5 Jebolan Akademi Arsenal Terakhir yang Promosi ke Skuad Utama

Hampir semuanya jadi andalan The Gunners

Sejak dilatih Mikel Arteta, Arsenal banyak mengandalkan pemain-pemain muda bertalenta. Bahkan, klub berjuluk The Gunners ini memakai jasa para pemain yang berasal dari akademinya sendiri. 

Dalam beberapa tahun terakhir, ada sejumlah pemain yang berhasil promosi ke tim senior. Hebatnya, kini mereka menjadi andalan di skuad senior.

Lantas, siapa saja jebolan akademi Arsenal terakhir yang promosi ke skuad utama?

1. Eddie Nketiah

5 Jebolan Akademi Arsenal Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaEddie Nketiah (instagram.com/eddienketiah)

Sebelum bergabung ke akademi Arsenal, Eddie Nketiah sempat menimba ilmu di akademi Chelsea. Sang pemain baru pindah ke akademi Arsenal pada musim panas 2015.

Pada musim dingin 2019, pemain berkebangsaan Inggris ini berhasil promosi ke tim senior Arsenal. Namun, ia sempat dipinjamkan ke Leeds United pada 2019 untuk mendapatkan jam terbang.

Pemain berposisi penyerang ini kini mampu tampil apik bersama Arsenal. Sejauh ini, ia telah membukukan 115 laga dengan mencetak 30 gol dan 3 assist.

2. Bukayo Saka

5 Jebolan Akademi Arsenal Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaBukayo Saka (instagram.com/bukayosaka87)

Bukayo Saka memulai karier sepak bolanya dengan bergabung ke akademi Arsenal. Berhasil menunjukkan penampilan mengesankan, sang pemain naik kasta ke tim senior pada musim panas 2019. 

Saka meningkatkan kualitas permainannya kala membela tim senior. Bahkan, sang pemain mampu menjadi pilar utama di lini serang Arsenal. Saka kini telah menorehkan 155 penampilan dengan mencetak 30 gol dan 35 assist.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Chelsea Terakhir yang Promosi ke Skuad Utama

3. Joe Willock

5 Jebolan Akademi Arsenal Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaJoe Willock (arsenal.com)

Sama dengan Bukayo Saka, Joe Willock memulai kariernya dengan membela akademi Arsenal. Ia mulai bergabung pada musim panas 2015.

Sang pemain akhirnya berhasil promosi ke tim senior pada musim panas 2019. Namun, Willock kesulitan bersaing mendapatkan tempat utama di Arsenal.

Akhirnya, ia dipinjamkan ke Newcastle United pada musim dingin 2021. Pada musim panas 2021, ia dipermanenkan The Magpies

4. Reiss Nelson

5 Jebolan Akademi Arsenal Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaReiss Nelson (arsenal.com)

Reiss Nelson cukup kesulitan menembus skuad senior Arsenal. Pemain asal Inggris ini mulai promosi ke tim senior pada musim panas 2019. Ia dipinjamkan terlebih dahulu ke klub Jerman, Hoffeinhem.

Reiss juga sempat dipinjamkan ke Feyenoord pada musim panas 2021. Ia baru tampil reguler di tim senior Arsenal pada musim panas 2022 ini. Sayangnya, Nelson belum menemukan sentuhan terbaiknya sejauh ini.

5. Emile Smith Rowe

5 Jebolan Akademi Arsenal Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaEmile Smith Rowe (instagram.com/esr)

Emile Smith Rowe merupakan pemain andalan Arsenal di lini serang. Ia dididik akademi Arsenal sehingga promosi ke skuad utama pada musim panas 2020.

Sang pemain berhasil tampil apik dan menjadi andalan di lini tengah Arsenal. Pemain berusia 22 tahun ini telah menorehkan 87 penampilan dengan mencetak 18 gol dan 9 assist.

Saat ini, Arsenal berada di pucuk klasemen sementara English Premier League. Mikel Arteta tampaknya sudah bisa memetik buah hasil kerja kerasnya dalam membina pemain muda seperti pemain di atas.

Baca Juga: 4 Jebolan Akademi Bochum Jadi Anggota Skuad Jerman di Piala Dunia 2022

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya