5 Fakta Thiago Alcantara, Lulusan La Masia yang Sukses di Tempat Lain

Kurang bersinar bersama Barcelona

Thiago Alcantara memulai kariernya di English Premier League (EPL) pada 2020. Ia beruntung berada di tempat yang tepat. Dengan sejumlah aksi menariknya di lapangan, nama sang pemain kian melejit bersama Liverpool.

Jika menilik ke belakang, kehadiran Thiago tak begitu mengesankan. Ia tidak mendapatkan tempat layak di Barcelona yang merupakan klub masa kecilnya. Dari profil sampai perjalanan karier, mari mengenal Thiago lebih dekat.

1. Thiago lahir dari keluarga atlet

5 Fakta Thiago Alcantara, Lulusan La Masia yang Sukses di Tempat Lainpotret Thiago Alcantara (instagram.com/thiago6)

Thiago Alcantara telah menginjak usia 31 tahun pada 2022 ini. Ia merupakan pemain kelahiran 11 April 1991 di San Pietro Vernotico, Italia. Thiago memiliki darah Brasil dari orangtuanya. Namun, ia memilih berkewarganegaraan Spanyol. 

Thiago lahir dari keluarga atlet. Ayahnya, Mazinho, merupakan mantan pesepak bola profesional yang pernah meraih gelar juara Piala Dunia 1994. Ibunya, Valeria Alcantara, juga mantan pemain bola voli. Rafinha, adiknya, saat ini membela Real Sociedad.

2. Meskipun lahir di Italia, Thiago belajar sepak bola di akademi La Masia

5 Fakta Thiago Alcantara, Lulusan La Masia yang Sukses di Tempat Lainpotret Thiago Alcantara (twitter.com/VBETnews)

Thiago kecil mulai belajar sepak bola pada 1995. Ia pernah masuk ke tim junior Flamengo (1995—1996 dan 2001—2005), Ureca (1996—2000), serta Kelme (2000—2001).

Setelah berusia 14 tahun pada 2005, Thiago hijrah ke La Masia, pusat akademi Barcelona. Ia bermain sampai 2008 usai Barcelona B resmi mengizinkannya naik tingkat.

Karier Thiago Alcantara bersama tim utama El Barca tak berjalan mulus. Meskipun sang gelandang bisa mencetak 11 gol dan 20 assist dalam 100 penampilan (2011—2013), ia tak bisa bertahan lama di Camp Nou.

Baca Juga: Mengenal Thiago Alcantara, Maestro Lini Tengah Liverpool

3. Thiago sukses merumput di Jerman

5 Fakta Thiago Alcantara, Lulusan La Masia yang Sukses di Tempat Lainpotret Thiago Alcantara (instagram.com/thiago6)

Banyaknya pemain bintang di Barcelona saat itu membuat jasa Thiago terlupakan. Akhirnya, ia memutuskan hengkang ke raksasa Jerman, Bayern Muenchen, pada musim panas 2013.

Karier Thiago di Jerman cukup cemerlang. Berkat asuhan Pep Guardiola, kala itu bakatnya dikenal luas di sepak bola Eropa. Thiago total membela Die Roten dalam 235 pertandingan di semua ajang. Ia berhasil membubuhkan 31 gol dan 37 assist pada 2013—2020.

4. Sekarang sang pemain jadi gelandang andalan Liverpool

5 Fakta Thiago Alcantara, Lulusan La Masia yang Sukses di Tempat Lainpotret Thiago Alcantara (twitter.com/Thiago6)

Liverpool tak segan merekrut pemain berusia matang. Pada 18 September 2020, Thiago yang menginjak usia 29 tahun resmi diboyong The Reds senilai Rp335 miliar. Klub percaya bahwa sang gelandang mampu memberi kontribusi yang dibutuhkan.

Benar saja, Thiago Alcantara makin tajam dan jadi gelandang tengah andalan klub. Sejak melakoni debut pada 20 September 2020 di Premier League, kini dirinya telah dimainkan sebanyak 65 kali di semua ajang dengan mencetak 3 gol dan 4 assist.

5. Kiprah Thiago Alcantara di Tim Nasional Spanyol

5 Fakta Thiago Alcantara, Lulusan La Masia yang Sukses di Tempat Lainpotret Thiago Alcantara (instagram.com/thiago6)

Meskipun lahir di Italia, ayah dan adiknya berseragam Tim Nasional Brasil, tetapi Thiago Alcantara lebih memilih berkewarganegaraan Spanyol. Ia ingin membela tim nasionalnya sendiri.

Thiago pertama kali bermain untuk tim U-16. Secara bertahap, ia naik tingkat sampai ke tim U-23. Lalu, Thiago melakukan debutnya bersama tim senior pada 10 Agustus 2011. Sejauh ini, ia telah mencetak 2 gol dalam 46 penampilan.

Thiago telah meraih lebih dari dua puluh trofi yang melibatkan namanya. Ia juga berpulang menambah koleksi tersebut bersama Liverpool.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool yang Gunakan Nomor Punggung 6 Sebelum Thiago

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya