5 Pemain Inggris yang Dilepas Manchester City Secara Gratis

Ada James Milner dan Gareth Barry

Manchester City adalah salah satu klub papan atas English Premier League (EPL). Klub berjuluk The Cityzens ini rutin mengandalkan pemain berlabel bintang, khususnya pemain berkebangsaan Inggris.

Banyak pemain Inggris yang datang dan pergi. Dalam sejarahnya, ada lima pemain berkebangsaan Inggris yang kemudian meninggalkan Manchester City secara gratis.

1. James Milner 

5 Pemain Inggris yang Dilepas Manchester City Secara GratisJames Milner (mancity.com)

James Milner bergabung dengan Manchester City pada musim panas 2010. Ia didatangkan dari Aston Villa dengan biaya 23 juta euro atau Rp382 miliar.

Pemain berposisi gelandang tengah ini memiliki catatan apik selama berseragam Manchester City. James Milner menorehkan 203 pertandingan dengan mencetak 19 gol dan 45 assist. Setelah 5 tahun merumput di Etihad Stadium, ia memutuskan pindah ke Liverpool pada musim panas 2015.

2. Joleon Lescott

5 Pemain Inggris yang Dilepas Manchester City Secara GratisJoleon Lescott (mancity.com)

Manchester City mendatangkan Joleon Lescott dengan biaya 29 juta euro atau Rp478 miliar pada musim panas 2009. Berposisi bek tengah, ia sempat menjadi andalan di barisan pertahanan The Cityzens.

Joleon Lescott membukukan 160 pertandingan dengan mencetak 9 gol dan 4 assist. Performa apiknya ini mampu mengantarkan Manchester City meraih dua gelar juara Premier League.

Baca Juga: 6 Klub yang Paling Sering Dikalahkan James Milner di Premier League

3. Micah Richards

5 Pemain Inggris yang Dilepas Manchester City Secara GratisMicah Richards (mancity.com)

Micah Richards merupakan pemain didikan akademi Manchester City. Pemain asal Inggris ini promosi ke tim senior pada musim dingin 2006. Ia kerap mengisi pos bek kanan Manchester City.

Selama membela Manchester City, ia mencatatkan 246 pertandingan dengan mencetak 9 gol dan 14 assist. Pada musim panas 2014, ia sempat dipinjamkan ke Fiorentina selama semusim penuh. Pada musim panas 2015, ia baru dilepas secara gratis ke Aston Villa.

4. Gareth Barry 

5 Pemain Inggris yang Dilepas Manchester City Secara GratisGareth Barry (mancity.com)

Gareth Barry diboyong Manchester City pada musim panas 2009. Untuk mendapatkan sang pemain, Manchester City rela merogoh kocek sebesar 14 juta euro atau Rp241 miliar dari Aston Villa.

Berposisi gelandang bertahan, ia mengabdi selama hampir 4 musim di Etihad Stadium. Ia mencatatkan 175 pertandingan dengan mencetak 8 gol dan 18 assist. Pada musim panas 2014, ia dipinjamkan ke Everton sebelum dipermanenkan pada musim berikutnya.

5. Patrick Roberts

5 Pemain Inggris yang Dilepas Manchester City Secara GratisPatrick Roberts (mancity.com)

Patrick Roberts diboyong Manchester City pada musim panas 2015. Ia ditebus dengan biaya 7 juta euro atau Rp125 miliar. Sayangnya, kiprah Patrick Roberts di Manchester City tak berjalan mulus.

Patrick Roberts lebih sering dipinjamkan ke klub lain oleh Manchester City. Ia hanya mencatatkan tiga penampilan saat berseragam Manchester City. 

Melihat daftar pemain di atas, semuanya memilih pindah secara gratis ke klub Inggris lain. Namun, tak semua berhasil memiliki kiprah cemerlang setelah meninggalkan Manchester City.

Baca Juga: 7 Pemain Kunci Manchester City sebelum Era Sheikh Mansour

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya