Comscore Tracker

5 Pemain yang Diboyong Borussia Dortmund bareng Ousmane Dembele

Bagaimana kiprahnya bersama Die Borussen?

Borussia Dortmund adalah salah satu klub papan atas yang berkompetisi di kasta teratas Liga Jerman. Klub berjuluk Die Borussen ini bisa dikatakan salah satu penghasil talenta-talenta muda. Mereka memang kerap memberikan banyak menit bermain untuk pemain muda.

Meski demikian, Dortmund juga banyak mendatangkan pemain top untuk memperkuat tim. Pada musim 2016/2017, Dortmund mendatangkan lima pemain top, termasuk Ousmane Dembele. Berikut lima pemain yang diboyong Borussia Dortmund bareng Ousmane Dembele

1. Raphael Guerrerro

5 Pemain yang Diboyong Borussia Dortmund bareng Ousmane DembeleRaphael Guerrerro (bundesliga.com)

Raphael Guerrero merupakan nama pertama yang diboyong Borussia Dortmund pada musim 2016/2017. Pemain asal Portugal ini direkrut dari klub Prancis, FC Lorient, dengan biaya 13 juta euro atau senilai dengan Rp208 miliar.

Hingga kini, Guerrero masih menjadi andalan Die Borussen di sektor pertahanan. Bersama Dortmund, ia telah mencatatkan 188 penampilan dengan mencetak 34 gol dan 36 assists. Guerrero memiliki kontrak berdurasi hingga Juni 2023.

2. Mario Gotze

5 Pemain yang Diboyong Borussia Dortmund bareng Ousmane DembeleMario Gotze (skysports.com)

Mario Gotze adalah pemain berkebangsaan Jerman yang telah bergabung dengan Borussia Dortmund sejak usia muda. Ia menimba ilmu terlebih dahulu di akademi Dortmund sebelum naik kasta ke tim senior pada 2010 lalu.

Pada 2013, bakatnya dilirik oleh Bayern Munchen sehingga ia diboyong ke Allianz Arena. Pada musim 2016/2017, Gotze direkrut kembali oleh Borussia Dortmund dengan harga 24 juta euro atau setara dengan Rp382 miliar.

Berposisi sebagai gelandang serang, Gotze sukses mencetak 45 gol dan 61 assists dalam 219 pertandingan. Pada musim panas 2020, ia melanjutkan kariernya dengan bergabung PSV Eindhoven secara gratis.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Setia Membela Borussia Dortmund, Ada Marco Reus

3. Sebastian Rode

5 Pemain yang Diboyong Borussia Dortmund bareng Ousmane DembeleSebastian Rode (fearthewall.com)

Sebastian Rode menjadi bagian skuad Borussia Dortmund pada musim yang sama dengan Ousmane Dembele. Pemain asal Jerman ini diboyong dari klub yang sama dengan Mario Gotze, yaitu Bayern Munchrn. Rode ditebus dengan harga 13 juta euro atau setara dengan Rp208 miliar. 

Namun, Rode kerap terkena cedera dan tak menjadi pilihan utama klub. Bersama Dortmund, Rode hanya tampil sebanyak 22 pertandingan di semua kompetisi. Pada musim dingin 2019, ia dipinjamkan ke Frankfurt dan dipermanenkan pada musim berikutnya.

4. Andre Schurrle 

5 Pemain yang Diboyong Borussia Dortmund bareng Ousmane DembeleAndre Schurrle (skysports.com)

Rekan se-negara Mario Gotze dan Sebastian Rode dari Jerman, Andre Schurrle juga didatangkan Borussia Dortmund pada musim 2016/2017. Schurrle diboyong dari Wolfsburg dengan harga 33 juta euro atau senilai dengan Rp521 miliar.

Selama berseragam Dortmund, Schurrle rentan cedera dan banyak melewatkan sejumlah pertandingan. Ia hanya mampu mencatatkan 51 pertandingan dengan torehan 8 gol dan 10 assists

Bahkan, Schurrle sempat dipinjamkan ke Fulham dan Spartak Moscow. Pada 2020 lalu, ia memutuskan untuk gantung sepatu di usianya yang baru menginjak 29 tahun.

5. Ousmane Dembele

5 Pemain yang Diboyong Borussia Dortmund bareng Ousmane DembeleOusmane Dembele (bundesliga.com)

Borussia Dortmund berhasil membawa talenta muda dari klub asal Prancis, Stade Rennais, pada musim 2016/2017. Saat itu, Ousmane Dembele masih berusia 19 tahun. Pemain yang juga menimba ilmu akademi Stade Rennais ini mampu tampil apik bersama Die Borussen.

Selama berkostum Dortmund, Dembele berhasil catatkan 50 penampilan dengan mencetak 10 gol dan 22 assists. Performa ciamiknya tersebut membuat ia dilirik oleh raksasa Spanyol, Barcelona. Pada musim berikutnya, ia diboyong ke Camp Nou dengan harga yang fantastis, yaitu 156 juta euro atau setara dengan Rp2,43 triliun.

 

Tersisa Raphael Guerrero yang masih aktif membela Borussia Dortmund hingga saat ini. Mampukah Guerrero meraih trofi bersama Dortmund pada musim depan?

Baca Juga: 5 Penjualan Borussia Dortmund Paling Menguntungkan dalam Sejarah

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya