam meraih sejumlah gelar bergengsi tak perlu diragukan lagi.

Scholes bergabung ke skuad Setan Merah pada 1994. Berposisi sebagai gelandang tengah, ia sukses mengukir sejumlah prestasi di Manchester United. Secara statistik, Scholes menorehkan 714 penampilan dengan mencetak 153 gol dan 75 assist.

4. Jesse Lingard

5 Gelandang Top Inggris yang Pernah Membela Manchester UnitedJesse Lingard (premierleague.com)

Jesse Lingard merupakan pemain didikan akademi Manchester United. Ia bergabung pada usia muda dan berhasil menembus skuad senior pada musim panas 2014.

Pemain berposisi gelandang tengah ini sempat menjadi andalan di skuad Setan Merah. Namun, performanya kian menurun.

Akhirnya, pemain berusia 30 tahun ini dilepas ke Nottingham Forest pada musim panas 2022. Bersama Manchester United sendiri ia mampu mencatatkan 232 penampilan dengan mencetak 35 gol dan 21 assist.

5. Nick Powell 

5 Gelandang Top Inggris yang Pernah Membela Manchester UnitedNick Powell (skysports.com)

Nick Powell merupakan pemain berposisi gelandang serang yang mulai bergabung ke Manchester United pada musim panas 2012. Sang pemain diboyong dari klub Inggris lainnya, Crewe Alexandra, dengan mahar 7 juta euro atau setara Rp130 miliar.

Sayangnya, kiprahnya di Manchester United tidak berlangsung apik. Powell lebih sering menghabiskan waktu menjadi pemain pinjaman. Ia hanya mampu mencatatkan 9 penampilan dengan mencetak 1 gol saat berseragam Manchester United.

Tidak semua gelandang asal Inggris yang membela Manchester United bisa menunjukkan penampilan yang mengesankan. Hanya ada beberapa yang mampu menyetel dengan gaya permainan Setan Merah.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Cuma Main Sebentar di Old Trafford

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya