5 Fakta Merapatnya Darwin Nunez ke Liverpool, Pecahkan Rekor Baru

Nunez bisa jadi penyerang termahal dalam sejarah The Reds

Penyerang andalan Benfica, Darwin Nunez, resmi hijrah ke Liverpool. Awalnya, bakat pemain asal Uruguay tersebut tidak mendapat banyak perhatian. Namun, sekarang namanya melejit.

Darwin Nunez memiliki banyak peminat sehingga harga yang harus dibayar pun fantastis. Demi merekrut Nunez, The Reds rela merogoh kocek yang dalam sampai memecahkan rekor transfer.

1. Performa moncer Darwin Nunez membuat banyak klub jatuh hati

5 Fakta Merapatnya Darwin Nunez ke Liverpool, Pecahkan Rekor Barupotret Darwin Nunez (instagram.com/darwin_n9)

Darwin Nunez kurang menonjol pada musim pertamanya (2020/2021) bersama Benfica. Ia baru naik daun setahun belakangan usai performanya meningkat pesat musim 2021/2022 lalu. Hal tersebut pula yang membuat banyak klub jatuh hati. 

Darwin Nunez sukses mencetak 34 gol dan 4 assist dalam 41 penampilan di semua ajang. Ia juga jadi top skor Liga Portugal dengan 26 gol. Berkat gol-gol tersebut, Benfica berhasil finis di posisi ketiga klasemen pada akhir musim.

2. Dari bocah biasa, Nunez menjelma jadi pemain mahal di Eropa

5 Fakta Merapatnya Darwin Nunez ke Liverpool, Pecahkan Rekor Barupotret Darwin Nunez (instagram.com/darwin_n9)

Memulai karier di negara asalnya, Uruguay, membuat Darwin Nunez jauh dari gemerlap sepak bola Eropa. Ia baru menginjakkan kaki di Benua Biru setelah berusia 20 tahun. Itu pun hanya mendapat kesempatan bermain di kasta kedua Liga Spanyol bersama UD Almeria.

Langkah Nunez terbuka lebar untuk mengepakkan sayap lebih jauh ke Portugal. Benfica merekrutnya pada musim panas 2020.

Dari bocah biasa berdarah Amerika Latin, Darwin Nunez menjelma jadi pemain mahal di Eropa. Nilai pasarnya terus naik sampai kini mencapai 55 juta euro atau sekitar Rp846 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain Jebolan Benfica dengan Harga Pasar Termahal, Ada Darwin Nunez

3. Perburuan antarklub Premier League demi jasa Darwin Nunez

5 Fakta Merapatnya Darwin Nunez ke Liverpool, Pecahkan Rekor Barupotret Darwin Nunez (instagram.com/slbenfica)

Banyak klub tertarik kepada Darwin Nunez, terutama klub elite English Premier League (EPL). Gaya bermain Nunez juga dinilai mirip dengan Luis Suarez dan Edinson Cavani. Keduanya sudah berpengalaman merumput di Inggris. 

Awal mulanya, West Ham United dan Newcastle United berebut tanda tangan Darwin Nunez pada musim dingin 2022 lalu, tetapi mereka gagal. Pada musim panas 2022 ini, Manchester United dan Liverpool lebih kuat dalam persaingan. Perburuan antarklub tersebut sempat memanas.

4. Nunez sempat akan bergabung dengan Newcastle United

5 Fakta Merapatnya Darwin Nunez ke Liverpool, Pecahkan Rekor Barupotret Darwin Nunez (instagram.com/darwin_n9)

Newcastle United bisa menggelontorkan dana berapa pun yang diminta Benfica demi mendatangkan Darwin Nunez. Bahkan, menurut laporan yang beredar, The Magpies tinggal selangkah lagi. Akan tetapi, pihak klub kehabisan waktu untuk menyelesaikan transfer.

Klub milik Mohammed bin Salman tersebut tak menyerah. Musim panas ini jadi harapan baru. Namun, Darwin Nunez hanya ingin pindah ke klub yang mentas di Liga Champions Eropa pada 2022/2023. Artinya, hanya Liverpool yang memiliki kesempatan tersebut.

5. Darwin Nunez pecahkan rekor transfer dalam sejarah Liverpool

5 Fakta Merapatnya Darwin Nunez ke Liverpool, Pecahkan Rekor BaruDarwin Nunez tanda tangan kontrak untuk Liverpool. (twitter.com/DaveOCKOP)

Demi Darwin Nunez, The Reds tawarkan mahar 100 juta euro (Rp1,5 triliun) kepada Benfica. Nunez bisa jadi rekrutan termahal dalam sejarah Liverpool yang sebelumnya dipegang Virgil van Dijk. Namun, nilai tersebut termasuk dalam klausul.

Benfica baru menerima 75 juta euro (Rp1,1 triliun) saat ini. Jika Nunez memenuhi syarat-syarat tertentu di dalam kontrak, klausul senilai 25 juta euro (Rp384 miliar) akan aktif. Kontrak tersebut berdurasi 6 tahun sampai 2028 mendatang.

Pilihan Darwin Nunez untuk pindah ke Liverpool tampaknya sangat tepat. Ia bisa selangkah lebih maju karena berkesempatan mentas di Liga Champions musim 2022/2023 nanti.

Baca Juga: Adu Statistik Erling Haaland vs Darwin Nunez, Siapa Paling Tajam?

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya