5 Pemain yang Meninggalkan Arsenal Secara Gratis ke Klub Inggris Lain

Termasuk Danny Welbeck 

Arsenal kerap aktif pada bursa transfer. Mereka melakukan perombakan skuad hampir tiap musim.

Masuknya pemain baru membuat Arsenal perlu melepas pemain lama. Salah satunya dengan tidak memperpanjang kontrak mereka. Para pemain lama itu dilepas secara gratis.

Berikut lima pemain yang meninggalkan Arsenal secara gratis ke klub Inggris lain.

1. Jack Wilshere 

5 Pemain yang Meninggalkan Arsenal Secara Gratis ke Klub Inggris LainJack Wilshere (arsenal.com)

Jack Wilshere merupakan pemain didikan akademi Arsenal. Ia mulai promosi ke tim senior pada musim panas 2008. Pada musim dingin 2010, ia sempat dipinjamkan ke Bolton Wanderers hingga akhir musim.

Jack Wilshere kemudian mendapatkan menit bermain lebih setelah mengakhiri masa peminjamannya. Selama berseragam Arsenal, ia membukukan 197 pertandingan dengan mencetak 14 gol dan 30 assist.

Sayangnya, cedera menganggu kariernya. Ia pindah ke West Ham United pada 2018 secara gratis setelah sempat dipinjamkan ke Bournemouth (2016–2017).

2. Bacary Sagna

5 Pemain yang Meninggalkan Arsenal Secara Gratis ke Klub Inggris LainBacaru Sagna (arsenal.com)

Bacary Sagna didatangkan Arsenal pada musim panas 2007. Pemain berposisi bek kanan ini diboyong dari klub Prancis, AJ Auxerre, dengan biaya 9 juta euro atau Rp156 miliar. 

Selama hampir 7 musim membela Arsenal, Sagna menorehkan 284 pertandingan dengan mencetak 5 gol dan 27 assist. Pada musim panas 2014, kiprahnya di Arsenal berakhir. Ia pindah secara gratis ke Manchester City.

Baca Juga: 5 Pemain Ini Dijual Mahal Arsenal ke Klub Premier League Lain

3. Danny Welbeck

5 Pemain yang Meninggalkan Arsenal Secara Gratis ke Klub Inggris LainDanny Welbeck (arsenal.com)

Arsenal mendatangkan Danny Welbeck pada musim panas 2014. The Gunners rela menebusnya dengan biaya 21 juta euro atau Rp347 miliar.

Berposisi striker, Danny Welbeck memiliki catatan apik di Arsenal. Ia membukukan 126 pertandingan dengan mencetak 32 gol dan 15 assist. Setelah 5 tahun merumput bersama Arsenal, Welbeck pindah ke Watford secara gratis.

4. Calum Chambers

5 Pemain yang Meninggalkan Arsenal Secara Gratis ke Klub Inggris LainCalum Chambers (arsenal.com)

Calum Chambers adalah lulusan akademi Southampton. Meski begitu, ia tak banyak mendapat kesempatan bermain di tim senior. Ia akhirnya pindah ke Arsenal pada musim panas 2014.

Berposisi bek tengah, Chambers sempat jadi andalan Arsenal dalam beberapa musim. Ia menorehkan 122 pertandingan dengan mencetak 5 gol dan 10 assist.

Pada musim dingin 2022, ia memilih hengkang secara gratis ke Aston Villa. Ia juga sempat dipinjamkan Arsenal kepada Middlesbrough (2016–2017) dan Fulham (2018–2019).

5. William Gallas

5 Pemain yang Meninggalkan Arsenal Secara Gratis ke Klub Inggris LainWilliam Gallas (arsenal.com)

Arsenal mendapatkan William Gallas secara gratis dari Chelsea pada musim panas 2006. Pemain berposisi bek tengah ini lalu tampil apik. 

Selama hampir 4 tahun berseragam Arsenal, Gallas menorehkan 142 pertandingan dengan mencetak 17 gol dan 1 assist. Pada musim panas 2010, ia tak memperpanjang kontrak di Arsenal. Ia diboyong Tottenham Hotspur secara gratis.

Melihat daftar pemain di atas, ada tiga nama yang merupakan pemain berkebangsaan Inggris. Sementara itu, dua nama lainnya berkebangsaan Prancis. Namun, semuanya sama-sama pergi dari Arsenal secara gratis.

Baca Juga: 5 Lulusan Akademi Arsenal Terakhir yang Hengkang ke Klub Lain

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya