5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Shakhtar Donetsk, Mudryk Teranyar!

Didominasi oleh pemain berkebangsaan Brasil

Shakhtar Donetsk merupakan suatu klub yang berkompetisi di Liga Ukraina. Kendati demikian, Shakhtar kerap menghasilkan talenta-talenta pesepak bola berbakat yang menjadi incaran sejumlah klub besar Eropa.

Dalam sejarah, ada lima nama pemain yang  berhasil dijual mahal oleh Shakhtar Donetsk. Performa apik mereka membuat jasa mereka diinginkan oleh klub top Eropa. Berikut lima pemain yang dijual mahal oleh Shakhtar Donetsk.

1. Willian (Rp608 miliar)

5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Shakhtar Donetsk, Mudryk Teranyar!Willian (chelseafc.com)

Sebelum sukses berseragam Chelsea, Willian ternyata sempat berkiprah di Liga Ukraina bersama Shakhtar Donetsk. Hal itu terjadi sejak musim panas 2007. Pemain asal Brasil ini menghabiskan waktu selama 6 musim lamanya.

Dalam periode tersebut, Willian mampu menorehkan 221 penampilan dengan mencetak 63 gol dan 62 assist. Pada musim panas 2013, ia melanjutkan kariernya dengan bergabung ke klub Rusia, Anzhi. Ia ditebus dengan biaya 37 juta euro atau setara dengan Rp608 miliar.

2. Fernandinho (Rp695 miliar)

5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Shakhtar Donetsk, Mudryk Teranyar!Fernandinho (mancity.com)

Fernandinho bisa dikatakan sebagai salah satu legenda bagi Manchester City. Namun, sebelum berada di Etihad Stadium, pemain berposisi gelandang tengah ini merupakan penggawa Shakhtar Donetsk. Ia baru pindah ke Manchester City pada musim panas 2013.

Saat itu ia ditebus dengan biaya 42 juta euro atau setara dengan Rp695 miliar. Selama berseragam Shakhtar Donetsk, sang pemain mampu menorehkan 284 penampilan dengan mencetak 53 gol dan 50 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Asing yang Putuskan Hengkang dari Shakhtar Donetsk

3. Alex Teixeira (Rp869 miliar)

5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Shakhtar Donetsk, Mudryk Teranyar!Alex Teixeira (instagram.com/alexteixeiraa)

Alex Teixeira mulai menjadi bagian skuad Shakhtar Donetsk sejak musim dingin 2010. Pemain berposisi gelandang serang ini bertahan selama enam musim lamanya bersama Shakhtar Donetsk.

Alex mampu mencatatkan 223 penampilan dengan mencetak 89 gol dan 25 assist. Pada musim panas 2016, ia akhirnya melanjutkan kariernya dengan bergabung ke klub China, JS, Suning dengan biaya 52 juta euro atau setara dengan Rp869 miliar.

4. Fred (Rp1,02 triliun)

5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Shakhtar Donetsk, Mudryk Teranyar!Fred (manutd.com)

Fred bergabung ke Shakhtar Donetsk sejak musim panas 2013. Ia didatangkan dari klub Brasil, Internacional, pada musim tersebut dengan biaya 15 juta euro atau setara dengan Rp260 miliar.

Bertahan selama 5 tahun di Shakhtar Donetsk, Fred mampu menorehkan 155 penampilan dengan mencetak 15 gol dan 16 assist. Penampilan apiknya membuat gelandang tengah ini akhirnya diboyong dengan mahar 62 juta euro atau Rp1,02 triliun oleh Manchester United.

5. Mykhaylo Mudryk (Rp1,21 triliun)

5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Shakhtar Donetsk, Mudryk Teranyar!Mykhaylo Mudryk (instagram.com/chelseafc)

Mykahylo Mudryk sejatinya merupakan pemain yang berasal dari akademi Shakhtar Donetsk. Pemain berusia 22 tahun ini baru berhasil naik kasta ke tim senior pada musim dingin 2021 lalu. Sejak itu, penampilannya kian meningkat dan menjadi incaran klub top Eropa.

Mudryk mampu mencatatkan 44 penampilan dengan mencetak 12 gol dan 17 assist bersama Shakhtar Donetsk. Pada musim dingin 2023, ia akhirnya pindah ke Liga Inggris dan bergabung ke Chelsea dengan biaya 74 juta euro atau setara dengan Rp1,21 triliun.

 

Mengingat usianya yang masih muda, tentu akan menjadi tantangan bagi Mudryk agar bisa menunjukkan performa terbaiknya bersama Chelsea. Mampukah ia membawa perubahan untuk Chelsea?

Baca Juga: Chelsea Resmi Gaet Mykhailo Mudryk, Rekrutan Mahal Musim Dingin

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya