5 Pemain Terakhir yang Mengawinkan Trofi Premier League dan Top Scorer

Erling Haaland meyusul nama-nama legendaris

English Premier League (EPL) 2022/2023 resmi berakhir. Manchester City berhasil mempertahankan gelar juara dengan perolehan 89 poin dari 38 pertandingan. Ini menjadi trofi ketiga Manchester City secara beruntun.

Banyak catatan yang berhasil diukir sejumlah pemain yang berkiprah di Inggris. Erling Haaland, misalnya, berhasil mengawinkan trofi Premier League dan top scorer pada musim yang sama. Dalam sejarahnya, Erling Haaland bukanlah pemain pertama yang berhasil melakukan hal tersebut.

Termasuk Erling Haaland, berikut lima pemain terakhir yang mengawinkan trofi Premier League dan top scorer.

1. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Terakhir yang Mengawinkan Trofi Premier League dan Top ScorerCristiano Ronaldo (manutd.com)

Kiprah Cristiano Ronaldo di Manchester United memang sangat mengesankan. Pasalnya, Manchester United menjadi klub yang membuat namanya kian disorot publik. Salah satu musim terbaiknya di Manchester United terjadi pada 2007/2008.

Pada musim tersebut, performa Cristiano Ronaldo tak bisa dihentikan di Premier League. Ia sukses mencetak 31 gol dan 7 assist dalam 34 pertandingan. Catatan apiknya membuat ia meraih gelar top scorer dan meraih trofi EPL.

2. Didier Drogba 

5 Pemain Terakhir yang Mengawinkan Trofi Premier League dan Top ScorerDidier Drogba (premierleague.com)

Kedatangan Didier Drogba ke Chelsea sempat menjadi perbincangan lantaran namanya yang belum mencuat. Namun, sang pemain sukses membuktikan diri melalui performanya selama berseragam Chelsea. Ia memiliki catatan impresif kala membela The Blues.

Pada 2009/2010, Drogba berhasil mengantarkan Chelsea meraih trofi Premier League. Pada musim yang sama, ia menjadi top scorer. Ia sukses mencatatkan 32 pertandingan dengan mencetak 29 gol dan 13 assist di EPL.

Baca Juga: Peraih Player of the Season EPL 5 Musim Terakhir, Ada Haaland!

3. Dimitar Berbatov 

5 Pemain Terakhir yang Mengawinkan Trofi Premier League dan Top ScorerDimitar Berbatov (manutd.com)

Dimitar Berbatov bergabung dengan Manchester United pada 2008/2009. Untuk mendapatkan sang pemain, Setan Merah harus membayar 41 juta euro atau Rp660 miliar kepada Tottenham Hotspur. Pemain berposisi striker ini langsung jadi andalan pada musim pertamanya. 

Musim terbaiknya di Manchester United terjadi pada 2010/2011. Ia sukses membantu Manchester United meraih trofi Premier League. Perfoma impresifnya juga membuat ia meraih gelar top scorer dengan koleksi 20 gol dalam 32 pertandingan. 

4. Robin Van Persie 

5 Pemain Terakhir yang Mengawinkan Trofi Premier League dan Top ScorerRobin Van Persie (manutd.com)

Pada musim panas 2012, Manchester United membajak Robin van Persie dari Arsenal. Ia didatangkan dengan biaya 33 juta euro atau Rp533 miliar. Pada musim debutnya di Manchester United, ia langsung memberikan kontribusi luar biasa.

Robin van Persie sukses menjadi mesin gol Manchester United hingga mengantarkan Manchester United juara Premier League 2012/2013. Ial mencatatkan 26 gol dan 15 assist dalam 38 pertandingan. Torehan itu membuatnya mengawinkan trofi EPL League dan top scorer pada musim yang sama.

5. Erling Haaland 

5 Pemain Terakhir yang Mengawinkan Trofi Premier League dan Top ScorerErling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Musim 2022/2023 menjadi musim debut Erling Haaland di Premier League. Meski demikian, ia langsung memberikan dampak besar untuk Manchester City. Pemain berusia 22 tahun ini sukses membawa mereka juara Premier League 2022/2023.

Erling Haaland juga merupakan mesin gol bagi Manchester City. Di EPL, ia sukses mengoleksi 36 gol dan 8 assist dalam 35 pertandingan. Koleksi golnya tak mampu dikejar para pesaingnya hingga meraih gelar top scorer 2022/2023. 

Sebelum nama-nama di atas, ada beberapa pesepak bola yang berhasil melakukan hal serupa. Alan Shearer, Dwight Yorke, Thierry Henry, dan Ruud van Nistelrooy juga sempat mengawinkan trofi Premier League dan top scorer. Adakah pemain idolamu?

Baca Juga: Messi Lewati Rekor Ronaldo Usai Antar PSG Juara

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya