Comscore Tracker

Gol Beruntun Cody Gakpo Bawa Belanda ke Fase Gugur Piala Dunia 2022

Gakpo punya tiga tembakan maut

Belanda menemui segelintir kendala dalam perjalanan menembus fase knockout Piala Dunia 2022 Qatar. Pertandingan pertama melawan Senegal sempat buntu meski akhirnya menang. Sebelum mengunci tiket dari Qatar, De Oranje ditahan imbang dahulu oleh Ekuador.

Untungnya, Belanda punya jagoan muda yang lihai menyalakan keran gol. Siapa lagi kalau bukan Cody Gakpo, pemain muda PSV Eindhoven yang mencetak tiga gol ke tiga gawang berbeda. Ketajamannya tak sanggup dihalau kiper lawan. 

Berkat gol beruntun Cody Gakpo, Belanda pun sukses melaju ke fase gugur Piala Dunia 2022 sebagai juara grup. 

1. Cody Gakpo jadi pemain Belanda pertama yang mencetak gol di Piala Dunia 2022

Gol Beruntun Cody Gakpo Bawa Belanda ke Fase Gugur Piala Dunia 2022Cody Gakpo (twitter.com/alimo_philip)

Tim pertama yang dihadapi Belanda adalah Senegal. Kedua tim bertemu dalam laga putaran pertama babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, Senin (21/11/2022) lalu. Wakil Afrika bermain ngotot hingga membuat pasukan Louis van Gaal kelabakan.

Meski Belanda lebih dominan dalam penguasaan bola, kebuntuan terjadi pada babak pertama. Kedua tim bahkan nihil gol sampai pertengahan babak kedua.

Frenkie de Jong akhirnya muncul dari sisi kiri untuk membuka celah. Umpannya tepat sampai ke kotak penalti yang kemudian disambar sundulan Cody Gakpo. Gol pun tercipta pada menit ke-84. 

Gol Gakpo berhasil membangun mentalitas tim. Menuju pengujung waktu, Davy Klaassen mencetak satu gol untuk menyempurnakan kemenangan. Skor 2-0 dimenangi Belanda. 

2. Ganas, Cody Gakpo merobek gawang Ekuador pada saat laga baru berjalan enam menit

Gol Beruntun Cody Gakpo Bawa Belanda ke Fase Gugur Piala Dunia 2022Cody Gakpo (instagram.com/onsoranje)

Langkah Belanda sempat dijegal Ekuador pada laga kedua fase grup Piala Dunia 2022 Qatar. Bermain di Stadion Internasional Khalifa, De Oranje terpaksa berbagai poin lantaran ditahan imbang 1-1 oleh pasukan La Tri, Jumat (25/11/2022).

Pertandingan baru berjalan enam menit setelah peluit kick off dibunyikan. Cody Gakpo yang mendapat umpan dari Davy Klaassen langsung mengancam. Bukan sekadar ancaman, sepakan maut kaki kirinya berhasil merobek gawang Ekuador yang dijaga oleh Hernan Galindez. 

Ekuador sebagai tim kuda hitam jelas tak ingin kalah. Meneruskan umpan dari Pervis Estupinan, Enner Valencia menyamakan kedudukan pada menit ke-49. Kala itu, laga krusial tersebut masih menggantung tiket fase gugur. 

Baca Juga: Cody Gakpo, Penerus Legenda PSV di Lini Depan Belanda

3. Lagi dan lagi, sosok Gakpo hadir membuka keran gol dalam laga hidup mati kontra Qatar

Gol Beruntun Cody Gakpo Bawa Belanda ke Fase Gugur Piala Dunia 2022Cody Gakpo (twitter.com/FIFAWorldCup)

Dalam laga penentuan kontra Qatar, Cody Gakpo lagi-lagi jadi pemain pertama yang membuka keran gol untuk Belanda. Davy Klaassen jugalah yang membantu menyukseskan aksi pemain 23 tahun ini. 

Pertandingan berlangsung mendebarkan di Stadion Al Bayt pada, Selasa (29/11/2022) malam WIB. Gakpo menembak bola menggunakan kaki kanan yang gagal ditepis Meshaal Barsham pada menit ke-26, lalu disusul gol Frenkie de Jong pada menit ke-49.

Belanda menang 2-0 atas tuan rumah, Qatar, sekaligus melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. De Oranje perkasa di puncak klasemen Grup A lantaran mengantongi tujuh poin. 

4. Cody Gakpo memang subur menciptakan gol, baik di level klub maupun timnas

Gol Beruntun Cody Gakpo Bawa Belanda ke Fase Gugur Piala Dunia 2022Cody Gakpo (instagram.com/onsoranje)

Cody Gakpo merupakan produk akademi PSV Eindhoven yang naik pangkat ke tim utama pada musim panas 2018. Perkembangan pemain Belanda berdarah Togo ini sangat pesat. Ia konsisten menciptakan banyak gol. 

Di level klub, dalam 24 penampilan Gakpo sanggup menjebloskan 13 gol dan 17 assist untuk PSV pada awal musim 2022/2023. Dalam beberapa pertandingan, dirinya dipercaya jadi kapten untuk memimpin rekan-rekannya.

Sementara itu, Gakpo sekarang sudah mengoleksi 12 caps, 6 gol, dan 2 assist untuk Timnas Belanda. Kariernya sedikit terhambat karena cedera. Akan tetapi, kini Gakpo terbukti jadi pemain kunci di turnamen akbar Piala Dunia 2022.

5. Performa apik Gakpo mengundang perhatian klub elite

Gol Beruntun Cody Gakpo Bawa Belanda ke Fase Gugur Piala Dunia 2022Cody Gakpo (instagram.com/codymathesgakpo)

Penampilan ciamik Cody Gakpo diamati klub top English Premier League (EPL). Menurut isu yang beredar, Manchester United tertarik untuk mendatangkan Gakpo ke Old Trafford pada musim panas 2023 mendatang. 

Melansir situs Marca, Gakpo menanggapi isu itu dengan santai. Bak tak ingin diganggu, sang pemain menegaskan bahwa fokusnya saat ini hanya untuk Piala Dunia 2022 Qatar. 

"Seperti yang kamu katakan fokus saya adalah Piala Dunia. Selalu menyenangkan mendengar desas-desus seperti itu. Namun, saya hanya mencoba untuk fokus dan melakukan yang terbaik," ujar Gakpo.

Cody Gakpo jadi pemain Belanda pertama yang mencetak gol dalam tiga pertandingan perdana sepanjang sejarah Piala Dunia. Lantaran De Oranje lanjut ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, Gakpo berpeluang besar menambah koleksi golnya. 

Baca Juga: Daftar Top Skor Piala Dunia 2022: Mbappe dan Gakpo Bersaing

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya