5 Pemain Top Spanyol yang Meninggalkan Real Madrid secara Gratis

Mulai dari Iker Casillas hingga Sergio Ramos 

Banyak sekali pesepak bola Spanyol di berbagai klub top Eropa. Salah satunya di Real Madrid. Mereka menunjukkan performa apik sekaligus jadi andalan di tim berjuluk Los Blancos ini.

Meski begitu, beberapa pemain Spanyol memutuskan tidak menghabiskan karier hanya di Real Madrid. Beberapa pergi dengan biaya transfer, beberapa lagi justru pergi secara gratis.

Siapa saja pemain Spanyol yang meninggalkan Real Madrid secara gratis? Seperti apa penampilannya bersama Los Blancos? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Iker Casillas 

5 Pemain Top Spanyol yang Meninggalkan Real Madrid secara GratisIker Casillas (uefa.com)

Iker Casillas merupakan eks kiper andalan Real Madrid. Dia memulai karier sepak bolanya dengan bergabung ke akademi Real Madrid. Casillas lalu promosi ke tim senior pada musim panas 1999.

Iker Casillas menunjukkan performa apik hingga jadi andalan di bawah mistar gawang Real Madrid. Ia mencatatkan 725 pertandingan dengan meraih 264 clean sheet. Pada musim panas 2015, Casillas memutuskan untuk pindah ke FC Porto secara gratis.

2. Alvaro Arbeola 

5 Pemain Top Spanyol yang Meninggalkan Real Madrid secara GratisAlvaro Arbeloa (uefa.com)

Alvaro Arbeola dididik di akademi Real Madrid. Namun, pada musim dingin 2007, ia dilepas ke Liverpool. Arbeloa baru bergabung kembali ke Real Madrid pada musim panas 2009.

Berposisi bek kanan, Arbeola dipercaya jadi pemain utama di barisan pertahanan Los Blancos. Dia menorehkan 238 pertandingan dengan mencetak 6 gol dan 15 assist. Ia kemudian pindah secara gratis ke West Ham United pada musim panas 2016.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Pernah Menjuarai Liga Champions, Ada Casillas!

3. Raul Gonzalez

5 Pemain Top Spanyol yang Meninggalkan Real Madrid secara GratisRaul Gonzalez (uefa.com)

Raul Gonzalez bisa disebut sebagai penyerang Spanyol terbaik yang pernah membela Real Madrid. Ia sukses menorehkan sejumlah rekor kala berseragam Los Blancos.

Pemilik 102 caps bersama Timnas Spanyol ini mengoleksi 741 pertandingan dengan mencetak 323 gol dan 114 assist selama membela Real Madrid. Pada musim panas 2010, Raul meninggalkan Real Madrid secara gratis dengan bergabung ke FC Schalke 04.

4. Isco Alarcon 

5 Pemain Top Spanyol yang Meninggalkan Real Madrid secara GratisIsco (uefa.com)

Isco didatangkan Real Madrid pada musim panas 2013. Kala itu, ia diboyong dari Malaga dengan biaya 31 juta euro atau Rp521 miliar. Harga itu cukup besar mengingat pada musim tersebut Isco baru berusia 21 tahun.

Isco membukukan 353 pertandingan dengan mencetak 53 gol dan 57 assist bersama Real Madrid. Kiprahnya di Los Blancos berakhir pada musim panas 2022. Ia pindah secara gratis ke Sevilla.

5. Sergio Ramos 

5 Pemain Top Spanyol yang Meninggalkan Real Madrid secara GratisSergio Ramos (uefa.com)

Sergio Ramos bergabung ke Real Madrid pada musim panas 2005. Los Blancos menebusnya dari Sevilla dengan biaya 28 juta euro atau Rp469 miliar. Meski didatangkan dengan biaya tak mahal, Ramos memiliki performa impresif di Real Madrid.

Pemain berposisi bek tengah ini tampil konsisten dalam jangka waktu yang lama. Sergio Ramos membukukan 671 pertandingan dengan mencetak 101 gol dan 45 assist. Pada musim panas 2022, ia tak memperpanjang kontraknya dan pindah ke Paris Saint-Germain secara gratis.

Banyak pemain Spanyol yang sukses berkarier di Real Madrid. Mereka tidak hanya meraih prestasi kolektif, tetapi juga individu.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Sergio Ramos, Bek Tangguh yang Pensiun dari Timnas 

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya